SEJARAH VII RPP 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan kehidupan pada masa prasejarah di
Indonesia
Indikator : Mengidentifikasi kehidupan pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mengidentifikasi keadaan alam pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana
- Mengidentifikasi flora dan fauna pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana
- Mengidentifikasi kehidupan masyarakat pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana
- Mengidentifikasi alat-alat kehidupan pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana
B. Materi Pembelajaran
· Keadaan alam zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana
· Flora dan fauna zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana
· Kehidupan masyarakat zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana
· Alat-alat kehidupan zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana
C. Metode Pembelajaran
Inquiri dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menunjukkan kepada peserta didik gambar kapak genggam (hal 26) dan menanyakan fungsi alat tersebut.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menugaskan peserta didik secara berkelompok untuk membuat daftar pertanyaan mengenai kehidupan pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan melibatkan seluruh peserta didik.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Guru menugaskan peserta didik membuat salah satu alat kehidupan pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana, seperti kapak perimbas, kapak genggam, atau alat-alat serpih. Setelah itu, peserta didik ditugaskan membagi resep pembuatan benda tersebut kepada temannya dan menjawab pertanyaan berikut! Apakah kamu dapat meningkatkan mutu pembuatan benda tersebut di masa yang akan datang? (Produk hal 31). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
- Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 23 - 32)
- Peta konsep
- OHP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
· Produk dalam bentuk pembuatan alat kehidupan pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana, seperti kapak perimbas, kapak genggam, atau alat-alat serpih. Setelah itu, peserta didik ditugaskan membagi resep pembuatan benda tersebut kepada temannnya dan menjawab pertanyaan berikut! Apakah kamu dapat meningkatkan mutu pembuatan benda tersebut di masa yang akan datang? (Produk hal 31)
Rubrik Penilaian
| Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | ||
| Pengantar tentang alat-alat kehidupan pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana | | | | | |
| Kemampuan menerangkan cara membuat alat kehidupan pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana | | | | | |
| Kemampuan membuat alat kehidupan pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana | | | | | |
| Kualitas alat kehidupan pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana | | | | | |
| Keindahan dan Kerapian | | | | | |
| Kemampuan menjawab pertanyaan | | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | | |
| Komentar | |||||
| | |||||
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment