15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP30



BAHASA INGGRIS X RPP30
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 30


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dalam bentuk diskusi
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu menggunakan Have you ever?
Mampu melakukan Tanya jawab mengenai tempat wisata yang paling disukai temannya
Mampu mendiskusikan artikel Koran mengenai bom Bali
Mampu melakukan dialog menggunakan ungkapan simpati
Mampu melakukan dialog berdasarkan naskah
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Pertanyaan have you ever?
Tabel tempat wisata yang disukai
artikel Koran mengenai bom Bali
teks percakapan

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa menggunakan Have you ever?
Siswa melakukan tanya jawab mengenai tempat wisata yang paling disukai temannya
INTI
Siswa membaca artikel koran mengenai bom Bali dan mendiskusikannya
Siswa diajarkan ungkapan simpati dan melakukan dialog menggunakan ungkapan itu
Siswa melakukan dialog berdasarkan naska
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa membaca mengenai pengajuan visa dan mendiskusikan kemungkinan pertanyaan pada wawancara mendapatkan visa

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 8, 9, 14
Material: VCD, kaset, poster


Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan
 
Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
peragaan teks percakapan
wawancara mendapatkan visa
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar  : Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dalam bentuk diskusi
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
peragaan teks percakapan
Kalimat logis dan stuktur sempurna
Kalimat logis, kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Kalimat tidak logis
8-10
6-7

4-5
wawancara mendapatkan visa
Kalimat logis dan stuktur sempurna
Kalimat logis, kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Kalimat tidak logis
8-10
6-7

4-5

Mengetahui,                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: