SEJARAH VII SIALBUS 2
SILABUS
Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VII/2
Standar Kompetensi : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha di Indonesia serta peninggalan-peninggalannya | Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu- Buddha · Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha | · Mencari artikel di internet mengenai agama dan kebudayaan Hindu-Buddha | · Mendeskripsikan proses lahir dan perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha | · Portofolio | · Rangkuman | · Bukalah situs di internet dengan alamat http://hinduism.isk.com/ untuk mengetahui agama dan kebudayaan Hindu dan http://buddhism.2be.net/Main_Page untuk mengetahui agama dan kebudayaan Buddha. Buatlah rangkuman mengenai agama dan kebudayaan Hindu-Buddha berdasarkan artikel-artikel tersebut! (Dunia Maya hal 59) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 55 –66) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
· Proses dan Jalur Masuk Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia | · Menjelaskan dan mendiskusikan proses dan jalur masuk agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia | · Mendeskripsikan proses masuknya pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia · Mengidentifikasi jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia | · Tes Tertulis · Unjuk Kerja | · Pilihan Ganda · Isian · Mendemonstrasikan Peta | · Teori Brahmana diungkapkan oleh ... a. F.D.K.Bosch b. N.J.Krom c. van Leur d. Itsing (Uji Kompetensi hal 63 – 64) · Pokok ajaran Buddha yang mengajarkan rantai sebab akibat adalah (Uji Kompetensi hal 64) · Demonstrasikanlah jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia! | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 55 –66) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
Kerajaan-Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia · Perkembangan Kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia | · Membaca dan tanya jawab mengenai perkembangan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia | · Mendeskripsikan perkembangan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia · Mengidentifikasi letak kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia | · Produk · Tes Lisan | · Silsilah Kerajaan Majapahit · Soal Peta | · Buatlah silsilah Kerajaan Majapahit hingga masa keruntuhannya. Silsilah dibuat pada karton ukuran besar. (Produk 89). · Tunjukkanlah letak Kerajaan Kutai! | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 67 –90) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
· Peninggalan Sejarah Bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah serta ciri-cirinya | · Mengamati dan mendeskripsikan gambar peninggalan sejarah kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha di Indonesia | · Mengidentifikasi contoh peninggalan sejarah bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah di Indonesia · Mendeskripsikan ciri-ciri peninggalan bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah di Indonesia | · Portofolio · Tes Tertulis | · Rangkuman · Pilihan Ganda · Isian | · Buatlah rangkuman mengenai peninggalan sejarah bercorak Hindu-Buddha di Indonesia · Peninggalan sejarah berupa candi yang bercorak Hindu memiliki fungsi sebagai ...(Uji Kompetensi hal 86 – 87) a. tempat ibadah b. tempat menyimpan sesaji b. makam para raja d. wilayah memuja leluhur · Sistem penanggalan yang berkembang karena pengaruh Hindu-Buddha adalah ...(Uji Kompetensi hal 87) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 67 –90) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
Nama Sekolah : SMP SILABUS
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VII/2
Standar Kompetensi : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.2. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia serta peninggalan-peninggalannya | Proses Masuk dan Berkembangnya Agama Islam di Indonesia · Pertumbuhan dan Perkembangan Agama Islam Pada Masa Sebelum Islam dan Perkembangan Agama Islam di Asia Barat | · Mencari sumber di internet mengenai pertumbuhan agama Islam pada masa sebelum Islam dan perkembangan agama Islam di Asia Barat | · Mendeskripsikan masa sebelum Islam dan lahirnya Islam · Menyusun secara kronologis perkembangan agama Islam di Asia Barat | · Portofolio · Skala Sikap | · Ringkasan · Skala Sikap | · Bukalah situs di internet dengan alamat http://bbc.co.uk/religion/religions/islam mengenai agama dan kebudayaan Islam dan buatlah rangkuman berdasarkan artikel di situs tersebut! (Dunia Maya hal 93) · Sistem kekhalifahan dapat membuat suatu negara berkembang maju (Skala Sikap hal 106) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 91 – 106) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
· Proses Masuk dan Berkembangnya Agama Islam di Wilayah Indonesia | · Menjelaskan dan tanya jawab mengenai proses masuk dan berkembangnya agama Islam di wilayah Indonesia | · Mendeskripsikan proses masuk dan berkembangnya agama Islam di wilayah Indonesia | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Isian | · Wilayah di Indonesia yang terlebih dahulu terpengaruh Islam merupakan daerah ... (Uji Kompetensi hal 103) a. pedalaman b. pedesaan c. pesisir pantai d. kota · Penyebaran Islam melalui seni pertunjukkan wayang diperkenalkan oleh ... (Uji Kompetensi hal 104) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 91 – 106) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
· Saluran dan Cara Islamisasi di Indonesia dan Peta Penyebaran dan Perkembangan agama Islam di Indonesia | · Menjelaskan tentang saluran dan cara Islamisasi dan mengamati peta penyebaran dan perkembangan Islam di Indonesia | · Mendeskripsikan saluran dan cara Islamisasi di Indonesia · Membaca dan membuat peta penyebaran dan perkembangan Islam di Indonesia | · Portofolio · Portofolio | · Karangan · Peta | · Jelaskan enam cara Islamisasi di Indonesia! (Portofolio hal 104) · Buatlah peta penyebaran dan perkembangan Islam di Indonesia! | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 91 – 106) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia · Perkembangan Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia | · Mendiskusikan perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia | · Menyusun secara kronologi perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia | · Unjuk Kerja | · Diskusi | · Diskusikanlah mengenai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia! | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 107 – 126) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
· Peran Kerajaan –kerajaan Islam dalam Penyebaran Islam di Indonesia dan Peninggalan Sejarah Islam di Berbagai Daerah | · Mengamati peta penyebaran Islam di Indonesia dan mengamati gambar-gambar peninggalan sejarah Islam di berbagai daerah | · Mendeskripsikan peran Kerajaan Islam dalam penyebaran Islam di Indonesia · Mengidentifikasi peninggalan sejarah Islam di berbagai daerah di Indonesia | · Tes Tertulis · Portofolio | · Pilihan Ganda · Isian · Kliping | · Kerajaan di Indonesia yang bercorak Islam adalah ... (Uji Kompetensi hal 123 – 124) a. Aceh b. Demak c. Kutai d. Samudra Pasai · Pusat perkembangan dan studi Islam pertama di Indonesia adalah ...(Uji Kompetensi hal 124) · Buatlah kliping mengenai peninggalan Islam di berbagai daerah di Indonesia! | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 107 – 126) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
Nama Sekolah : SMP SILABUS
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VII/2
Standar Kompetensi : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar/Bahan/ Alat | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2..3. Mendeskripsikan perkembangan Masyarakat, Kebudayaan, dan Pemerintahan pada masa Kolonial Eropa | Proses Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia · Sebab dan Tujuan Kedatangan Bangsa Barat serta Kedatangan dan Terbentuknya Kekuasaan Kolonial di Indonesia | · Mendiskusikan sebab dan tujuan kedatangan bangsa Barat ke Indonesia dan mendeskripsikan proses terbentuknya kekuasaan kolonial. | · Menguraikan sebab dan tujuan kedatangan bangsa barat ke Indonesia · Mendeskripsikan proses kedatangan dan terbentuknya kekuasaan kolonial di Indonesia | · Unjuk Kerja · Portofolio | · Diskusi Jigsaw · Rangkuman | · Kelas dibagi dalam empat kelompok dan materi dibagi dalam empat sub bab (sebab, tujuan, proses terbentuknya kekuasaan kolonial, dan jalur kedatangan bangsa Barat ke Indonesia). Setiap kelompok membahas satu sub bab yang berbeda. · Bukalah situs di internet dengan alamat http://www.gimonca.com/sejarah/sejarah 03.shtml dan http://www.colonialvoyage.com. Buatlah rangkuman berdasarkan artikel-artikel tersebut! (Dunia Mayahal 129) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 127 – 146) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
Kolonialisme Barat di Indonesia · Kebijakan-kebijakan Pemerintah Kolonial di Indonesia | · Tanya jawab kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial di Indonesia | · Mengidentifikasi kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial dalam bidang ekonomi, politik, dan sosial budaya di Indonesia | · Portofolio | · Rangkuman | · Buatlah rangkuman mengenai kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial di Indonesia! | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 127 – 146) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
· Pengaruh Kebijakan Pemerintah Kolonial dan Perbedaan Penerapan di Pulau Jawa dan Luar Pulau Jawa | · Menjelaskan pengaruh kebijakan pemerintah kolonial dan perbedaan penerapan di Jawa dan Luar Jawa | · Mengidentifikasi pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap rakyat Indonesia · Mengidentifikasi perbedaan pengaruh kolonial di Jawa dan Luar Jawa | · Tes Tertulis · Portofolio | · Pilihan Ganda · Isian · Makalah | · Perlawanan rakyat Makassar terhadap VOC dipimpin oleh ... (Uji Kompetensi hal 140 – 141) a. Pattimura b. Sultan Agung c. Hasanuddin d. Dipati Unus · Perlawanan rakyat Aceh terhadap Portugis dipimpin oleh ... (Uji Kompetensi hal 141) · Buatlah makalah (4 – 5 halaman) bertema “Kolonialisme Bangsa Barat di Indonesia”! | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 127 – 146) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet | |
Perlawanan Rakyat Indonesia Menentang Kolonialisme Bangsa Barat · Perlawanan Rakyat Indonesia terhadap Portugis, Inggris, dan Belanda | · Menjelaskan perlawanan rakyat Indonesia terhadap Portugis, Inggris, dan Belanda | · Mendeskripsikan perlawanan menentang kolonialisme bangsa barat | · Tes Tertulis | · Pilihan Ganda · Uraian | · Kebijakan pemerintah Belanda yang berdampak positif bagi rakyat Indonesia adalah adanya penerapan kebijakan ... (Evaluasi Semester 2 hal 144 – 146) a. monopoli hongi c. politik etis b. pelayaran d. cultur stelsel · Uraikan pengaruh kebijakan kolonial terhadap rakyat Indonesia dalam aspek kehidupan ekonomi, politik, sosial, dan budaya (Evaluasi Semester 2 hal 146) | 1x45 menit | · Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 127 – 146) · Peta konsep · OHP · Buku-buku penunjang · Internet |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment