29 April 2011

Geografi SMP VIII RPP 2



GEOGRAFI VIII RPP 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
Indikator                                 :Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim di wilayah Indonesia
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mendeskripsikan terjadinya perubahan musim di wilayah Indonesia.
-          Menganalisis kaitan perubahan musim dengan letak geografis wilayah Indonesia.

B.     Materi Pembelajaran
Musim di Indonesia

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skills, tanya jawab, dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Siswa mengumpulkan tugas membuat peta wilayah Indonesia.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menceritakan tentang perubahan musim di Indonesia yang tidak menentu.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·           Guru menjelaskan tentang angin muson dan perubahan musim di Indonesia secara garis besar (hal 6 – 7) dengan menggunakan gambar pergerakan angin muson tenggara dan angin muson barat laut.
·           Secara individu, siswa mencari faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya perubahan musim di Indonesia dari situs internet seperti www.encarta.com, www.yahoo.com, www.wikipedia.com, dan www.google.com.
·           Siswa membuat karangan analitis berdasarkan hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.
·           Tanya jawab tentang faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya perubahan musim di Indonesia berdasarkan hasil temuan siswa dari situs internet.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·           Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·           Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP Kelas VIII – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Peta Dunia
-          Peta Indonesia
-          Gambar pergerakan angin muson tenggara dan angin muson barat laut
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
Ø  Teknik                         : Portofolio
Ø  Bentuk tagihan            : Karangan Analitis
Ø  Tema karangan            : Faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya perubahan musim
  di Indonesia

Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan kronologis terjadinya perubahan musim di Indonesia




Isi menunjukkan data-data yang menggambarkan bukti tentang pengaruh perubahan musim di Indonesia terhadap kehidupan masyarakat sekitar




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan terhadap masalah




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Orisinalitas karangan




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi


____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: