01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP IX RPP 8



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN IX RPP 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 8


Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     IX/I
Standar Kompetensi         :     3.   Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat,
                                                      berbangsa, dan bernegara negara.
Kompetensi Dasar             :     3.4 Menentukan sikap terhadap dampak globalisasi.
Indikator                           :     ·    Menguraikan dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Alokasi Waktu                  :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)


A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      menjelaskan sikap positif terhadap dampak globalisasi di berbagai bidang kehidupan;
2.      menjelaskan sikap negatif terhadap dampak globalisasi di berbagai bidang kehidupan;
3.      memberikan contoh dampak positif akibat dari globalisasi di berbagai bidang kehidupan dilihat dari budaya, ekonomi, maupun sosial;
4.      memberikan contoh dampak negatif akibat dari globalisasi di berbagai bidang kehidupan.

B.     Materi Pembelajaran

Dampak globalisasi di berbagai kehidupan.

C.    Metode Pembelajaran

  1. Diskusi
  2. Tanya jawab
  3. Ceramah bervariasi

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran


  1. Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.









2.









3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.   Penjelasan konsep hakikat politik luar negeri bebas aktif secara umum.
b.   Siswa dibagi dalam 8 kelompok.
c.   Masing-masing kelompok mendiskusikan materi untuk presentasi.
d.  Setiap kelompok mempresentasikan materi yang telah didiskusikan dalam kelompok.
e.   Kelompok lain menanggapi.

Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan materi untuk pemahaman siswa.
b.      Post test.
c.       Guru melakukan tindak lanjut dengan memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit









60 menit









10 menit



  1. Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.









2.










3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Penjelasan konsep dampak positif dan negatif globalisasi di berbagai bidang kehidupan secara umum.
b.      Siswa dibagi dalam 8 kelompok.
c.       Setiap kelompok mengumpulkan bahan dan mendiskusikannya untuk dipresentasikan.
d.      Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka; kelompok lain menanggapi.
e.       Guru memberikan klarifikasi tentang dampak positif dan negatif globalisasi.

Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan materi untuk pemahaman siswa.
b.      Post test.
c.       Guru melakukan tindak lanjut dengan memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit









60 menit










10 menit



 

E.     Sumber Pembelajaran

  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 58—78
  2. Artikel surat kabar
  3. Buku-buku (sumber) lain yang relevan


F.     Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama, dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan kedua, sedangkan untuk pertemuan pertama penilaian dilakukan melalui kegiatan diskusi.

  1. Mengemukakan pendapat (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 75—76)
  2. Unjuk karya (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 76) Format penilaian unjuk karya dapat dilihat pada Lampiran 1.
  3. Tes uraian
Contoh:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.      Jelaskan dampak positif globalisasi terhadap kehidupan ekonomi, politik, dan sosial budaya!
2.      Jelaskan dampak negatif globalisasi terhadap kehidupan ekonomi, politik, dan sosial budaya!




________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP IX RPP 7



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN IX RPP 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 7


Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     IX/I
Standar Kompetensi         :     3.   Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat,
                                                      berbangsa, dan bernegara negara.
Kompetensi Dasar             :     3.3 Menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi bagi Indonesia.
Indikator                           :     ·    Menjelaskan hakikat politik luar negeri bebas aktif.
·         Menjelaskan arti penting globalisasi bagi Indonesia.
·         Menjelaskan peranan Indonesia dalam percaturan internasional.
Alokasi Waktu                  :     4 x 40 menit (2 x pertemuan)


A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. menjelaskan arti politik luar negeri yang bebas dan aktif;
  2. menunjukkan dasar hukum politik luar Indonesia yang bebas aktif;
  3. menyebutkan tujuan politik luar negeri RI;
  4. menjelaskan arti pentingnya hubungan internasional;
  5. menyebutkan peranan Indonesia dalam perdamaian dunia.

B.     Materi Pembelajaran

  1. Politik luar negeri Indonesia.
  2. Peran Indonesia dalam hubungan intrnasional pada era globalisasi.

C.    Metode Pembelajaran

  1. Diskusi
  2. Tanya jawab
  3. Ceramah bervariasi

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran


  1. Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.










2.










3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.


Kegiatan Inti
a.       Guru menjelaskan hakikat politik luar negeri bebas aktif secara umum.
b.      Siswa melakukan studi pustaka untuk mencari pengertian, dasar hukum, tujuan  politik luar negeri bebas aktif.
c.       Siswa dibagi dalam 6 kelompok.
d.      Setiap kelompok diberi tugas yang berbeda.
e.       Kemudian, masing-masing kelompok melakukan presentasi.

Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan materi untuk pemahaman siswa.
b.      Post test.
c.       Guru melakukan tindak lanjut dengan memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit










60 menit










10 menit



  1. Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.









2.







3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Guru menjelaskan peranan Indonesia dalam hubungan internasional secara umum.
b.      Siswa melakukan studi pustaka dan mendiskusikan peranan Indonesia dalam hubungan internasional.
c.       Siswa mempresentasikan hasil kajiannya di depan kelas.

Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan materi untuk pemahaman siswa.
b.      Post test.
c.       Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru.
10 menit









60 menit







10 menit



 

E.     Sumber Pembelajaran

1.      Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 58—78
2.      Artikel surat kabar
3.      Buku-buku (sumber) lain yang relevan


F.     Penilaian
  1. Mengemukakan pendapat (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 73)
  2. Diskusi (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 73). Format penilaian diskusi dapat dilihat pada Lampiran 1.
  3. Tes uraian
Contoh:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.      Jelaskan politik luar negeri Indonesia!
2.      Sebutkan contoh peranan Indonesia dalam hubungan internasional!




________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP IX RPP 6



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN IX RPP 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 6


Nama Sekolah                   :
Mata Pelajaran                  :     Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                  :     IX/I
Standar Kompetensi         :     3.   Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat,
                                                      berbangsa, dan bernegara.
Kompetensi Dasar             :     3.3 Menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi bagi Indonesia.
Indikator                           :     ·    Menjelaskan makna globalisasi.
·         Menjelaskan proses terjadinya globalisasi.
·         Menyebutkan contoh bentuk-bentuk globalisasi.
·         Menjelaskan pentingnya globalisasi bagi Indonesia.
Alokasi Waktu                  :     4 x 40 menit (4 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
  1. menjelaskan pengertian globalisasi;
  2. menjelaskan fase terjadinya globalisasi;
  3. menyebutkan contoh bentuk globaliasi dalam bidang  budaya;
  4. menyebutkan contoh bentuk globalisasi dilihat dari gaya hidup;
  5. menjelaskan pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia.

B.     Materi Pembelajaran

  1. Pengertian globalisasi.
  2. Proses terjadinya globalisasi.
  3. Bentuk-bentuk globalisasi.

C.    Metode Pembelajaran

  1. Diskusi
  2. Ceramah bervariasi
  3. Tanya jawab

D.    Langkah-Langkah Pembelajaran


  1. Pertemuan I

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.









2.









3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Guru menjelaskan pengertian globalisasi secara umum.
b.      Siswa melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tentang proses terjadinya globalisasi dan bentuk bentuk globalisasi.
c.       Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok.


Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan materi untuk pemahaman siswa.
b.      Post test.
c.       Guru melakukan tindak lanjut dengan memberikan tugas rumah untuk mempersiapkan materi pertemuan selanjutnya.
10 menit









60 menit









10 menit



10    enit



  1. Pertemuan II

No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1.









2.










3.
Pendahuluan
a.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
a.       Penjelasan konsep pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia secara umum.
b.      Siswa dibagi menjadi enam kelompok. Masing-masing kelompok mendiskusikan pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia.
c.       Setiap kelompok melakukan presentasi; kelompok lain menanggapi.
d.      Guru melakukan klarifikasi tentang pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia.

Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan materi.
b.      Post test.
c.       Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru.
10 menit









60 menit










10 menit


E.     Sumber Pembelajaran

  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 58—78
  2. Artikel surat kabar
  3. Buku-buku (sumber) lain yang relevan

F.     Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ketiga. Pada pertemuan ke-1 dan pertemuan ke-2, penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawab di kelas, aktivitas saat diskusi, dan pengerjaan tugas-tugas. Teknik penilaian yang digunakan, antara lain tes tertulis dengan bentuk pilihan ganda dan  uraian, diskusi, serta unjuk karya.

  1. Diskusi (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 60). Format penilaian diskusi dapat dilihat di Lampiran 1.
  2. Mengemukakan pendapat (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 66)
  3. Penugasan dan diskusi (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 66)
  4. Tes uraian
Contoh:

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1.      Jelaskan pengertian globalisasi!
2.      Sebutkan contoh bentuk globalisasi dilihat dari gaya hidup!
3.      Jelaskan pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia!
4.      Jelaskan pengertian globalisasi dapat menjadi ancaman sekaligus peluang tergantung bagaimana menyikapinya.

          
________, __________

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru PKn


______________                                                                          __________________