29 April 2011

Geografi SMP IX RPP 7



GEOGRAFI IX RPP 7
BAB 3. UNSUR-UNSUR FISIK DAN SOSIAL KAWASAN ASIA TENGGARA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
Kompetensi Dasar                   : 5.2. Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara
Indikator                                 : - Menunjukkan letak geografis kawasan Asia Tenggara
-    Menginterpretasi peta untuk mendapatkan informasi bentang alam kawasan Asia Tenggara
-    Mendeskripsikan keadaan iklim di kawasan Asia Tenggara
-    Mendeskripsikan sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara
-    Penyajian informasi data kependudukan Asia Tenggara
-    Memberikan contoh barang-barang perdagangan antarnegara di kawasan Asia Tenggara
-    Memberikan contoh bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara
Alokasi Waktu                        : 11x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mendeskripsikan profil negara-negara di kawasan Asia Tenggara.
-          Menginterpretasikan peta untuk mendapatkan informasi tentang bentang alam kawasan Asia Tenggara.
-          Menyajikan informasi kependudukan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.
-          Menyebutkan contoh bentuk kerja sama dan barang-barang perdagangan negara-negara kawasan Asia Tenggara.

B.     Materi Pembelajaran
Unsur-unsur Fisik dan Sosial Kawasan Asia Tenggara

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skills, diskusi, dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menanyakan tentang negara-negara yang tergabung ke dalam ASEAN, kemudian menceritakan secara garis besar tentang berdirinya ASEAN.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru menunjukkan letak geografis kawasan Asia Tenggara pada peta.
·         Bersama-sama menginterpretasikan peta untuk mendapatkan informasi bentang alam kawasan Asia Tenggara.
·         Guru menyajikan informasi kependudukan negara-negara kawasan Asia Tenggara.
·         Tanya jawab tentang unsur-unsur fisik dan sosial negara-negara di kawasan Asia Tenggara.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·           Bersama-sama melakukan refleksi materi dan menarik kesimpulan.

Pertemuan Kelima s.d. Pertemuan Kesepuluh
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menanyakan tentang makalah kelompok.
2.      Kegiatan Inti: 35 menit
·         Setiap kelompok mempresentasikan makalah masing-masing mengenai Unsur-unsur Fisik dan Sosial Negara-negara di Kawasan Asia Tenggara. Setiap kelompok diberi waktu 15 menit untuk presentasi.
·         Kelompok lain memberikan tanggapan.
·         Setelah presentasi, setiap kelompok membuat kesimpulan dan laporan hasil diskusi.
·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·           Melakukan refleksi materi yang telah dibahas dan menarik kesimpulan.

Pertemuan Kesebelas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menceritakan keunggulan yang dimiliki oleh negara-negara di kawasan Asia Tenggara.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Secara individu, membuat karangan analitis mengenai situasi/ keadaan apabila di kawasan Asia Tenggara hanya memiliki satu mata uang yang sama (hal 49).
·         Tanya jawab tentang hasil karangan siswa.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·           Menarik kesimpulan materi.
·           Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·           Penugasan individu, mengerjakan uji kompetensi pada buku sumber (hal 48 – 52)

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP – ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          World Population Datasheet 2006
-          Peta Asia Tenggara, Atlas, dan Globe
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet
-          Media cetak

F.      Penilaian
1.      Teknik                         : Tugas Kelompok
Bentuk tagihan            : Makalah
Tema                           : Buatlah makalah tentang unsur-unsur fisik dan sosial dari
  negara-negara di kawasan Asia Tenggara!
Rubrik Penilaian Makalah
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan profil negara di kawasan Asia Tenggara yang bersangkutan




Isi menyajikan informasi kependudukan negara di kawasan Asia Tenggara yang bersangkutan




Isi menunjukkan bentang alam dan peta negara di kawasan Asia Tenggara yang bersangkutan




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir dan saran




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar

2.      Teknik                         : Unjuk Kerja
Bentuk tagihan            : Presentasi
Tema                           : Presentasikanlah makalah kelompokmu tersebut!
 
Rubrik Penilaian
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kemampuan mencari data




Kerja sama dalam kelompok




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar


3.      Teknik                         : Portofolio
Bentuk tagihan            : Karangan Analitis
Tema                           : Gambarkanlah keadaan/ situasi di Asia Tenggara apabila
  kawasan tersebut hanya memiliki satu mata uang!

Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi karangan




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan hasil analisis




Isi menjelaskan macam-macam masalah yang muncul akibat keadaan tersebut




Siuasi yang digambarkan masuk akal/logis




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap hasil analisis tersebut




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Orisinalitas karangan




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

4.  Penilaian Uji Kompetensi       : - Pilihan ganda hal 48 - 49 (skor 1 s/d 5)
                                                              - Uraian singkat hal 49 (skor 1 s/d 5)
                                                              - Portofolio, Unjuk Kerja, Produk, dan Skala Sikap
    berdasarkan rubrik penilaian yang telah tersedia.
                                                          
Kunci Jawaban

A.
1.      c
2.      d
3.      a
4.      b
5.      b

B.
1.      Tagalog
2.      Inggris
3.      Myanmar
4.      Vietnam
5.      Laos



Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi


____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: