10 May 2011

Sejarah SMP IX RPP 3



SEJARAH IX RPP 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Kondisi Perkembangan Negara di Dunia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk Pendudukan     
Jepang) serta Pengaruhnya terhadap Keadaan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia
Indikator                                 : -     Mendeskripsikan latar belakang dan tujuan pendudukan 
                                                        Jepang di Indonesia 
3.      Mendeskripsikan kebijakan pemerintah Jepang terhadap pergerakan kebangsaan
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mendeskripsikan latar belakang dan tujuan pendudukan Jepang di Indonesia 
·         Mendeskripsikan kebijakan pemerintah Jepang terhadap pergerakan kebangsaan

B.     Materi Pembelajaran
  • Latar belakang dan tujuan pendudukan Jepang di Indonesia 
  • Kebijakan pemerintah Jepang terhadap pergerakan kebangsaan

C.    Metode Pembelajaran
Pembelajaran melalui ICT, ceramah, dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·           Apersepsi guru menerangkan secara garis besar mengenai Restorasi Meiji dan semangat semboyan Hakko Ichiu.
·           Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Peserta didik ditugaskan mencari artikel pada www.gimonca.com mengenai Indonesia pada masa pendudukan Jepang dan membaca artikel tersebut.
·         Guru menjelaskan kebijakan pemerintah Jepang terhadap pergerakan kebangsaan.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Skala Sikap (hal 24).
·         Peserta didik ditugaskan membuat makalah (4-5 halaman) bertema “Indonesia pada masa pendudukan Jepang” (Portofolio hal 23). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 13 - 24)
  • Peta konsep
  • Power point
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F.       Penilaian
·    Skala Sikap (hal 24).
·    Makalah (4-5 halaman) bertema “Indonesia pada masa pendudukan Jepang” (Portofolio hal 23). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengetahuan tentang masa pendudukan Jepang di Indonesia





Pemahaman tentang konsep masa pendudukan Jepang





Kemampuan membuat makalah





Sistematika makalah





Kualitas bahasa dalam makalah





Kemampuan menjelaskan masalah dalam makalah





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55









Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

Sejarah SMP IX RPP 2



SEJARAH IX RPP 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Kondisi Perkembangan Negara di Dunia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk Pendudukan     
Jepang) serta Pengaruhnya terhadap Keadaan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia
Indikator                                 : -     Mendeskripsikan kronologi Perang Dunia II
3.      Mengidentifikasi dampak Perang Dunia II
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·    Mendeskripsikan kronologi Perang Dunia II
·    Mengidentifikasi dampak Perang Dunia II

A.     Materi Pembelajaran
·       Kronologi Perang Dunia II
·       Dampak Perang Dunia II

B.     Metode Pembelajaran
·      Diskusi dan pemberian tugas

C.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Kejadian langsung apa yang memicu terjadinya Perang Dunia II?”.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Pada akhir pertemuan sebelumnya, guru menugaskan peserta didik untuk mencari artikel dari buku, majalah, atau internet mengenai profil tokoh-tokoh yang memiliki peran besar dalam Perang Dunia II. Kemudian peserta didik mendiskusikan hasil kerja tersebut (Unjuk Kerja hal 11).
·         Guru menjelaskan mengenai dampak Perang Dunia II.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 9 – 10).

D.      Sumber Belajar / Bahan / Alat
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 1 - 12)
  • Peta konsep
  • Power point
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet
E.     Penilaian
a.       Unjuk kerja berbentuk diskusi mengenai profil tokoh-tokoh yang memiliki peran besar dalam Perang Dunia II (Unjuk Kerja hal 11).

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengetahuan tentang tokoh-tokoh yang memiliki peran besar dalam PD II





Kemampuan mencari artikel ataupun tulisan tentang tokoh-tokoh yang memiliki peran besar dalam PD II





Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55





A.  Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 9 – 10).

Kunci Jawaban
Uji Kompetensi

A.
1. c
2. b
3. b
4. a
5. c

B.
1. Uni Soviet
2. Nazi
3. Il Duce
4. Pearl Harbour
5. Piagam Atlantik (Atlantik Charter)






Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran




……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................        
                                                

Sejarah SMP IX RPP 1



SEJARAH IX RPP 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Kondisi Perkembangan Negara di Dunia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk Pendudukan     
Jepang) serta Pengaruhnya terhadap Keadaan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia
Indikator                                 : -     Mengidentifikasi latar belakang terjadinya Perang Dunia
                                                        II
3.      Mengidentifikasi sebab-sebab Perang Dunia II
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·    Mengidentifikasi latar belakang terjadinya Perang Dunia II
  • Mengidentifikasi sebab-sebab Perang Dunia II

B.  Materi Pembelajaran
·         Latar belakang terjadinya Perang Dunia II
·         Sebab-sebab Perang Dunia II

C.    Metode Pembelajaran
Bermain, dan pemberian tugas melalui ICT

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menerangkan secara garis besar mengenai situasi dunia setelah Perang Dunia I.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·           Sebelumnya peserta didik dibagi dalam dua kelompok dan ditugaskan untuk membaca buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS halaman 1 - 6. Kelompok pertama membuat daftar pertanyaan mengenai latar belakang terjadinya Perang Dunia II. Kelompok kedua membuat daftar pertanyaan mengenai sebab-sebab terjadinya Perang Dunia II.
·           Melakukan permainan Tembak Jitu. Kelompok pertama mengajukan daftar pertanyaan mengenai latar belakang Perang Dunia II untuk dijawab oleh kelompok kedua. Sebaliknya, kelompok kedua mengajukan daftar pertanyaan mengenai sebab-sebab Perang Dunia II untuk dijawab oleh kelompok pertama. Kelompok yang paling banyak menjawab pertanyaan menjadi pemenangnya.
·           Guru memonitoring siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik ditugaskan mengerjakan portofolio berbentuk kliping dari majalah, surat kabar, atau internet mengenai artikel berisi profile atau foto peristiwa PD II (Portofolio hal 11) dan Skala Sikap (hal 12). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.


E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 1 - 12)
  • Peta konsep
  • Power point
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F.     Penilaian
·         Skala Sikap (hal 12). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
·         Portofolio berbentuk kliping dari majalah, surat kabar, atau internet mengenai artikel berisi profile atau foto peristiwa PD II (Portofolio hal 11). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengetahuan tentang PD II





Pemahaman tentang konsep PD II





Kualitas kliping





Sistematika kliping





Kesesuaian kliping dengan tugas yang diberikan





Kerapian kliping





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55








Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................        

Administrasi PBM, Sejarah SMP IX, RPP  Sejarah SMP IX, Sejarah SMP IX RPP 1,