24 April 2011

Geografi SMP VII RPP 29,



GEOGRAFI VII RPP 29
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan    lingkungannya
Kompetensi Dasar                   : 4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
Indikator                                 : Menganalisis batas wilayah laut terhadap suatu negara
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Menafsirkan pengertian batas landas kontinen, laut teritorial, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) serta menunjukkannya pada peta.
-          Menganalisis batas wilayah laut terhadap suatu negara.

B.     Materi Pembelajaran
-          Batas wilayah laut Indonesia

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, pre-tes, diskusi, dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keenam belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 15 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru membagikan soal pre-tes berupa uraian singkat tentang batas wilayah laut. Siswa diberi waktu selama 10 menit untuk mengerjakan soal.
2.      Kegiatan Inti: 20 menit
·         Guru membuat kocokan nama kelompok yang akan mempresentasikan makalah kelompok mengenai.masalah masuknya pulau Sipadan dan Ligitan menjadi wilayah Malaysia.
·         Kelompok yang terpilih diberi waktu 7 menit untuk mempresentasikan makalahnya.
·         Bersama-sama mendiskusikan masalah masuknya pulau Sipadan dan Ligitan menjadi wilayah Malaysia.
·         Siswa menarik kesimpulan kelompok.
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas dan menarik kesimpulan bersama.
·         Penugasan individu: siswa membuat laporan hasil wawancara tentang jenis pekerjaan, alasan pemilihan tempat tinggal, serta rutinitas pekerjaan yang dilakukan oleh narasumber (Unjuk kerja hal 153). Tugas dikumpulkan dan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Peta Dunia
-          OHP atau Slide Proyektor
-          Internet dan media cetak

F.      Penilaian
a.                   Teknik                   : Pre-tes
Contoh instrumen:
1.      Jelaskan perbedaan cara menentukan batas landas kontinen, laut teritorial, dan ZEE! (skor 40)
2.      Sebutkan batas landas kontinen antara Indonesia dengan negara tetangga yang kamu ketahui! (skor 30)
3.      Jelaskan manfaat adanya batas wilayah laut bagi negara Republik Indonesia! (skor 30)
Skor total adalah 100.


b.      Teknik                         : Portofolio
Bentuk tagihan            : Makalah
Topik                           : Buatlah makalah mengenai masalah masuknya pulau Sipadan dan Ligitan menjadi wilayah Malaysia.

Rubrik Penilaian Makalah
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kemampuan menyusun makalah secara sistematis




Kelengkapan makalah disertai dengan gambar dan daftar pustaka




Penggunaan bahasa yang baik dan benar dalam penulisan makalah




Orisinalitas makalah




Nilai rata-rata




Komentar











Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Partisipasi dalam diskusi




Kerja sama dalam kelompok




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55





Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: