15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP1


UNIT 1                        EDUCATION                                                            (halaman 2 s.d 19)
 
BAHASA INGGRIS X RPP1

RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 1


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount dalam kehidupan sehari-hari
KOMPETENSI DASAR
Merespon dan mengungkapkan makna teks lisan fungsional pendek
Merespon makna mengungkapkan monolog dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
ASPEK PEMBELAJARAN
Menyimak
INDIKATOR
Mampu melengkapi teks rumpang dari monolog recount
Mampu menjawab pertanyaan terkait
Mampu mencocokkan percakapan dengan gambar
Mampu mengerjakan latihan tentang alphabet Bahasa Inggris
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks tulis dan lisan tentang biografi seseorang
Daftar pertanyaan mengenai teks tersebut
Teks lisan percakapan dan gambar percakapannya
Pengucapan alphabet Bahasa Inggris

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanya mengenai pendidikan di Indonesia
INTI
Siswa menyimak pengucapan alphabet Bahasa Inggris dan mengerjakan latihannya
Siswa mendengarkan teks lisan biografi Rahman untuk melengkapi teks dan menjawab pertanyaan
Siswa menyimak teks lisan percakapan untuk mencocokkannya dengan gambar
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanya mengenai kesulitan dalam mendengarkan teks lisan


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 5-7, 15-16
Material: VCD, kaset, poster


Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber

Model peraga

Lingkungan
 Pendidikan anak Indonesia
Metode
  

Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan
Daftar pertanyaan mengenai teks rumpang tertulis
Teks lisan percakapan dan gambar percakapannya
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar   : Merespon teks fungsional pendek dan teks monolog bentuk recount
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan tentang materi teks tulis

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
½
¼
0
Teks percakapan dengan gambar
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
2,25
0


Mengetahui,                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: