29 April 2011

Geografi SMP VIII RPP 4



GEOGRAFI VIII RPP 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
Indikator                                 :Mendeskripsikan persebaran jenis tanah di Indonesia dan menganalisis pemanfaatannya
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mengidentifikasi persebaran jenis tanah di Indonesia.
-          Menjelaskan perbedaan jenis-jenis tanah di Indonesia.
-          Menganalisis pemanfaatan tanah di Indonesia.

B.     Materi Pembelajaran
Persebaran jenis tanah di Indonesia

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skills, tanya jawab, dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menanyakan pengertian tanah.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·           Tanya jawab tentang proses terjadinya dan perbedaan dari jenis-jenis tanah di Indonesia serta pemanfaatannya (hal 9 – 15).
·           Siswa membuat karangan analitis mengenai cara mengolah tanah yang memiliki produktivitas rendah (Portofolio hal 17).
·           Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan karangannya.
·           Secara individu, siswa mengerjakan soal uji kompetensi pada buku sumber (hal 16 - 19).
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·           Menarik kesimpulan materi.
·           Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP Kelas VIII – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet
F.      Penilaian
1.      Teknik                         : Portofolio
Bentuk tagihan            : Karangan Analitis
Tema                           : Apabila kamu tinggal di daerah yang memiliki jenis tanah
dengan produktivitas rendah, apa yang harus kamu lakukan agar
jenis tanah tersebut dapat mendatangkan keuntungan?

Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi karangan




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan pengetahuan tentang kesuburan dan produktivitas tanah




Isi menjelaskan solusi-solusi yang diambil




Solusi-solusi yang diambil masuk akal




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir dan saran




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Orisinalitas karangan




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


2.  Penilaian Uji Kompetensi       : - Pilihan ganda hal 16 (skor 1 s/d 5)
                                                              - Uraian singkat hal 17 (skor setiap soal benar 1)
                                                              - Portofolio, Unjuk Kerja, Produk, dan Skala Sikap
    berdasarkan rubrik penilaian yang telah tersedia.


Kunci Jawaban
A.
1.      c
2.      a
3.      c
4.      a
5.      c

B.
1.      6° LU - 11° LS dan 95° BT - 141° BT
2.      angin muson barat laut
3.      Wallacea
4.      letak astronomis
5.      tanah organosol (tanah gambut)





Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: