Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

24 April 2011

Geografi SMP VII RPP 16



GEOGRAFI VII RPP 16
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan    lingkungannya
Kompetensi Dasar                   : 4.1. Menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
Indikator                                 : - Mengartikan berbagai skala
  - Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis- garis koordinat
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mengartikan berbagai skala.
-          Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat

B.     Materi Pembelajaran
-          Skala peta
-          Memperbesar dan memperkecil peta

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Siswa mengumpulkan tugas kelompok membuat atlas umum sederhana serta  laporan wawancara dan peta wilayah kota/ kabupatennya.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menanyakan pengertian skala.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Menggali informasi tentang berbagai jenis skala peta dari berbagai referensi.
·         Siswa mempraktekkan cara memperbesar dan memperkecil peta dengan menggunakan pantograph. Kegiatan ini didampingi oleh guru.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Penugasan secara individu mengerjakan soal evaluasi pada buku sumber hal 55. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP atau Slide Proyektor
-          Pantograph
F.      Penilaian
-          Penilaian tugas kelompok berupa produk membuat atlas umum sederhana berdasarkan rubrik penilaian berikut ini.
-          Penilaian tes tertulis mengerjakan soal evaluasi hal 55:
·         Pilihan ganda (skor 1 s/d 5)
·         Isian singkat (skor 1 s/d 5)


Rubrik Penilaian Produk
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Atlas diberi sampul yang menarik




Kelengkapan komponen peta dan atlas




Kerapihan dan kejelasan komponen peta




Pemakaian warna yang sesuai




Kebersihan dan kerapihan atlas




Nilai rata-rata




Komentar



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Kunci Jawaban

A.
1.      a
2.      d
3.      b
4.      d
5.      c

B.
1.      Bakosurtanal
2.      Peta tematik
3.      Peta pariwisata
4.      Sempit/ kecil
5.      Pantograph



Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: