14 April 2011

Ekonomi SMA XII RPP5



EKONOMI XII RPP 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 1.5 Menyusun laporan keuangan perusahaan dagang

Indikator                    :
1.      Menyusun laporan laba-rugi dan laporan perubahan modal.
2.      Menyusun neraca dan laporan arus kas.

Alokasi Waktu           : 14 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menyusun laporan laba-rugi dan laporan perubahan modal.
b)      Siswa dapat menyusun neraca dan laporan arus kas.

B. Materi Pokok
            Laporan keuangan perusahaan dagang

C. Uraian Materi
a)      Laporan laba-rugi
b)      Laporan perubahan modal
c)      Neraca
d)     Laporan arus kas

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi penjelasan tentang pentingnya penyusunan laporan keuangan.
b. Motivasi
            Laporan keuangan perusahaan dagang antara lain dapat digunakan sebagai sarana evaluasi kegiatan perusahaan dagang tersebut.


2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendiskusikan pembuatan laporan laba-rugi dan laporan perubahan modal.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendiskusikan pembuatan neraca dan laporan arus kas.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

Ekonomi SMA XII RPP4



EKONOMI XII RPP 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 1.4 Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang

Indikator                    :
1.      Membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan ikhtisar laba-rugi.
2.      Membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan harga pokok penjualan.
3.      Membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang untuk sistem perpetual.
4.      Menyusun kertas kerja perusahaan dagang.


Alokasi Waktu           : 20 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan ikhtisar laba-rugi.
b)      Siswa dapat membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan harga pokok penjualan.
c)      Siswa dapat membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang untuk sistem perpetual.
d)     Siswa dapat menyusun kertas kerja perusahaan dagang.

B. Materi Pokok
            Ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang
           
C. Uraian Materi
a)      Neraca saldo
b)      Jurnal penyesuaian perusahaan dagang
c)      Kertas kerja

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok
F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi dan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
b. Motivasi
            Pemahaman mengenai materi kali ini mengindiksikan penguasaan standar kompetensi.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 6-7 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menyusun jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan ikhtisar laba-rugi dan pendekatan harga pokok penjualan.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menyusun jurnal penyesuaian persediaan barang dagang untuk sistem perpetual.
  d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menyusun kertas kerja perusahaan dagang.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

Ekonomi SMA XII RPP3

EKONOMI XII RPP 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 1.3 Menghitung harga pokok penjualan

Indikator                    :
1.      Menghitung pembelian bersih.
2.      Menghitung jumlah barang yang tersedia untuk dijual.
3.      Menghitung harga pokok penjualan.
                                                                       
Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menghitung pembelian bersih.
b)      Siswa dapat menghitung jumlah barang yang tersedia untuk dijual.
c)      Siswa dapat menghitung harga pokok penjualan.

B. Materi Pokok
            Harga pokok penjualan

C. Uraian Materi
a)      Penghitungan pembelian bersih
b)      Penghitungan jumlah barang yang tersedia untuk dijual
c)      Penghitungan harga pokok penjualan

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengilustrasikan dengan jelas tentang harga pokok penjualan serta memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi dan kompetensi dasar yang harus dikuasai.

b. Motivasi
            Penghitungan harga pokok penjualan sangat penting dalam pembelajaran ilmu akuntansi.
           
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 6-7 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk melakukan penghitungan pembelian bersih.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk melakukan penghitungan jumlah barang yang tersedia untuk dijual.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk melakukan penghitungan harga pokok penjualan.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

Ekonomi SMA XII RPP2



EKONOMI XII RPP 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 1.2 Melakukan posting dari jurnal khusus ke buku besar

Indikator                    :
1.      Memosting bukti transaksi ke dalam buku besar pembantu.
2.      Memosting jurnal umum dan khusus ke dalam buku besar utama.

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat memosting bukti transaksi ke dalam buku besar pembantu.
b)      Siswa dapat memosting jurnal umum dan khusus ke dalam buku besar utama.

B. Materi Pokok
            Posting dari jurnal ke buku besar

C. Uraian Materi
a)      Pencatatan transaksi pada buku besar pembantu dan utama
b)      Posting jurnal khusus ke buku besar utama
c)      Posting jurnal umum ke buku besar utama
d)     Ilustrasi pencatatan transaksi pada buku besar pembantu dan buku besar utama

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang pencatatan transaksi perusahaan dagang dan jurnal khusus. Kemudian guru menjelaskan bahwa kali ini pencatatan tersebut akan dilanjutkan ke dalam buku besar.


b. Motivasi
            Pemahaman materi kali ini sangat berguna dalam pemahaman mengenai akuntansi perusahaan dagang lebih lanjut.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 6-7 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk melakukan posting bukti transaksi ke dalam buku besar pembantu.
  c. Kelompok kedua diberi tugas untuk melakukan posting jurnal khusus ke buku besar
  utama.    
  d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk melakukan posting jurnal umum ke buku besar
utama.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...