Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 May 2011

Sejarah SMP VII RPP 1



SEJARAH VII RPP1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan kehidupan pada masa prasejarah di    
                                                         Indonesia
Indikator                                 : -    Menjelaskan pengertian sejarah
-          Mengidentifikasikan sumber sejarah
-          Menjelaskan zaman prasejarah dan zaman sejarah
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Menjelaskan pengertian sejarah
·         Mengidentifikasikan sumber sejarah
·         Menjelaskan zaman prasejarah dan zaman sejarah

B.     Materi Pembelajaran
  • Pengertian sejarah
  • Sumber sejarah
  • Zaman prasejarah dan zaman sejarah

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menunjukkan gambar pohon sejarah (hal 3) dan menanyakan kepada peserta didik maksud dari gambar tersebut.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan secara klasikal mengenai pengertian sejarah, sumber sejarah zaman prasejarah, dan zaman sejarah dengan peta konsep (hal 1 – 5).
·         Peserta didik ditugaskan untuk menulis karangan mengenai pendapat Kuntowidjoyo bahwa sejarah merupakan rekonstruksi masa lalu (Karangan hal 9).
·         Tanya jawab mengenai zaman prasejarah dan zaman sejarah.
3.      Kegiatan Penutup
·         Peserta didik ditugaskan untuk mengunjungi museum atau situs penelitian arkeologi dan menemui salah seorang arkeolog atau sejarawan untuk diwawancarai sebagai sumber mengenai motif mereka melakukan penelitian (Unjuk Kerja hal 9). Hasil wawancara dikumpulkan dan didiskusikan pada pertemuan berikutnya.
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 1 - 10)
  • Peta konsep
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F.     Penilaian
·         Portofolio berbentuk karangan mengenai pendapat Kuntowidjoyo bahwa sejarah merupakan rekonstruksi masa lalu (Karangan hal 9).
Rubrik Penilaian   
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi karangan




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan maksud dari kutipan/pendapat tersebut




Isi menunjukkan sikap terhadap kutipan/pendapat tersebut




Isi menunjukkan alasan terhadap kutipan/pendapat tersebut




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tersebut




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar

·         Unjuk kerja dalam bentuk wawancara dengan seorang arkeolog atau sejarawan sebagai sumber mengenai motif mereka melakukan penelitian (Unjuk Kerja hal 9).
Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pemahaman tentang konsep pengeluaran





Pengetahuan tentang teknik wawancara





Keberanian melakukan wawancara





Ketepatan menggunakan teknik wawancara





Kemampuan mengumpulkan data





Partisipasi dalam diskusi (sharing)





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55




Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................        

No comments: