02 May 2011

Kimia SMP VII RPP 3



KIMIA vii RPP 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                         :    SMP
Kelas / Semester           :    VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran            :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi     :    2.     Memahami klasifikasi zat.
Kompetensi Dasar        :    2.3   Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana.
Indikator                      :    1.     Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur.
                                           2.     Menuliskan nama dan lambang unsur.
                                           3.     Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana.
                                           4.     Memberikan contoh zat yang termasuk senyawa berikut rumus kimianya.
Tujuan Pembelajaran  :    Peserta didik dapat:
                                          1.     Menjelaskan pengertian unsur.
                                          2.     Mengenal nama dan lambang unsur.
                                          3.     Menerapkan aturan tata nama unsur.
                                          4.     Menjelaskan maksud pengelompokan unsur ke dalam tabel periodik.
                                     5.     Menjelaskan sifat dan kegunaan unsur.
                                          6.     Menjelaskan pengertian senyawa.
                                          7.     Menuliskan unsur-unsur penyusun senyawa.
                                          8.     Menjelaskan jenis-jenis pembentukan senyawa.
                                          9.     Menuliskan rumus kimia dan penamaan senyawa.
Materi Pembelajaran   :    Unsur Kimia
Metode Pembelajaran  :    Model
                                           -    Direct Instruction (DI)
                                           -    Cooperative Learning
                                           Metode
                                           -    Diskusi kelompok
                                           -    Ceramah

Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
             -     Empat unsur utama apa sajakah yang menyusun tubuh manusia?
             -     Mengapa logam natrium mudah bereaksi dengan air di udara?
       .      Prasyarat pengetahuan
             -     Apakah yang dimaksud dengan unsur?
             -     Bagaimana sifat dan kegunaan setiap unsur?

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian unsur.
       .      Wakil tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa unsur yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok memperhatikan penjelasan dari guru mengenai aturan tata nama unsur dan maksud pengelompokan unsur ke dalam tabel periodik.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengelompokan unsur dalam tabel periodik berdasarkan kemiripan sifat dari setiap unsur (titik lebur, titik didih, wujud; logam, semi-logam, non logam, daya hantar listrik dan daya hantar panas)
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok mengenai sifat dan kegunaan dari beberapa unsur.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.

PERTEMUAN KEDUA
a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
             -     Tersusun dari unsur apa sajakah garam dapur?
             -     Senyawa apakah yang terbentuk, jika unsur natrium bercampur secara kimia dengan air?
       .      Prasyarat pengetahuan
             -     Apakah yang dimaksud dengan senyawa?
             -     Bagaimana senyawa dapat terbentuk?

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian senyawa.
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta menyebutkan beberapa senyawa yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) menuliskan unsur-unsur penyusun senyawa yang telah disebutkan oleh perwakilan dari tiap kelompok.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan jenis-jenis pembentukan senyawa (pembakaran, peruraian dan pencampuran zat secara kimia).
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok memperhatikan penjelasan dari guru mengenai penulisan rumus kimia dan penamaan senyawa.
       .      Guru memberikan contoh beberapa penulisan reaksi kimia dan penamaan senyawa.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a.    Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis) halaman 21-32.
b.    Buku referensi yang relevan.

Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
       -      Tes tertulis     
b.    Bentuk Instrumen:
       -      PG
c.    Contoh Instrumen:
       -      Contoh tes PG
             Pernyataan berikut yang benar mengenai unsur adalah....
             a. termasuk campuran homogen  c. zat paling sederhana yang tidak dapat diuraikan lagi
             b. dapat diuraikan secara fisika    d. bukan termasuk zat murni
            
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran


.........................                                                                                               ...................................
NIP.                                                                                                                 NIP.

Kimia SMP VII RPP 2



KIMIA vii RPP 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                         :    SMP
Kelas / Semester           :    VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran            :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi     :    2.     Memahami klasifikasi zat.
Kompetensi Dasar        :    2.2   Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang dipero-leh dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator                      :    1.     Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam dan basa di laboratorium dan di alam.
Tujuan Pembelajaran  :    Peserta didik dapat:
                                           1.     Membedakan larutan asam dan basa.
                                           2.     Membuat indikator alami asam dan basa.
                                           3.     Menggunakan indikator universal untuk menentukan nilai pH suatu zat.
Materi Pembelajaran   :    Sifat Asam dan Basa pada Bahan Makanan
Metode Pembelajaran  :    Model
                                           -    Direct Instruction (DI)
                                           -    Cooperative Learning
                                           Metode
                                           -    Diskusi kelompok
                                           -    Eksperimen
                                           -    Observasi

Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
             -     Pernahkah kamu meremas-remas bunga kembang sepatu berwarna, kemudian menetes-kannya dengan asam cuka? Apa yang terjadi?
             -     Bagaimana cara mengetahui nilai pH suatu zat dengan menggunakan kertas warna stan-dar indikator universal?
       .      Prasyarat pengetahuan
             -     Bahan apa sajakah yang dapat digunakan sebagai indikator asam basa?
             -     Apakah yang dimaksud dengan nilai pH?
       .      Pra eksperimen:
             -     Berhati-hatilah dalam menggunakan larutan kimia.

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Wakil tiap kelompok diminta untuk mengambil cawan porselen, penumbuk, kertas saring, gelas beker, corong gelas, tabung reaksi, etanol, larutan asam klorida, larutan natrium hidroksida dan beberapa macam buah serta sayur.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan bahan-bahan yang dapat digunakan seba-gai indikator asam basa.
       .      Guru mempresentasikan langkah kerja eksperimen membuat indikator alami asam basa.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
       .      Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen mengenai penen-tuan nilai pH suatu zat dengan menggunakan indikator universal.
       .      Peserta didik melakukan eksperimen menggunakan tabung reaksi, pipet tetes, kertas warna standar indikator universal, larutan indikator universal, aquades dan macam-macam zat.
       .      Guru memeriksa kegiatan eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan nilai pH yang menyatakan tingkat keasa-man atau kebasaan suatu senyawa.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.

Sumber Belajar
a.    Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis) halaman 12-20
b.    Buku kerja
c.    Lingkungan sekitar sekolah atau rumah
d.    Bahan-bahan kimia

Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
       -      Tes unjuk kerja          
b.    Bentuk Instrumen:
       -      Uji petik kerja produk
             Lakukan kegiatan untuk menentukan nilai pH suatu zat menggunakan kertas warna standar indikator universal.

No
Aspek
Skor
1
Ketepatan menggunakan kertas warna standar indikator universal dengan benar
2
2
Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar
3
3
Memperoleh data dari kegiatan
3
4
Membuat kesimpulan
2
 Jumlah skor
10

                                       ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                               ...................................
NIP.                                                                                                                 NIP.

Kimia SMP VII RPP 1



KIMIA vii RPP 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                         :    SMP
Kelas / Semester           :    VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran            :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi     :    2.     Memahami klasifikasi zat.
Kompetensi Dasar        :    2.1   Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
Indikator                      :    1.     Mengidentifikasi sifat asam, basa dan garam dengan menggunakan indikator yang sesuai.
                                           2.     Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa, dan garam.
                                           3.     Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan.
Tujuan Pembelajaran  :    Peserta didik dapat:
                                           1.     Membedakan pengertian asam, basa, dan garam.
                                           2.     Menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam, basa, dan garam.
                                           3.     Mengelompokkan zat-zat yang bersifat asam, basa, dan garam.
                                           4.     Menggunakan alat penentu atau petunjuk asam dan basa.
                                           5.     Menyimpulkan hasil percobaan dan mempresentasikannya.
Materi Pembelajaran   :    Asam, Basa dan Garam
Metode Pembelajaran  :    Model
                                           -    Direct Instruction (DI)
                                           -    Cooperative Learning
                                           Metode
                                           -    Diskusi kelompok
                                           -    Eksperimen.
                                           -    Observasi

Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
             -     Mengapa air jeruk rasanya asam?
             -     Mengapa obat maag bersifat basa?
       .      Prasyarat pengetahuan
             -     Apakah ciri-ciri zat yang bersifat asam?
             -     Zat apa sajakah yang termasuk dalam asam, basa, dan garam?
       .      Pra eksperimen
             -     Berhati-hatilah dalam mencampurkan dua larutan yang berbeda.

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Wakil tiap kelompok diminta untuk mengambil bahan-bahan larutan asam, larutan basa, dan larutan garam.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian asam, basa, dan garam.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok mengamati dan mengelompokkan bahan-bahan yang telah diambil oleh perwakilan kelompok masing-masing.
       .      Guru memeriksa kegiatan observasi dan klasifikasi mengenai bahan yang bersifat asam, basa dan garam yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan ciri-ciri bahan yang bersifat asam, basa dan garam.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.


PERTEMUAN KEDUA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
             -     Bagaimana sifat zat yang tergolong asam atau basa?
             -     Adakah bahan yang dapat digunakan untuk menentukan asam atau basa?
       .      Prasyarat pengetahuan
             -     Apakah sifat asam, basa dan garam?
             -     Bahan apa sajakah yang dapat digunakan untuk menentukan asam atau basa?
       .      Pra eksperimen:
             -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Wakil tiap kelompok diminta untuk mengambil kertas lakmus, tabung reaksi, pipet tetes dan cairan yang ada di sekitar kita (misalnya: air teh, air jeruk, air sumur dan air cuka).
       .      Guru mempresentasikan langkah kerja eksperimen menentukan sifat asam dan basa.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
       .      Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberi penghargaan kelompok dengan kinerja baik
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar

a.    Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis) halaman 7-14
b.    Buku kerja
c.    Lingkungan sekitar sekolah atau rumah
d.    Bahan-bahan kimia

Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
       -      Tes unjuk kerja
       -      Tes tertulis     
b.    Bentuk Instrumen:
       -      Uji petik kerja produk
       -      Tes identifikasi
       -      PG
c.    Contoh Instrumen:
       -      Contoh tes identifikasi
             Tentukan bahan-bahan yang bersifat asam, basa dan garam dari bahan-bahan yang tersedia (larutan cuka, larutan sabun, larutan garam, larutan gula, NaCl, HCl).
       -      Contoh tes PG
             Berikut adalah sifat-sifat umum asam, kecuali....
             a.  memerahkan kertas lakmus biru       
             b.  rasanya asam                               
             c.  mempunyai PH kurang dari 7
             d.  rasanya pahit


...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                               ...................................
NIP.                                                                                                                 NIP.