29 April 2011

Geografi SMP VIII Silabus



GEOGRAFI VIII SILABUS
SILABUS
Nama Sekolah                         : SMP .........................................................                                                                                        
Mata Pelajaran             : Geografi
Kelas/ Semester                       : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Alokasi Waktu             : 18x45 menit
Standar Kompetensi     : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen
1.1. Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
Kondisi Fisik Wilayah Indonesia
·    Letak wilayah Indonesia (posisi dan letak geografis)





·    Kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu di Indonesia
















·   Mengamati peta wilayah Indonesia serta menunjukkan posisi dan letak geografis wilayah Indonesia pada peta
·   Membaca buku dan menjelaskan posisi dan letak geografis wilayah  Indonesia
·   Tanya jawab tentang kaitan letak geografis dengan ikim dan pembagian waktu di Indonesia








·   Menunjukkan letak geografis Indonesia







·   Menganalisis kaitan letak geografis dengan iklim dan pembagian waktu di Indonesia



























·     Unjuk kerja


·     Tugas individu



·     Tanya jawab























·     Analisis peta


·     Peta




·     Uraian lisan





























·    Amatilah peta wilayah Indonesia! Sebutkan posisi dan letak geografis Indonesia!
·    Buatlah peta wilayah Indonesia pada kertas HVS dan diberi warna!


·    Jelaskan kaitan letak geografis dengan iklim dan pembagian waktu di Indonesia!



















1x45 menit











·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 2 - 5)
·   Buku penunjang lain
·   Peta Dunia
·   Peta Indonesia
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet


·    Musim di Indonesia

·   Secara individu, siswa menganalisis penyebab terjadinya perubahan musim di Indonesia dari berbagai referensi

·   Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim di wilayah Indonesia

·     Portofolio

·     Karangan analitis
·    Carilah di situs internet tentang faktor-faktor yang memengaruhi perubahan musim di Indonesia! Buatlah karangan analitis berdasarkan hasil temuanmu dari internet!

1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 6 - 7)
·   Buku penunjang lain
·   Peta Indonesia
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen

·    Persebaran flora dan fauna Indonesia dan kaitannya dengan pembagian wilayah  Wallacea dan Weber

·   Mengidentifikasi dan mendeskripsikan perbedaan flora dan fauna tipe Asiatis, Peralihan, dan Australis



·   Penugasan secara berkelompok, membuat poster kampanye pelestarian kekayaan hayati Indonesia

·   Membedakan karakteristik flora dan fauna tipe Asiatis, peralihan, dan Australis berdasarkan garis Wallacea dan Weber


·   Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna di Indonesia

·     Tes individu






·     Tugas kelompok


·     Tertulis







·     Poster
·    Jelaskan perbedaan persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia! Sebutkan flora dan fauna beserta wilayah habitatnya! (hal 18)

·    Buatlah sebuah poster dengan tema “Melestarikan Kekayaan Hayati Indonesia”. Gunakanlah gambar flora atau fauna yang hampir punah dan bahasa yang menarik! (hal 19)

1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 7 – 9)
·   Buku penunjang lain
·   Peta pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia menurut garis Wallacea dan Weber
·   Gambar/ foto flora dan fauna bertipe Asiatis, peralihan, dan Australis
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet

·    Persebaran jenis tanah di Indonesia


·   Mengidentifikasi perbedaan dan persebaran jenis-jenis tanah di Indonesia dan menganalisis pemanfaatannya






·   Secara individu, mengerjakan uji kompetensi pada buku sumber

·   Mendeskripsikan persebaran jenis tanah di Indonesia dan menganalisis pemanfaatannya

·     Portofolio











·     Tugas individu  


·     Karangan analitis










·     Uji kompetensi

·    Apabila kamu tinggal di daerah yang memiliki jenis tanah dengan produktivitas rendah, apa yang harus kamu lakukan agar jenis tanah tersebut dapat mendatangkan keuntungan? Buatlah jawabanmu dalam bentuk karangan analitis! (hal 17)
·    Kerjakanlah uji kompetensi pada buku sumber! (hal 16 – 19)

1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 9-15)
·   Buku penunjang lain
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen
1.2. Mengidentifikasikan permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
Dinamika Penduduk
·    Faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk


·     Mendiskusikan tentang faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk (kelahiran, kematian, dan migrasi)


·   Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk



·      Unjuk kerja



·     Diskusi jigsaw




·    Diskusikanlah tentang faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk (kelahiran, kematian, dan migrasi)!


1x45 menit



·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 23 – 25)
·   Buku penunjang lain
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet

·    Angka kelahiran dan angka kematian

·    Faktor penunjang kelahiran dan kematian





·     Menjelaskan arti angka pertumbuhan alami (kelahiran dan kematian) dan menguraikan cara menghitungnya
·     Mendeskripsikan faktor-faktor pendorong dan penghambat kelahiran dan kematian



·   Mendesripsikan arti dan ukuran angka kelahiran dan angka kematian


·   Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong dan penghambat kelahiran dan kematian

·      Pre-tes  




·      Portofolio





·     Isian singkat



·     Karangan analitis





·    Angka kelahiran yang menunjukkan jumlah kelahiran per seribu penduduk dalam suatu periode tertentu disebut
·    Apakah program KB dapat mengatasi pertambahan penduduk? Buatlah jawabanmu dalam bentuk karangan analitis! (hal 45)


1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 25 - 27)
·   Buku penunjang lain
·   OHP/ Slide Proyektor
·   World Population Datasheet 2006
·   Internet
·   Daftar pertanyaan

·    Kepadatan penduduk
·     Mencari data jumlah penduduk dan luas wilayah kemudian menghitung kepadatan penduduk di wilayah tersebut
·     Secara individu, mempresentasikan laporan mengenai kepadatan penduduk di daerah tempat tinggal masing-masing
·   Membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia
·      Tugas individu  

·      Unjuk kerja
·     Laporan


·     Presentasi
·    Tanyakanlah kepada kepala rukun tetanggamu mengenai jumlah penduduk dan luas wilayah. Hitunglah kepadatan penduduk di daerah tempat tinggalmu! Buatlah dalam bentuk laporan! Presentasikanlah hasil laporanmu! (hal 47)
1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 27 - 30)
·   Buku penunjang lain
·   OHP/ Slide Proyektor
·   World Population Datasheet 2006
·   Gambar/ foto kepadatan penduduk
·   Internet



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen

·    Komposisi penduduk






·    Angka Beban Ketergantungan dan Sex Ratio


·    Angka harapan hidup

·   Mengidentifikasi perbedaan piramida penduduk (ekspansif, kontraktif, dan stasioner) serta mendeskripsikan komposisi penduduk berdasarkan piramida penduduk
·   Menjelaskan arti angka beban ketergantungan dan sex ratio serta menguraikan cara menghitungnya
·   Secara berkelompok, Mencari data kependudukan suatu negara dari situs intenet. Membuat piramida penduduk, angka beban ketergantungan, sex ratio, dan angka harapan hidup negara yang bersangkutan




·   Membedakan jenis-jenis piramida penduduk  serta mendeskripsikan komposisi penduduk berdasarkan piramida penduduk

·   Mendesripsikan arti dan ukuran angka beban ketergantungan dan sex ratio

·   Menguraikan arti angka harapan hidup






·     Tugas kelompok



















·     Laporan  























·    Carilah data kependudukan suatu negara dari situs internet! Buatlah hasil temuanmu dalam bentuk laporan! Berdasarkan data kependudukan tersebut, buatlah piramida penduduknya, kemudian hitunglah angka beban ketergantungan, sex ratio, dan angka harapan hidup negara yang bersangkutan!

3x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 30 – 35)
·   Buku penunjang lain
·   World Population Datasheet 2006
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet

·    Ledakan penduduk dan upaya mengatasinya

·    Penyajian informasi kependudukan

·   Secara berkelompok, mendiskusikan dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya

·   Membuat piramida penduduk berdasarkan data kependudukan dari RT/RW tempat tinggal masing-masing
·   Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya

·   Menyajikan informasi kependudukan dalam bentuk peta, tabel, dan grafik
·     Unjuk kerja



·     Tugas individu
·     Diskusi




·     Produk
·    Diskusikanlah mengenai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya!

·    Buatlah piramida penduduk dari data penduduk daerah tempat tinggalmu dengan menggunakan gabus! (hal 47)

1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 36 - 37)
·   Buku penunjang lain
·   World Population Datasheet 2006
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen

·    Migrasi penduduk


·    Dampak positif dan negatif migrasi dan usaha penanggulangan dampak negatif migrasi






·   Menjelaskan dan tanya jawab tentang jenis-jenis migrasi, faktor penyebab, dan dampaknya
·   Secara individu, membuat tabel penggolongan migrasi beserta faktor penyebab dan dampaknya
·   Secara individu, mengerjakan soal uji kompetensi pada buku sumber


·   Mengidentifikasi jenis-jenis migrasi dan faktor penyebabnya

·   Menganalisis dampak positif dan negatif migrasi serta usaha penanggulangannya







·     Tugas individu



·     Portofolio






·     Tugas individu














·     Tabel




·     Karangan analitis





·     Uji kompetensi














·    Buatlah tabel tentang penggolongan migrasi, lengkapi dengan faktor penyebab dan dampaknya!
·    Apabila kamu seorang Gubernur DKI Jakarta, apa yang dapat lakukan guna mengatasi masalah tingginya arus urbanisasi ke wilayah DKI Jakarta!
·    Kerjakanlah uji kompetensi pada buku sumber! (hal 45 – 48)

2x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 37 – 44)
·   Buku penunjang lain
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet
·   Daftar pertanyaan



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen
1.3. Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
Permasalahan Lingkungan dalam Pembangunan Berkelanjutan
·    Unsur-unsur lingkungan hidup

·    Arti penting lingkungan bagi kehidupan










·   Tanya jawab tentang unsur-unsur lingkungan hidup (abiotik, biotik, dan sosial budaya)
·   Mendeskripsikan arti penting lingkungan bagi kehidupan







·   Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan hidup


·   Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan











·     Portofolio





















·     Karangan analitis



















·    Gambarkanlah situasi/ keadaan lingkungan hidup apabila program daur ulang tidak pernah ditemukan! Jawablah dalam bentuk karangan! (hal 69)





1x45 menit





·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 50 – 55)
·   Buku penunjang lain
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet
·   Daftar pertanyaan

·    Kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
·    Usaha pelestarian lingkungan hidup
·   Secara berkelompok, Mendiskusikkan tentang bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup serta menganalisis usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk pelestarian lingkungan hidup


·   Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
·   Menganalisis usaha pelestarian lingkungan hidup


·     Tugas kelompok
·     Unjuk kerja




·     Tugas individu





·     Laporan pengamatan
·     Diskusi





·     Kliping







·    Amatilah pencemaran yang ada di sekitar tempat tinggalmu, catatlah jenis pencemaran yang paling banyak terjadi di lingkunganmu! Buatlah laporannya! (hal 71)
·    Buatlah kliping tentang pencemaran lingkungan dari media cetak!

1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 55 – 62)
·   Buku penunjang lain
·   Gambar / foto tentang kerusakan lingkungan
·   Gambar / foto tentang pelestarian lingkungan
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet

·    Hakekat pembangunan berkelanjutan



·    Ciri-ciri pembangunan berkelanjutan
·   Membaca buku dan membuat karangan analitis mengenai pelaksanaan pembangunan berkelanjutan di Indonesia
·   Mendiskusikkan hasil karangan analitis mengenai pelaksanaan pembangunan berkelanjutan di Indonesia

·   Menafsirkan hakekat pembangunan berkelanjutan



·   Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan
·     Portofolio







·     Tugas individu






·     Karangan analitis






·     Uji kompetensi







·    Apakah proses pembangunan berkelanjutan di Indonesia sudah berhasil dilakukan? Buat jawabanmu dalam bentuk karangan analitis! (hal 70)
·    Kerjakanlah uji kompetensi pada buku sumber! (hal 68 – 72)

1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 63 – 68)
·   Buku penunjang lain
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen
1.4. Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan
Kondisi Penduduk Indonesia
·    Permasalahan penduduk Indonesia










·   Menjelaskan dan tanya jawab tentang permasalahan kuantitas dan kualitas penduduk






·   Menjelaskan permasalahan tentang kuantitas dan kualitas penduduk










·     Tugas individu

·     Tugas kelompok












·     Uji kompetensi

·     Poster  










·    Kerjakanlah uji kompetensi pada buku sumber! (hal 93 – 97)
·    Buatlah poster mengenai pentingnya menjaga kesehatan. Gunakanlah gambar dan bahasa yang menarik minat masyarakat! (hal 96)



1x45 menit



·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 74 – 90)
·   Buku penunjang lain
·   World Population Datasheet 2006
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet
·   Daftar pertanyaan

·    Dampak dari permasalahan penduduk terhadap pembangunan

·   Mendiskusikan dampak permasalahan kuantitas dan kualitas penduduk terhadap pembangunan di Indonesia
·   Secara individu, membuat karangan analitis tentang pengaruh tingkat kesehatan dan pendidikan masyarakat terhadap keberhasilan pembangunan

·   Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan

·     Portofolio






·     Tugas individu

·     Karangan analitis





·     Uji kompetensi semester

·    Tulislah sebuah karangan tentang pengaruh tingkat kesehatan dan pendidikan masyarakat terhadap keberhasilan pembangunan! (hal 95)
·    Kerjakanlah uji kompetensi semester pada buku sumber!  (hal 98 – 104)

1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 90 – 93)
·   Buku penunjang lain
·   World Population Datasheet 2006
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet



Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                                                      ………………, …………………………
Kepala Sekolah/Yayasan …………………………..                                                                                  Guru Mata Pelajaran Geografi



__________________________                                                                                                                                                                                                                                      _____________________________
NIP/NRK.                                                                                                                                                    NIP/NRK. 

No comments: