05 May 2011

Sejarah SMP VII RPP 5



SEJARAH VII RPP 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan kehidupan pada masa prasejarah di    
                                                         Indonesia
Indikator                                 : Mengklasifikasikan pembabakan kehidupan masyarakat
                                                  prasejarah di Indonesia
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mengklasifikasikan kehidupan masyarakat zaman prasejarah di Indonesia

B.     Materi Pembelajaran
·         Kehidupan masyarakat zaman prasejarah

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas melalui ICT

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik pengertian dari food gathering.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Pada pertemuan sebelumnya guru telah menugaskan peserta didik untuk mencari artikel ataupun tulisan dari buku, majalah, atau internet mengenai kehidupan masyarakat zaman prasejarah di dunia. Hasil temuan tersebut kemudian didiskusikan bersama untuk mendapatkan jawaban apakah terdapat kesamaan atau perbedaan dengan kehidupan masyarakat zaman prasejarah di Indonesia. (Unjuk Kerja hal 30).
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 23 - 32)
  • Peta konsep
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet



F.     Penilaian
  • Unjuk kerja guru telah menugaskan peserta didik untuk mencari artikel ataupun tulisan dari buku, majalah, atau internet mengenai kehidupan masyarakat zaman prasejarah di dunia. Hasil temuan tersebut kemudian didiskusikan bersama untuk mendapatkan jawaban apakah terdapat kesamaan atau perbedaan dengan kehidupan masyarakat zaman prasejarah di Indonesia (Unjuk Kerja hal 30).

Rubrik Penilaian
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang kehidupan masyarakat prasejarah 




Kemampuan mencari artikel ataupun tulisan tentang kehidupan masyarakat prasejarah di dunia




Kemampuan mencari persamaan atau perbedaan antara kehidupan masyarakat zaman prasejarah di dunia dengan di Indonesia




Partisipasi dalam diskusi (sharing)




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar

Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55







Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: