Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 May 2011

Sejarah SMP VII RPP 2



SEJARAH VII RPP2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan kehidupan pada masa prasejarah di    
                                                         Indonesia
Indikator                                 : -    Menguraikan pembabakan zaman prasejarah di Indonesia
-          Mengidentifikasikan ilmu bantu dalam penelitian prasejarah di Indonesia
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Menguraikan pembabakan zaman prasejarah di Indonesia berdasarkan kulit bumi (geologi)
·         Menguraikan pembabakan zaman prasejarah di Indonesia berdasarkan hasil kebendaan (arkeologi)
·         Mengidentifikasikan ilmu bantu dalam penelitian prasejarah di Indonesia
·         Mengidentifikasikan umur artefak peninggalan zaman prasejarah

B.     Materi Pembelajaran
·         Pembabakan zaman prasejarah di Indonesia berdasarkan kulit bumi (geologi)
·         Pembabakan zaman prasejarah di Indonesia berdasarkan hasil kebendaan (arkeologi)
·         Ilmu bantu dalam penelitian prasejarah di Indonesia
·         Penentuan umur artefak

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik mengenai zaman batu dan zaman logam.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan secara klasikal mengenai pembabakan zaman prasejarah dan ilmu bantu penelitian prasejarah di Indonesia dengan peta konsep (hal 5 – 7).
·         Peserta didik mendiskusikan wawancara yang telah mereka lakukan seperti yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya (Unjuk Kerja hal 9).
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 8).
·         Peserta didik ditugaskan membuat portofolio dalam bentuk kliping artikel dari koran, majalah, atau internet mengenai museum dan situs-situs bersejarah (Portofolio hal 10).
E.     Sumber Belajar / Bahan / Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 1 - 10)
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
·         Portofolio dalam bentuk kliping artikel dari koran, majalah, atau internet mengenai museum dan situs-situs bersejarah (Portofolio hal 10).

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengetahuan tentang berbagai museum dan situs-situs bersejarah





Pemahaman tentang konsep museum dan situs sejarah





Kualitas kliping





Sistematika kliping





Kesesuaian kliping dengan tugas yang diberikan





Kerapian kliping





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55





·         Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 8).
Kunci Jawaban

A.
1. a
2. b
3. b
4. d
5. c

B.
1. syajaratun
2. ekstern
3. 4 Masehi
4. geologi
5. artefak


Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................        
                                               

No comments: