15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP5



BAHASA INGGRIS X RPP4
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 4


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna esai dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dalam bahasa tulis
Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menulis recount berdasarkan struktur recount
Mampu menuliskan kalimat yang sesuai berdasarkan gambar
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks mengenai pendidikan
Teks tentang penjelasan struktur recount

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang cara menulis recount
Siswa ditanyai tentang pendidikan yang didapat siswa
INTI
Siswa mempelajari struktur recount
Siswa menjawab pertanyaan mengenai struktur recount
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa menulis satu recount

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





 √
Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 8, 14, 17-21
 √
Material: VCD, kaset, poster

 √
Media cetak dan elektronik

 √
Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
 √
Presentasi


Diskusi kelompok

 √
Inquari


PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
 √
Tes Tertulis
 √
Observasi Kinerja / Demonstrasi
 √
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Penulisan recount
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar     : Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dalam bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Penulisan recount
Penulisan sempurna sempurna
Kesalahan kecil pada struktur dan ejaan
Penulisan tidak sesuai struktur dan ejaan salah
8-10
6-7
4-5


Mengetahui,                                                                                                 ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

Administrasi PBM, Bahasa Inggris SMA X, RPP  Bahasa Inggris SMA X, Bahasa Inggris SMA X RPP5,



UNIT 2                        FAMILY LIFE                                                           (halaman 20 s.d 37)
 
BAHASA INGGRIS X RPP5

RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 5


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount dalam kehidupan sehari-hari
KOMPETENSI DASAR
Merespon dan mengungkapkan makna teks lisan fungsional pendek
Merespon makna mengungkapkan monolog dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
ASPEK PEMBELAJARAN
Menyimak
INDIKATOR
Mampu mengidentifikasi silent letter dari kosakata teks mengenai keluarga
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks lisan dan tulis mengenai keluarga


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa diminta mengucapkan beberapa kata yang mempunyai silent letter, seperti write dan listen.
INTI
Siswa mendengarkan teks tentang kelurga untuk mengidentifikasi silent letter yang terdapat pada teks
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanya mengenai kesulitan yang dialami dalam mengidentifikasi silent letter pada teks
Siswa diberikan saran mengenai cara mengidentifikasi silent letter

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 5-7, 15-16
Material: VCD, kaset, poster


Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber

Model peraga


Lingkungan

Metode
  

Presentasi


Diskusi kelompok

Inquari



PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan

Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi

Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Teks lisan dan tulis tentang keluarga
Daftar pertanyaan mengenai silent letter yang terdapat pada teks yang disimak
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar   : Merespon teks fungsional pendek dan teks monolog tentang keluarga
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan tentang silent letter yang terdapat pada teks tentang keluarga

Jawaban benar
Jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0




Mengetahui,                                                                                                 ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: