15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP34



BAHASA INGGRIS X RPP34
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 34


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dalam bentuk diskusi
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu berdiskusi tentang pertanyaan media massa
Mampu berdiskusi tentang news report
Mampu berdiskusi tentang acara televisi yang disensor
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Pertanyaan panduan untuk diskusi media massa
News report
Pertanyaan panduan untuk diskusi acara televisi yang disensor

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa diberikan pertanyaan panduan untuk diskusi media massa dan berdiskusi
INTI
Siswa membaca news report dan mendiskusikannya
Siswa diberikan pertanyaan panduan untuk diskusi acara televisi yang disensor dan berdiskusi

PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa membaca cerita pendek dan membuat dialog berdasarkan crita tersebut

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 8, 9, 14
Material: VCD, kaset, poster


Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan
 
Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Peragaaan diskusi menggunakan news report
Peragaan dialog berdasarkan cerita pendek
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar  : Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dalam bentuk diskusi
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen     :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Peragaaan diskusi menggunakan news report
Kalimat logis dan stuktur sempurna
Kalimat logis, kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Kalimat tidak logis
8-10
6-7

4-5
Peragaan dialog berdasarkan cerita pendek
Kalimat logis dan stuktur sempurna
Kalimat logis, kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Kalimat tidak logis
8-10
6-7

4-5


Mengetahui,                                                                                                 ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: