GEOGRAFI VII RPP 18
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.2. Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan obyek geografi
Indikator : - Menentukan dan menghitung skala peta
- Mengidentifikasi simbol-simbol geografi pada peta
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Menentukan dan menghitung skala peta
- Mengidentifikasi simbol-simbol geografi pada peta.
B. Materi Pembelajaran
- Menentukan skala peta
- Simbol-simbol geografi pada peta
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, tanya jawab, penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru meminta siswa menyebutkan macam-macam skala yang diketahuinya dari berbagai referensi.
· Siswa mengumpulkan tugas mengerjakan soal evaluasi hal 74 - 75.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menunjuk siswa untuk mengerjakan soal menghitung skala peta di papan tulis lengkap dengan cara penyelesaiannya.
· Setelah selesai, siswa bersama teman sebangkunya membuat percakapan antara seorang siswa dengan seorang kartografer. Topik percakapan mengenai hal-hal yang harus dipenuhi dalam pembuatan peta (lihat Portofolio hal 76).
· Siswa membacakan percakapan yang telah dibuatnya. Guru memberikan penilaian.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- OHP atau Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
- Penilaian tes tertulis berupa uraian diberi nilai tambahan pada daftar nilai siswa.
- Penilaian mengerjakan percakapan berdasarkan rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Portofolio (Percakapan)
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Percakapan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar | | | | |
Percakapan menggambarkan sikap seorang siswa dan seorang kartografer tentang pembuatan peta | | | | |
Percakapan disusun secara singkat dan lugas | | | | |
Pembuka dan penutup percakapan disampaikan dengan baik dan sopan | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment