05 May 2011

Sejarah SMP VII RPP 8


SEJARAH VII RPP 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan kehidupan pada masa prasejarah di    
                                                         Indonesia
Indikator                                 : Mengidentifikasi kehidupan pada zaman bercocok
                                                  tanam
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mengidentifikasi keadaan alam pada zaman bercocok tanam
·         Mengidentifikasi flora dan fauna pada zaman bercocok tanam
·         Mengidentifikasi kehidupan masyarakat pada zaman bercocok tanam
·         Mengidentifikasi alat-alat kehidupan pada zaman bercocok tanam

B.     Materi Pembelajaran
  • Keadaan alam zaman bercocok tanam
  • Flora dan fauna zaman bercocok tanam
  • Kehidupan masyarakat zaman bercocok tanam
  • Alat-alat kehidupan zaman bercocok tanam

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik mengenai pengertian animisme dan dinamisme.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan secara klasikal mengenai kehidupan pada zaman bercocok tanam dengan peta konsep.
·         Peserta didik ditugaskan untuk membuat peta pikiran (mind map) mengenai kehidupan pada zaman bercocok tanam. Tugas dikumpulkan pada pertemua berikutnya.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 23 - 32)
  • Peta konsep
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F.     Penilaian
·         Portofolio dalam bentuk membuat peta pikiran mengenai kehidupan pada zaman bercocok tanam.

Rubrik Penilaian
Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Kesesuaian peta pikiran dengan materi





Ketepatan penggunaan garis dan warna





Keindahan dan Kerapian





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55






Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: