24 April 2011

Geografi SMP VII RPP 26



GEOGRAFI VII RPP 26
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan    lingkungannya
Kompetensi Dasar                   : 4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
Indikator                                 : Mendeskripsikan siklus hidrologi dan bagian-bagiannya
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mendeskripsikan siklus hidrologi dan bagian-bagiannya

B.     Materi Pembelajaran
-          Siklus Hidrologi

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, tanya jawab, penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menanyakan kepada siswa apakah air di bumi dapat habis atau tidak. Jawaban harus disertai alasan. Kemudian guru menghubungkannya dengan siklus hidrologi.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru menayangkan gambar siklus hidrologi.
·         Tanya jawab tentang siklus hidrologi dan bagian-bagiannya.
·         Siswa membuat skema siklus hidrologi dan bagian-bagiannya.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Penugasan individu siswa mengerjakan soal evaluasi pada buku sumber hal 138 – 139. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
·         Penugasan kelompok membuat makalah mengenai pengelolaan masalah banjir di negara Belanda (Portofolio hal 140). Tugas ini dikumpulkan dan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar siklus hidrologi
-          OHP atau Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
-          Penilaian skema siklus hidrologi berdasarkan rubrik penilaian.
-          Penilaian tes tertulis mengerjakan soal evaluasi hal 138 – 139:
·         Pilihan ganda (skor 1 s/d 5) dan Isian singkat (skor 1 s/d 5)
·         Portofolio, Unjuk Kerja, dan Skala Sikap berdasarkan rubrik penilaian pada buku sumber.

Rubrik Penilaian Skema
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pemahaman tentang siklus hidrologi




Ketepatan susunan skema




Kerapihan dan kebersihan skema




Pewarnaan yang serasi




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Kunci Jawaban

A.
1.      b
2.      c
3.      b
4.      b
5.      b

B.
1.      Hidrologi
2.      Air tanah dangkal
3.      Asam
4.      Tengah
5.      Kapur




Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: