Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 May 2011

Sejarah SMP VII RPP 9



SEJARAH VII RPP 9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan kehidupan pada masa prasejarah di    
                                                         Indonesia
Indikator                                 : Mengidentifikasi kehidupan pada zaman perundagian
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mengidentifikasi keadaan alam pada zaman perundagian
·         Mengidentifikasi flora dan fauna pada zaman perundagian
·         Mengidentifikasi kehidupan masyarakat pada zaman perundagian
·         Mengidentifikasi alat-alat kehidupan pada zaman perundagian

B.     Materi Pembelajaran
·         Keadaan alam zaman perundagian
·         Flora dan fauna zaman perundagian
·         Kehidupan masyarakat zaman perundagian
·         Alat-alat kehidupan zaman perundagian

C.    Metode Pembelajaran
Inquiri dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan peserta didik pengertian dari perundagian.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan kehidupan pada zaman perundagian dengan peta konsep.
·         Guru menugaskan peserta didik secara berkelompok untuk membuat daftar pertanyaan mengenai kehidupan pada zaman perundagian dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan melibatkan seluruh peserta didik.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 29 - 30).

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 23 - 32)
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet


F.     Penilaian
·         Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 29 – 30).
Kunci Jawaban

A.
1. b
2. c
3. b
4. a
5. a

B.
1. nomaden
2. perundagian
3. sumber makanan
4. food producing
5. dinamisme




Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK......

No comments: