05 May 2011

Sejarah SMP VII RPP 8


SEJARAH VII RPP 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan kehidupan pada masa prasejarah di    
                                                         Indonesia
Indikator                                 : Mengidentifikasi kehidupan pada zaman bercocok
                                                  tanam
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mengidentifikasi keadaan alam pada zaman bercocok tanam
·         Mengidentifikasi flora dan fauna pada zaman bercocok tanam
·         Mengidentifikasi kehidupan masyarakat pada zaman bercocok tanam
·         Mengidentifikasi alat-alat kehidupan pada zaman bercocok tanam

B.     Materi Pembelajaran
  • Keadaan alam zaman bercocok tanam
  • Flora dan fauna zaman bercocok tanam
  • Kehidupan masyarakat zaman bercocok tanam
  • Alat-alat kehidupan zaman bercocok tanam

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik mengenai pengertian animisme dan dinamisme.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan secara klasikal mengenai kehidupan pada zaman bercocok tanam dengan peta konsep.
·         Peserta didik ditugaskan untuk membuat peta pikiran (mind map) mengenai kehidupan pada zaman bercocok tanam. Tugas dikumpulkan pada pertemua berikutnya.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 23 - 32)
  • Peta konsep
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F.     Penilaian
·         Portofolio dalam bentuk membuat peta pikiran mengenai kehidupan pada zaman bercocok tanam.

Rubrik Penilaian
Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Kesesuaian peta pikiran dengan materi





Ketepatan penggunaan garis dan warna





Keindahan dan Kerapian





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55






Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

Sejarah SMP VII RPP 7



SEJARAH VII RPP 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan kehidupan pada masa prasejarah di    
                                                         Indonesia
Indikator                                 : Mengidentifikasi kehidupan pada zaman berburu
                                                  dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mengidentifikasi keadaan alam pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut
·         Mengidentifikasi flora dan fauna pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut
·         Mengidentifikasi kehidupan masyarakat pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut
·         Mengidentifikasi alat-alat kehidupan pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut

B.     Materi Pembelajaran
·         Keadaan alam zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut
·         Flora dan fauna zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut
·         Kehidupan masyarakat zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut
·         Alat-alat kehidupan zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut

C.    Metode Pembelajaran
Diskusi jigsaw dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menunjukkan gambar lukisan di gua (hal 23) dan menanyakan maksud dari gambar tersebut.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru membagi peserta didik menjadi empat kelompok dan materi dibagi dalam empat sub bab (keadaan alam, flora fauna, kehidupan masyarakat, dan alat-alat kehidupan). Setiap kelompok membahas salah satu dari materi tersebut. Setelah itu guru menunjuk satu orang dari setiap kelompok untuk mengajarkan materi yang telah dipelajari kepada kelompok yang lain.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 23 - 32)
  • Peta konsep
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F.     Penilaian
·         Unjuk kerja dalam bentuk diskusi jigsaw mengenai kehidupan pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut

Rubrik Penilaian
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar

Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55







Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

Sejarah SMP VII RPP 6



SEJARAH VII RPP 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan kehidupan pada masa prasejarah di    
                                                         Indonesia
Indikator                                 : Mengidentifikasi kehidupan pada zaman berburu dan                                                           mengumpulkan makanan tingkat sederhana
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mengidentifikasi keadaan alam pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana
  • Mengidentifikasi flora dan fauna pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana
  • Mengidentifikasi kehidupan masyarakat pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana
  • Mengidentifikasi alat-alat kehidupan pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana

B.     Materi Pembelajaran
·         Keadaan alam zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana
·         Flora dan fauna zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana
·         Kehidupan masyarakat zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana
·         Alat-alat kehidupan zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana

C.    Metode Pembelajaran
Inquiri dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menunjukkan kepada peserta didik gambar kapak genggam (hal 26) dan menanyakan fungsi alat tersebut.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menugaskan peserta didik secara berkelompok untuk membuat daftar pertanyaan mengenai kehidupan pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan melibatkan seluruh peserta didik.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Guru menugaskan peserta didik membuat salah satu alat kehidupan pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana, seperti kapak perimbas, kapak genggam, atau alat-alat serpih. Setelah itu, peserta didik ditugaskan membagi resep pembuatan benda tersebut kepada temannya dan menjawab pertanyaan berikut! Apakah kamu dapat meningkatkan mutu pembuatan benda tersebut di masa yang akan datang? (Produk hal 31). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 23 - 32)
  • Peta konsep
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F.     Penilaian
·         Produk dalam bentuk pembuatan alat kehidupan pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana, seperti kapak perimbas, kapak genggam, atau alat-alat serpih. Setelah itu, peserta didik ditugaskan membagi resep pembuatan benda tersebut kepada temannnya dan menjawab pertanyaan berikut! Apakah kamu dapat meningkatkan mutu pembuatan benda tersebut di masa yang akan datang? (Produk hal 31)

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengantar tentang alat-alat kehidupan pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana





Kemampuan menerangkan cara membuat alat kehidupan pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana





Kemampuan membuat alat kehidupan pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana





Kualitas alat kehidupan pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana





Keindahan dan Kerapian





Kemampuan menjawab pertanyaan





Nilai rata-rata





Komentar









Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55





Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................