Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 May 2011

Sejarah SMP VII RPP 4



SEJARAH VII RPP 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan kehidupan pada masa prasejarah di    
                                                         Indonesia
Indikator                                 : -     Mengidentifikasi manusia zaman prasejarah di Asia,  
Afrika, dan Eropa
-          Mengidentifikasi lokasi penemuan fosil manusia prasejarah di Asia, Afrika, dan Eropa
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mengidentifikasikan jenis-jenis manusia zaman prasejarah di Asia, Afrika, dan Eropa
·         Mengidentifikasi lokasi penemuan fosil manusia prasejarah di Asia, Afrika, dan Eropa

B.     Materi Pembelajaran
·         Manusia zaman prasejarah di Asia, Afrika, dan Eropa
·         Lokasi penemuan fosil manusia prasejarah di Asia, Afrika, dan Eropa

C.    Metode Pembelajaran
Bermain dan diskusi jigsaw

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menunjukkan gambar fosil Homo cro-magnon (hal 18) dan menanyakan kepada peserta didik berasal darimana fosil tersebut.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru membagi peserta didik menjadi tiga kelompok untuk mendiskusikan materi jenis-jenis manusia purba di Asia, Afrika, dan Eropa. Setiap kelompok membahas salah satu dari materi tersebut. Setelah itu guru menunjuk satu orang dari setiap kelompok untuk mengajarkan materi yang telah dipelajari kepada kelompok yang lain.
·         Peserta didik ditugaskan untuk menjawab serta menunjukkan lokasi penemuan fosil manusia purba di Asia, Afrika, dan Eropa.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Bermain “Siapakah aku?” dengan menebak gambar/foto manusia prasejarah yang ditemukan di Indonesia.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 11 - 22)
  • Peta konsep
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F.     Penilaian
·         Unjuk kerja dalam bentuk diskusi jigsaw mengenai fosil manusia purba di Asia, Afrika, dan Eropa

Rubrik Penilaian
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar

Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55







Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: