Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

18 March 2011

KENDARAN LISTRIK TREV (Two-seater Renewable Energy Vehicle)


KENDARAN LISTRIK TREV (Two-seater Renewable Energy Vehicle)           Mahasiswa Australia



Kendaraan listrik roda tiga TREV (Two-seater Renewable Energy Vehicle) dibuat oleh Mahasiswa UniSA (University of South Australia), kendaraan yang diberi nama Trev ini merupakan hasil kerjasama antara mahasiswa dan dosen diberbagai jurusan yang ada di UniSa Australia. Seperti diberitakan oleh Division of Information Technology, Engineering and the Environment UniSa. kendaraan ini mampu mencapai kecepatan maximum hingga 120 Km per jam dengan kemampuan accelerasi 0-100 km/jam dalam 10 detik. 

Dengan penggunaan Batterey Lithium polymer seberat 40 kg dengan daya tampung 5.5 kWh membuat kendaraan ini mampu menjelajah sejauh 150 km dalam satu kali pengisian (recharging 3-4 jam), agar dapat mencapai efisiensi yang tinggi maka teknologi recharging dipadukan dengan pemanfaatan energi matahari dan tenaga angin. Kendaraan ini mampu memuat 2 orang dalam posisi tempat duduk tandem ditambah dengan berat kendaraan berkisar 300 kg digerakkan oleh motor listrik DC brushless jenis permanent magnet dengan kemampuan daya penggerak 25 KW dengan putaran output motor mencapai 6000 RPM direduksi menggunkan gear dengan perbandingan gigi 6 berbanding 1 (6 : 1).
 

 
 
Mereka berharap kendaraan ini dapat ditingkatkan kemampuannya dalam hal jarak tempuh dan kecepatan hingga mencapai 150 km/jam, Pengisian (recharging) kurang dari 1 jam. Mereka berharap agar ada pihak yang siap memproduksi secara massal untuk dipasarkan ke konsumen secara umum dalam rangka penghematan energi dan mengatasi masalah pencemaran di sektor transportasi.

 


Sumber : 
Information Technology, Engineering and the Environment UniSa

No comments: