Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 May 2011

Sejarah SMP VII RPP 7



SEJARAH VII RPP 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan kehidupan pada masa prasejarah di    
                                                         Indonesia
Indikator                                 : Mengidentifikasi kehidupan pada zaman berburu
                                                  dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mengidentifikasi keadaan alam pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut
·         Mengidentifikasi flora dan fauna pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut
·         Mengidentifikasi kehidupan masyarakat pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut
·         Mengidentifikasi alat-alat kehidupan pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut

B.     Materi Pembelajaran
·         Keadaan alam zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut
·         Flora dan fauna zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut
·         Kehidupan masyarakat zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut
·         Alat-alat kehidupan zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut

C.    Metode Pembelajaran
Diskusi jigsaw dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menunjukkan gambar lukisan di gua (hal 23) dan menanyakan maksud dari gambar tersebut.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru membagi peserta didik menjadi empat kelompok dan materi dibagi dalam empat sub bab (keadaan alam, flora fauna, kehidupan masyarakat, dan alat-alat kehidupan). Setiap kelompok membahas salah satu dari materi tersebut. Setelah itu guru menunjuk satu orang dari setiap kelompok untuk mengajarkan materi yang telah dipelajari kepada kelompok yang lain.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 23 - 32)
  • Peta konsep
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F.     Penilaian
·         Unjuk kerja dalam bentuk diskusi jigsaw mengenai kehidupan pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut

Rubrik Penilaian
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar

Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55







Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: