29 April 2011

Geografi SMP VIII RPP 3



GEOGRAFI VIII RPP 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
Indikator                                 : - Membedakan karakteristik flora dan fauna tipe Asiatis, peralihan, dan Australis berdasarkan garis Wallacea dan Weber
                                                 - Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna di Indonesia
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mengidentifikasi persebaran flora dan fauna di Indonesia.
-          Menjelaskan karakteristik flora dan fauna di Indonesia.
-          Menyebutkan flora dan fauna tipe Asiatis, peralihan, dan Australis yang ada di Indonesia berdasarkan garis Wallacea dan Weber.

B.     Materi Pembelajaran
Persebaran flora dan fauna di Indonesia

C.     Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, tes tertulis, dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menceritakan tentang pengaruh kebakaran hutan terhadap keanekaragaman hayati di Indonesia.
2.      Kegiatan Inti: 25 menit
·           Guru menayangkan peta Indonesia dan menunjukkan pembagian flora dan fauna menurut garis Wallacea dan Weber.
·           Tanya jawab tentang persebaran dan karakteristik flora dan fauna tipe Asiatis, peralihan, dan Australis di Indonesia.
·           Guru membagikan soal tes uji kemampuan berupa soal essai.
·           Secara individu, siswa mengerjakan soal tersebut selama 10 menit.
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·           Bersama-sama membahas soal tes uji kemampuan siswa.
·           Melakukan refleksi materi dan menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.
·           Penugasan kelompok: membuat poster dengan tema “Melestarikan Kekayaan Hayati Indonesia” (hal 19).

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP Kelas VIII – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar/ foto flora dan fauna di Indonesia
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
-          Tes Uji Kemampuan
1.      Jelaskan dua kelompok kekayaan hayati Indonesia berdasarkan pendekatan biogeografi! (skor 20)
2.      Jelaskan pengertian hewan endemik, sebutkan contohnya! (skor 15)
3.      Jelaskan perbedaan flora Indonesia bagian barat dan timur! (skor 25)
4.      Jelaskan perbedaan fauna tipe Asiatis, Peralihan, dan Australis! (skor 25)
5.      Sebutkan jenis fauna yang banyak ditemukan di wilayah Papua! (skor 15)
Skor Total = 100

-          Penilaian Produk (Poster)
Rubrik Penilaian Produk
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Tahap persiapan
·         Memilih/menyiapkan alat dan bahan
·         Kualitas bahan yang digunakan
·         Kelengkapan alat yang digunakan




Tahap pelaksanaan
·         Membuat pola
·         Memilih gambar dan menentukan bahasa yang akan dipakai
·         Pencampuran warna




Tahap hasil
·         Tekstur hasil yang halus
·         Kebersihan dan keindahan poster
·         Penggunaan gambar dan kecocokkan dengan kalimat yang digunakan




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi


____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: