14 April 2011

Ekonomi SMA XII RPP4



EKONOMI XII RPP 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 1.4 Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang

Indikator                    :
1.      Membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan ikhtisar laba-rugi.
2.      Membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan harga pokok penjualan.
3.      Membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang untuk sistem perpetual.
4.      Menyusun kertas kerja perusahaan dagang.


Alokasi Waktu           : 20 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan ikhtisar laba-rugi.
b)      Siswa dapat membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan harga pokok penjualan.
c)      Siswa dapat membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang untuk sistem perpetual.
d)     Siswa dapat menyusun kertas kerja perusahaan dagang.

B. Materi Pokok
            Ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang
           
C. Uraian Materi
a)      Neraca saldo
b)      Jurnal penyesuaian perusahaan dagang
c)      Kertas kerja

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok
F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi dan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
b. Motivasi
            Pemahaman mengenai materi kali ini mengindiksikan penguasaan standar kompetensi.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 6-7 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menyusun jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan ikhtisar laba-rugi dan pendekatan harga pokok penjualan.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menyusun jurnal penyesuaian persediaan barang dagang untuk sistem perpetual.
  d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menyusun kertas kerja perusahaan dagang.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

Ekonomi SMA XII RPP3

EKONOMI XII RPP 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 1.3 Menghitung harga pokok penjualan

Indikator                    :
1.      Menghitung pembelian bersih.
2.      Menghitung jumlah barang yang tersedia untuk dijual.
3.      Menghitung harga pokok penjualan.
                                                                       
Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menghitung pembelian bersih.
b)      Siswa dapat menghitung jumlah barang yang tersedia untuk dijual.
c)      Siswa dapat menghitung harga pokok penjualan.

B. Materi Pokok
            Harga pokok penjualan

C. Uraian Materi
a)      Penghitungan pembelian bersih
b)      Penghitungan jumlah barang yang tersedia untuk dijual
c)      Penghitungan harga pokok penjualan

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengilustrasikan dengan jelas tentang harga pokok penjualan serta memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi dan kompetensi dasar yang harus dikuasai.

b. Motivasi
            Penghitungan harga pokok penjualan sangat penting dalam pembelajaran ilmu akuntansi.
           
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 6-7 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk melakukan penghitungan pembelian bersih.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk melakukan penghitungan jumlah barang yang tersedia untuk dijual.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk melakukan penghitungan harga pokok penjualan.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

Ekonomi SMA XII RPP2



EKONOMI XII RPP 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 1.2 Melakukan posting dari jurnal khusus ke buku besar

Indikator                    :
1.      Memosting bukti transaksi ke dalam buku besar pembantu.
2.      Memosting jurnal umum dan khusus ke dalam buku besar utama.

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat memosting bukti transaksi ke dalam buku besar pembantu.
b)      Siswa dapat memosting jurnal umum dan khusus ke dalam buku besar utama.

B. Materi Pokok
            Posting dari jurnal ke buku besar

C. Uraian Materi
a)      Pencatatan transaksi pada buku besar pembantu dan utama
b)      Posting jurnal khusus ke buku besar utama
c)      Posting jurnal umum ke buku besar utama
d)     Ilustrasi pencatatan transaksi pada buku besar pembantu dan buku besar utama

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang pencatatan transaksi perusahaan dagang dan jurnal khusus. Kemudian guru menjelaskan bahwa kali ini pencatatan tersebut akan dilanjutkan ke dalam buku besar.


b. Motivasi
            Pemahaman materi kali ini sangat berguna dalam pemahaman mengenai akuntansi perusahaan dagang lebih lanjut.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 6-7 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk melakukan posting bukti transaksi ke dalam buku besar pembantu.
  c. Kelompok kedua diberi tugas untuk melakukan posting jurnal khusus ke buku besar
  utama.    
  d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk melakukan posting jurnal umum ke buku besar
utama.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

13 April 2011

Mobil Tawon


Mobil Tawon

Indonesia Jadi Sarang Tawon


Tawon akan tersedia dalam tiga varian, yaitu Tawon untuk angkutan umum, Tawon Deluxe untuk transportasi  sehari-hari,  dan Tawon lima pintu. varian khusus angkutan umum akan menggunakan bahan bakar gas (BBG) Elpiji. Sedangkan untuk varian Deluxe dan versi lima pintu tersedia dalam mesin berbahan bakar bensin.
“Kapasitas BBG-nya 30 liter. Kami sudah melakukan tes, konsumsinya satu liter untuk 15 km,”  tambah Koentjoro.Tawon versi angkutan umum dibandrol sekitar Rp 40 jutaan dan versi Deluxe dibandrol Rp 50 jutaan. 
 


Tawon dibekali mesin 644 cc bertenaga 20,6 kW pada 5.300 rpm dan torsi 49 Nm pada 2.700-3.300 rpm. Sayangnya mesin ini belum memenuhi standar emisi Euro2 yang ditetapkan pemerintah. "Kalau yang bensin memang belum, tapi dengan bantuan alat konverter bahan bakar dari bensin ke gas, Euro2 sudah bisa dicapai," tambah Dewa

Direktur Pemasaran PT Super Gasindo Jaya, Dewa Yuniardi menjelaskan kalau saat ini mereka sedang mengadakan sebuah lomba membuat desain aksesoris mobnas Tawon agar tampak lebih manis dan trendi.“Maksudnya desain aksesoris, tanpa merubah basic design (desain dasar) yang sudah ada. Penambahan itu biar Tawon kelihatan manis,” ungkapnya.


Lomba desain ini menurut Dewa dapat diikuti oleh masyarakat Indonesia tanpa dipungut biaya. Dengan batas akhir penerimaan desain pada tanggal 30 April 2011 jam 24.00 dan pemenangnya akan diumumkan pada 8 Mei 2011 mendatang.“Ada 3 pemenang yang akan diambil. Ada hadiahnya,” tandasnya lagi.Desain mobnas itu sendiri menurut Dewa haruslah orisinal dengan memperhatikan sisi estetika dan fungsionalitas. Gambar Tawon hasil desain lalu dibuat dalam format JPG dan PNG dengan tampilan tampak depan, samping, belakang dan keseluruhan serta dikirim melalui emaill ke mobiltawon@gmail.com.
Mungkin sebentar lagi Indonesia jadi sarangnya  tawon.  

Sumber terkait :
m.kompas.com/news/
detikOto
http://gustomobil.wordpress.com/