15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP8



BAHASA INGGRIS X RPP8
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 8


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna esai dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dalam bahasa tulis
Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu membuat pohon keluarga
Mampu menuliskan kalimat yang sesuai berdasarkan gambar
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks mengenai pendidikan
Pohon keluarga
Teks tentang penjelasan struktur recount
Gambar keluarga

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang pendidikan yang didapat siswa

INTI
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks mengenai pendidikan
Siswa diperkenalkan beberapa gambar keluarga
Siswa menulis mengenai keluarga berdasarkan gambar
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai mengenai kosakata sukar

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





 √
Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 8, 14, 17-21
 √
Material: VCD, kaset, poster

 √
Media cetak dan elektronik

 √
Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
 √
Presentasi


Diskusi kelompok

 √
Inquari


PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
 √
Tes Tertulis
 √
Observasi Kinerja / Demonstrasi
 √
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pohon keluarga siswa dan pertanyaan terkait pohon keluarga siswa
Recount tentang pendidikan dan keluarga/ Daftar pertanyaan tentang teks yang berkaitan dengan tentang pendidikan dan keluarga
Gambar-gambar keluarga
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar     : Menyatakan makna teks fungsional pendek (undangan, iklan, pengumuman) dalam bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan tentang pohon keluarga (uraian)
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0


Mengetahui,                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: