Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

22 March 2011

Silabus Semester 2 Economics X Grade


SILABUS

Nama Sekolah             : SMA Negeri 2 Depok                                                                                   Kelas / Program                                    : X
Mata Pelajaran            : Ekonomi                                                                                                        Semester                                              : 2       
Standar Kompetensi   :  4. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi
Alokasi                        : 6 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
4.1      Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro













4.2  Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
Ekonomi Mikro dan Makro
·   pengertian ekonomi mikro
dan ekonomi makro
·   perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro















Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
·     kemiskinan
·     pemerataan pendapatan





·   Mendeskripsikan pengertian
ekonomi mikro dan ekonomi makro melalui  kajian  referensi.
·   Mendiskusikan Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro di kelas
·   Menunjukan contoh dimasyarakat tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro dalam diskusi.
·   Menyimpulkan hasil diskusi tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro








·         Mengidentifikasi Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi melalui observasi lingkungan siswa. (kemiskinan,pemerataan pendapatan).
·         Mencari pemecahan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi dalam diskusi.
·         Mengkomunikasikan hasil diskusi.


·   Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan ekonomi makro

·   Mendeskripsikan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro
·   Memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro (misal usaha industri kecil) dan ekonomi makro (misal inflasi, pendapatan nasional dll)









·         Mengidentifikasi Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi (kemiskinan,pemerataan pendapatan).

·         Mencari pemecahan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.



Jenis tagihan:  pertanyaan lisan, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu,  tugas kelompok

Bentuk tagihan: uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas,
4 x 45 menit























2x45 menit




refrensi yang relevan
pada sumber bahan.




SILABUS

Nama Sekolah             : SMA Negeri 2 Depok                                                                       Kelas / Program           : X
Mata Pelajaran            : Ekonomi                                                                                            Semester                      : 2                                   
Standar Kompetensi   :  5. Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), Pendapatan Nasional (PN)
Alokasi                        : 8 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
5.1      Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN







5.2      Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional












5.3      Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain


5.4 Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi
Pendapatan Nasional
·     pengertian pendapatan nasional
§  konsep PDB, PDRB, PNB, PN(NNI), PI, dan DI
§  cara penghitungan pendapatan nasional

Perhitungan pendapatan nasional
§   manfaat perhitungan pendapatan nasional


§   menghitung pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran




PDB dan pendapatan perkapita
§  membandingkan PDB dan Pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain.

Inflasi
·     pengertian inflasi.
·     sebab dan cara mengatasi inflasi.
·     dampak inflasi











Indeks Harga
·     indeks harga konsumen dan produsen
·     menghitung inflasi dengan indeks harga








§  Merumuskan pengertian PDB, PDRB, PNB, PN(NNI), PI, pendapatan disposibel (DI), melalui pengkajian referensi
§  Menghitung pendapatan perkapita berdasarkan data BPS





§  Mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional dengan mengkaji sumber referensi di kelas



§  Menunjukan perbedaan  metode perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan produksi , pendapatan, dan pengeluaran melalui pengkajian referensi.







§  Mengkaji referensi untuk membandingkan PDB dan Pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain.


·     Mengkaji referensi  tentang  inflasi.
·     Mengidentifikasi sebab-sebab timbulnya inflasi dan cara mengatasinya melalui pengkajian referensi.
·         Mengumpulkan informasi terhadap pegawai negeri dan swasta di lingkungan sekitar siswa untuk mengetahui dampak inflasi yang mereka alami.                                 

·         Mencari data tentang perkembangan harga kebutuhan pokok di lingkungan siswa, dan menghitung inflasi dengan indeks harga produsen dan konsumen



§  Mendeskripsikan konsep PDB, PNB, PNN, PI, pendapatan disposibel (disposible income)

§  Menghitung  pendapatan per kapita.




§  Mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional




§  Menghitung pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran
§  Membedakan metode perhitungan pendapatan  nasional  dengan pendekatan  pendapatan, produksi dan pengeluaran.


§  Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita  Indonesia dengan negara lain.



§  Mendeskripsikan pengertian  inflasi.
§  Mengidentifikasi sebab-sebab timbulnya inflasi dan cara mengatasinya
§  Mengumpulkan informasi terhadap pegawai negeri dan swasta untuk mengetahui dampak inflasi .




·         Mendeskripsikan indeks harga konsumen dan produsen

·         Menghitung inflasi dengan indeks harga produsen dan konsumen.
Jenis tagihan: pertanyaan lisan, ulangan, tugas individu,  tugas kelompok
Bentuk tagihan; pilihan ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas.

















2 x 45 menit












2x45 menit



















2 x 45 menit





3 x 45 menit


refrensi yang relevan
pada sumber bahan.




SILABUS
Nama Sekolah             : SMA Negeri 2 Depok                                                                       Kelas / Program           : X
Mata Pelajaran            : Ekonomi                                                                                            Semester                      : 2                                   
Standar Kompetensi   :  6. Memahami konsumsi dan investasi
Alokasi                        : 10 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
6.1    Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan






6.2 Mendeskripsikan kurva permintaan investasi
Penerapan fungsi matematika dalam ekonomi
§  Fungsi Konsumsi
§  Fungsi Tabungan








§  Kurva Permintaan Investasi



§  Mengkaji referensi untuk menentukan harga, out put keseimbangan, laba / rugi dan produksi optimum dengan fungsi matematis dan dan menggunakan tabel dan grafik.


§  Mengkaji referensi tentang kurva permintaan investasi



·      Menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya
·      Menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya




·   Memberi contoh beberapa penggunaan fungsi matematis dan  statistik dalam analisis ekonomi


Jenis tagihan: ulangan, laporan individu atau kelompok
Bentuk tagihan; uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas.
6 x 45 menit











4 x 45 menit

refrensi yang relevan
pada sumber bahan.



SILABUS
Nama Sekolah             : SMA Negeri 2 Depok                                                                       Kelas / Program           : X
Mata Pelajaran            : Ekonomi                                                                                            Semester                      : 2                                   
Standar Kompetensi   :  7. Memahami uang dan perbankan
Alokasi                        : 8 x 45 menit

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
7.1    Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang






7.2    Membedakan peran bank umum dan bank sentral










7.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter
Permintaan dan penawaran uang
§  pengertian permintaan dan penawaran uang
§  faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang



Bank
§  pengertian bank
§  peran bank umum dan bank sentral
§  lembaga keuangan bukan bank




§  kredit.






Kebijakan pemerintah di bidang moneter
§  Kebijakan moneter.
·     Mendeskripsikan pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang melalui kajian referensi






·     Mendiskusikan jenis, fungsi, serta cara memanfaatkan produk bank dan lembaga keuangan lainnya dalam kehidupan sehari-hari melalui kajian referensi/studi lapangan.

·     Mengkaji referensi tentang pengertian kredit, persyaratan yang harus dimiliki calon penerima kredit, kebaikan  kredit dan keburukan kredit.



·     Merumuskan kebijakan moneter dengan mengkaji sumber bahan



§  Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran uang
§  Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang





·     Menguraikan fungsi bank sentral, bank umum, bank syariah dan bank perkreditan rakyat.
·     Mengidentifikasi cara-cara memanfaatkan produk bank  dalam kehidupan sehari-hari.
·     Mendeskripsikan konsep kredit.
·     Menguraikan persyaratan yang harus dimiliki calon penerima kredit ( 5 C).



·     Menentukan pengaruh jumlah uang beredar terhadap tingkat harga
·     Mendeskripsikan kebijakan  moneter
Jenis tagihan: ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu,  tugas kelompok
Bentuk tagihan; pilihan ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas,  portofolio.
2x 45 menit











4x 45 menit
















2x45 menit
refrensi yang relevan
pada sumber bahan.






Sumber bahan :
A.    Boediono. (1990), Ekonomi mikro, Yogyakarta: BPFE
B.     Hadjam, Adnan.(1984). Pengantar ekonomi mikro dan soal-soal latihan, Yogyakarta: BPFE.
C.     Samuelson, Paul A. & Nordhaus, Willam D. (1985). Economics, New York: McGraw-Hill Book Company.
D.    Sudarman, Ari, (1996). Teori ekonomi mikro, Jilid I, Yogyakarta: BPFE.
E.     Ace Partadiredja. (1985). Pengantar ekonomika. Yogyakarta: BPFE
F.      Danoewikarsa D. (1977). Tanya-jawab tentang koperasi. Jakarta: Departemen Koperasi.
G.    Dornbusch, R. and Fischer, S, (1992). Macroeconomics. (Terjemahan), Jakarta: Erlangga.
H.    Dumairy, (1996). Matematika terapan untuk bisnis dan ekonomi. Yogyakarta: BPFE.
I.       Irawan dan Suparmoko, M.,(1981). Ekonomi pembangunan. Yogyakarta: BPFE.
J.       Lindert, Peter H and Kindleberger, Charles P, (1986).  International economics. (Terjemahan), Jakarta: Erlangga.
K.    Naisbitt, John  (1994). Global Paradox (alih  bahasa:  Budijanto), Jakarta: Binarupa Aksara
L.     Nopirin, (1999). Ekonomi internasional. Yogyakarta: BPFE.
M.   Soediyono, R., (1987). Ekonomi internasional: Pengantar lalu-lintas pembayaran internasional. Yogyakarta: Liberty.
N.    Sukirno, Sadono, (1985). Ekonomi pembangunan: proses, masalah, dan dasar kebijaksanaan. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
O.    Bank Indonesia, sebuah pengantar, Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan, Agustus 2004
P.      Undang-undang Republik Indonesia nomor 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2004

No comments: