29 April 2011

Geografi SMP IX RPP 4



GEOGRAFI IX RPP 4
BAB 2. POLA DAN BENTUK MUKA BUMI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
Kompetensi Dasar                   : 5.1. Menginterpretasikan peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi
Indikator                                 : Menganalisis bentuk-bentuk muka bumi pada peta
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mengidentifikasi bentuk muka bumi dengan menggunakan simbol peta
-          Mendeskripsikan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam interpretasi peta

B.     Materi Pembelajaran
-          Peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi

C.     Metode Pembelajaran
Tanya jawab, life skills, dan penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.    Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menanyakan pengertian peta dan jenis-jenis peta. Tanya jawab tentang pengertian interpretasi peta.
2.    Kegiatan Inti: 25 menit
·         Guru menayangkan peta Indonesia. Guru menjelaskan simbol-simbol pada peta (hal 18 – 20). Siswa membaca buku dan mengamati peta wilayah Indonesia.
·         Secara individu, siswa mengidentifikasi simbol-simbol yang digunakan dalam peta tersebut. Menginterpretasikan pola dan bentuk muka bumi dengan bantuan simbol-simbol pada peta tersebut.
3.    Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Bersama-sama menarik kesimpulan materi.
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP – ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Peta Indonesia
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
  1. Penilaian Tanya Jawab
Rubrik Penilaian Tanya Jawab
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik




Keaktifan




Nilai rata-rata




Komentar



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55




Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi


____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: