03 May 2011

Kimia SMP VIII RPP 5



KIMIA vIii RPP 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP
Kelas                           : VIII (delapan)
Mata Pelajaran          : IPA KIMIA

Standar Kompetensi
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan.

Kompetensi Dasar
4.2 Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia.

Indikator
1.      Mengidentifikasi efek samping bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk.
2.      Menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga.

Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.    Menjelaskan pengaruh penggunaan bahan kimia bagi lingkungan.
2.    Menyebutkan bahan kimia yang dapat mencemari lingkungan.
3.    Menjelaskan pengertian eutrofikasi.
4.    Menjelaskan proses terjadinya eutrofikasi.
5.    Menjelaskan pengaruh penggunaan bahan kimia bagi manusia.
6.    Menyebutkan penyakit yang disebabkan oleh penggunaan bahan kimia.
7.    Mengetahui bahan-bahan kimia dalam obat pembasmi nyamuk.
8.    Menjelaskan cara mengurangi dampak negatif penggunaan bahan kimia.

Materi Pembelajaran: Kegunaan dan Efek Samping Bahan Kimia

Metode Pembelajaran
1.  Model    :    -  Direct Instruction (DI)
                       -  Cooperative Learning
2.  Metode  : -  Diskusi kelompok
-  Ceramah

Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-   Sebutkan bahan kimia yang dapat mencemari lingkungan.
-   Bolehkah kita membuang sisa-sisa bahan kimia secara sembarangan?
l  Prasyarat pengetahuan:
-   Bagaimana bahan kimia dikatakan berbahaya bagi lingkungan?
-   Bagaimana cara mengurangi dampak negatif akibat penggunaan bahan kimia?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengaruh penggunaan bahan kimia bagi lingkungan.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan bahan kimia yang dapat mencemari lingkungan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian eutrofikasi.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan proses terjadinya eutrofikasi.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengaruh penggunaan bahan kimia bagi manusia.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan penyakit yang disebabkan oleh penggunaan bahan kimia.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil kemasan obat pembasmi nyamuk.
l  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk mengetahui bahan-bahan kimia dalam obat pembasmi nyamuk (Kegiatan 2.4 halaman 31).
l  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan diskusi sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan cara mengurangi dampak negatif penggunaan bahan kimia.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a. Buku IPA Kimia Jl.2 (Esis) halaman 29-34
b. Buku referensi yang relevan
c. Kemasan produk kimia

Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
-  Tes tulis
-  Tes unjuk kerja
b. Bentuk Instrumen:
-   Tes uraian
-   Tes identifikasi
c. Contoh Instrumen:
-   Contoh tes uraian
Sebutkan manfaat dan dampak negatif dari penggunaan insektisida.
-    Contoh tes identifikasi
Tulislah bahan-bahan kimia yang terdapat dalam produk kimia pengusir atau pembasmi nyamuk (semprot, spray, atau lotion). Serangga apa saja yang dapat diusir atau dibasmi dengan bahan tersebut? Apakah bahan tersebut aman bagi pemakainya? Tentukan efek samping bahan kimia yang terdapat pada kemasan tersebut.

                                                                                               

                                                                                                                        ...............,...................
Mengetahui                                                                                                       
Kepala SMP                                                                                                       Guru Mata Pelajaran                                                                                                    



.........................                                                                                                                  ..............................
NIP.                                                                                                                       NIP.

Kimia SMP VIII RPP 4



KIMIA vIii RPP 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP
Kelas                           : VIII (delapan)
Mata Pelajaran          : IPA KIMIA

Standar Kompetensi
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan.

Kompetensi Dasar
4.1 Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator
1.      Menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Menjelaskan fungsi bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga.

Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.    Menjelaskan kegunaan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
2.    Menjelaskan pengertian bahan pembersih.
3.    Menyebutkan bahan-bahan kimia pada bahan pembersih.
4.    Menjelaskan kegunaan dan mekanisme bahan kimia pada bahan pembersih.
5.    Menjelaskan pengertian bahan pemutih.
6.    Menyebutkan bahan-bahan kimia pada bahan pemutih.
7.    Menjelaskan kegunaan dan mekanisme bahan kimia pada bahan pemutih.
1.      Menjelaskan pengertian bahan pewangi.
2.      Menyebutkan bahan-bahan kimia pada bahan pewangi.
3.      Menjelaskan kegunaan dan mekanisme bahan kimia pada bahan pewangi.
4.      Menjelaskan pengertian bahan pembasmi serangga.
5.      Menyebutkan bahan-bahan kimia pada bahan pembasmi serangga.
6.      Menjelaskan kegunaan dan mekanisme bahan kimia pada bahan pembasmi serangga.

Materi Pembelajaran: Kimia Rumah Tangga

Metode Pembelajaran
1.  Model:   -  Direct Instruction (DI)
                   -  Cooperative Learning
2.  Metode:  -  Diskusi kelompok
                   -  Ceramah
                
Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-   Apakah bahan pembersih yang biasa kamu gunakan di rumah?
-   Pernahkah kamu menggunakan parfum?
l  Prasyarat pengetahuan
-   Bagaimana cara sabun membersihkan kotoran?
-   Bahan kimia apa saja yang dapat digunakan sebagai bahan pewangi?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan  kegunaan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
l  Guru membagi tugas kelompok:
-  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan jenis, kegunaan, dan mekanisme bahan kimia pada bahan pembersih.
-  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan jenis, kegunaan, dan mekanisme bahan kimia pada bahan pemutih.
     -  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan jenis, kegunaan, dan mekanisme            bahan kimia pada bahan pewangi.
-  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan jenis, kegunaan, dan mekanisme         bahan kimia pada bahan pembasmi serangga.
l  Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
l  Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik diminta untuk menuliskan masing-masing  lima contoh bahan kimia pada bahan pembersih, bahan pemutih, bahan pewangi dan bahan pembasmi serangga.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan jawaban yang telah ditulis.
l  Guru memeriksa penulisan masing-masing lima contoh bahan kimia pada bahan pembersih, bahan pemutih, bahan pewangi, dan bahan pembasmi serangga yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a. Buku IPA Kimia Jl.2 (Esis) halaman 21-29.
b. Buku referensi yang relevan.
c. Produk kimia sehari-hari.

Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
-  Tes tulis
b. Bentuk Instrumen:
-   Tes isian
-   Tes uraian
c. Contoh Instrumen:
-   Contoh tes isian
Bahan kimia yang dapat melarutkan lemak adalah ....
-    Contoh tes uraian
Sebutkan lima jenis tanaman yang buah atau bunganya dapat dijadikan bahan pewangi.
                                   
                                                                                                                         ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                        Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                                                  ..............................
NIP.                                                                                                                       NIP.

Kimia SMP VIII RPP 3



KIMIA vIii RPP 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP
Kelas                           : VIII (delapan)
Mata Pelajaran          : IPA KIMIA

Standar Kompetensi
3. Memahami konsep partikel materi.

Kompetensi Dasar
3.3 Membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa.

Indikator
1.      Menjelaskan dengan simbol perbedaan antara molekul unsur dan molekul senyawa.
2.      Menunjukkan beberapa contoh molekul sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian molekul.
2.      Membedakan molekul unsur dan molekul senyawa.
3.      Menyebutkan molekul unsur dan molekul senyawa.
4.      Menuliskan beberapa contoh molekul unsur dan molekul senyawa.
5.      Membedakan molekul diatomik dan molekul poliatomik.
6.      Menyebutkan molekul diatomik dan molekul poliatomik.
7.      Menuliskan beberapa contoh molekul diatomik dan molekul poliatomik.
8.      Menyebutkan beberapa contoh molekul dalam kehidupan sehari-hari. 

Materi Pembelajaran: Perbandingan Molekul Unsur dan Molekul Senyawa

Metode Pembelajaran
1.      Model:       -  Direct Instruction (DI)
-  Cooperative Learning
 2.  Metode: -  Diskusi kelompok
  -  Ceramah
                            
Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-   Apakah gas oksigen (O2) tergolong molekul unsur atau molekul senyawa?
-   Apakah asam nitrat (HNO3) tergolong molekul diatomik atau molekul poliatomik?
l  Prasyarat pengetahuan:
-   Apa yang dimaksud dengan molekul unsur?
-   Apa yang dimaksud dengan molekul poliatomik?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian molekul.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya tentang perbedaan molekul unsur dan molekul senyawa.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan molekul unsur dan molekul senyawa.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik diminta untuk menuliskan masing-masing lima contoh molekul unsur dan molekul senyawa.
l  Guru memeriksa penulisan molekul unsur dan molekul senyawa yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan molekul diatomik dan molekul poliatomik.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh molekul diatomik dan molekul poliatomik.
l  Peserta didik diminta untuk menuliskan masing-masing lima contoh molekul diatomik dan molekul poliatomik.
l  Guru memeriksa penulisan molekul diatomik dan molekul poliatomik yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan beberapa contoh molekul dalam kehidupan sehari-hari. 
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a. Buku IPA Kimia Jl.2 (Esis) halaman 12-20
b. Buku referensi yang relevan

Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
-  Tes tulis
b. Bentuk Instrumen:
-   Tes PG
-   Tes uraian
c. Contoh Instrumen:
-   Contoh tes PG:
Molekul di bawah ini yang termasuk molekul senyawa dan juga poliatomik adalah ....
a.  H2O                                     c.  O3
b.  O2                                       d.  HCl
-  Contoh tes uraian
a. Apakah perbedaan antara molekul unsur dan molekul senyawa?
b. Berikan masing-masing lima contoh molekul unsur dan molekul senyawa.

                                               
                                                                                                                         ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                        Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                                                  ..............................
NIP.                                                                                                                       NIP.