SEJARAH VII RPP 9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan kehidupan pada masa prasejarah di
Indonesia
Indikator : Mengidentifikasi kehidupan pada zaman perundagian
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mengidentifikasi keadaan alam pada zaman perundagian
· Mengidentifikasi flora dan fauna pada zaman perundagian
· Mengidentifikasi kehidupan masyarakat pada zaman perundagian
· Mengidentifikasi alat-alat kehidupan pada zaman perundagian
B. Materi Pembelajaran
· Keadaan alam zaman perundagian
· Flora dan fauna zaman perundagian
· Kehidupan masyarakat zaman perundagian
· Alat-alat kehidupan zaman perundagian
C. Metode Pembelajaran
Inquiri dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan peserta didik pengertian dari perundagian.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan kehidupan pada zaman perundagian dengan peta konsep.
· Guru menugaskan peserta didik secara berkelompok untuk membuat daftar pertanyaan mengenai kehidupan pada zaman perundagian dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan melibatkan seluruh peserta didik.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 29 - 30).
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 23 - 32)
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
· Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 29 – 30).
Kunci Jawaban
A.
1. b
2. c
3. b
4. a
5. a
B.
1. nomaden
2. perundagian
3. sumber makanan
4. food producing
5. dinamisme
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK......
No comments:
Post a Comment