29 April 2011

Geografi SMP VIII RPP 12



GEOGRAFI VIII RPP 12
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar                   : 1.3. Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
Indikator                                 : - Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
  - Menganalisis usaha pelestarian lingkungan hidup
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup.
-          Mengidentifikasi faktor penyebab terjadinya kerusakan lingkungan hidup.
-          Menganalisis usaha-usaha guna melestarikan lingkungan hidup.

B.     Materi Pembelajaran
-          Kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
-          Usaha pelestarian lingkungan hidup

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, diskusi, dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menayangkan gambar tentang kerusakan lingkungan kemudian tanya jawab tentang bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup akibat proses alam dan kegiatan manusia.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru membuat undian yang berisi nama kelompok siswa.
·         Kelompok yang terpilih mempresentasikan laporan pengamatan tentang pencemaran lingkungan yang terdapat di lingkungan sekitar tempat tinggal siswa. Kelompok lain dimintai tanggapannya.
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi
·         Menarik kesimpulan bersama.
·         Penugasan individu, siswa membuat kliping tentang pencemaran lingkungan dari media cetak. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP Kelas VIII – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar kerusakan lingkungan
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
1.      Penilaian tugas kelompok berupa laporan pengamatan
Topik laporan  : Buatlah laporan pengamatan tentang pencemaran yang ada di
  sekitar tempat tinggalmu, catatlah jenis pencemaran yang
  paling banyak terjadi!

Rubrik Penilaian Laporan
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan bukti-bukti adanya pencemaran lingkungan, dapat berupa foto, sampel bahan pencemar, dan sebagainya




Isi menunjukkan analisis terhadap penyebab terjadinya pencemaran lingkungan




Isi menunjukkan sikap dan kepedulian terhadap pencemaran lingkungan




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan terhadap masalah




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


2. Penilaian Unjuk kerja (diskusi kelompok)

Rubrik Penilaian Diskusi *)
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kemampuan mencari data




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar

* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian laporan!


3. Penilaian tugas individu membuat kliping tentang pencemaran lingkungan

Rubrik Penilaian Kliping*)
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kliping memuat gambar-gambar tentang pencemaran lingkungan




Gambar pencemaran lingkungan disertai dengan artikel dan pendapat siswa




Kebersihan dan kerapihan kliping




Pencantuman sumber gambar




Nilai rata-rata




Komentar

* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian laporan!


Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi


____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: