GEOGRAFI VII RPP 26
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
Indikator : Mendeskripsikan siklus hidrologi dan bagian-bagiannya
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan siklus hidrologi dan bagian-bagiannya
B. Materi Pembelajaran
- Siklus Hidrologi
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, tanya jawab, penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menanyakan kepada siswa apakah air di bumi dapat habis atau tidak. Jawaban harus disertai alasan. Kemudian guru menghubungkannya dengan siklus hidrologi.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menayangkan gambar siklus hidrologi.
· Tanya jawab tentang siklus hidrologi dan bagian-bagiannya.
· Siswa membuat skema siklus hidrologi dan bagian-bagiannya.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Penugasan individu siswa mengerjakan soal evaluasi pada buku sumber hal 138 – 139. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
· Penugasan kelompok membuat makalah mengenai pengelolaan masalah banjir di negara Belanda (Portofolio hal 140). Tugas ini dikumpulkan dan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar siklus hidrologi
- OHP atau Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
- Penilaian skema siklus hidrologi berdasarkan rubrik penilaian.
- Penilaian tes tertulis mengerjakan soal evaluasi hal 138 – 139:
· Pilihan ganda (skor 1 s/d 5) dan Isian singkat (skor 1 s/d 5)
· Portofolio, Unjuk Kerja, dan Skala Sikap berdasarkan rubrik penilaian pada buku sumber.
Rubrik Penilaian Skema
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pemahaman tentang siklus hidrologi | | | | |
Ketepatan susunan skema | | | | |
Kerapihan dan kebersihan skema | | | | |
Pewarnaan yang serasi | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Kunci Jawaban
A.
1. b
2. c
3. b
4. b
5. b
B.
1. Hidrologi
2. Air tanah dangkal
3. Asam
4. Tengah
5. Kapur
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment