15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X Silabus 2


BAHASA INGGRIS X SILABUS 2

Silabus


Sekolah                                  : SMA...........
Kelas                                       : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran                   : Bahasa Inggris
Semester                              : 2 (Dua)
Standar Kompetensi         : Menyimak

  1. Memahami makna dalam  percakapan transaksional dan interpersonal resmi dalam konteks kehidupan sehari-hari


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
7.1  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: memuji, mengucapkan terima kasih, dan selamat.




7.2   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan

·         Teks lisan dan tulisan percakapan penjual dan pembeli di toko baju
-          Hello, sir. Can I help you?
-          Yes, please
-          I’m sorry, sir
·         Teks percakapan lisan dan tulis tentang Sari yang berbelanja di Harrods yang berisi ungkapan memuji dan berterimakasih,
-          Thank you.
-          Amazing…









·         Teks percakapan lisan dan tulis tentang Sari yang berbelanja di pinggir jalan yang berisi ungkapan memuji, mengucapkan terima kasih.
-          That’s amazing!
-          They’re only fraction of the price you’ll pay at the posh shop like Arrods.
-          Ave a look at these luvly andbags.
-          There you go, darling.





  • Siswa menyimak teks percakapan penjual dan pembeli di toko baju untuk memperbaiki urutan baris kalimat pada teks lisan.
  • Siswa membaca dan menyimak teks percakapan tentang Sari yang berbelanja di Harrods dan mengidentifikasi ungkapan memuji dan terima kasih. Kemudian, bermain peran menggunakan teks tersebut dan menjawab pertanyaan Benar/Salah terkait informasi teks tersebut.



  • Siswa membaca teks tentang Sari yang berbelanja di pinggir jalan, mengidentifikasi ungkapan memuji, mengucapkan terima kasih dan mengganti dialek khas penjual Inggris dengan Bahasa Inggris resmi.









·         Mampu membuat percakapan berdasarkan teks tersebut
  • Mampu mengidentifikasi kalimat-kalimat di teks tulis agar urutannya sesuai dengan teks lisan















  • Mampu mengidentifikasi kalimat-kalimat di teks tulis agar urutannya sesuai dengan teks lisan
  • Mampu mengganti dialek khas penjual Inggris dengan Bahasa Inggris resmi











Jenis tagihan:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
  • Teks percakapan.
  • Identifikasi teks













Jenis tagihan:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok
  • Ulangan

Bentuk instrumen:
  • Teks percakapan.


4x 45 menit





















4X 45 menit













a.      Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.      Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.      Gambar-gambar yang relevan














a.      Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.      Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.       Gambar-gambar yang relevan










Standar Kompetensi : Menyimak
  1. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narratif, news item dan desktiptif dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
8.1  Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

















8.2 Merespon makna dalam teks  monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narratif, news item, dan deskriptif.

·         Teks rumpang tentang sejarah perkembangan pakaian.
·         Teks tentang media massa
·         Teks rumpang news item.
·         Teks rumpang recount tentang keseharian Sharon Jones.
·         Teks rumpang tentang tempat-tempat wisata di dunia.






















·         Teks rumpang deskriptif mengenai Tourism.
·         Teks news item tulis yang salah dan teks news item yang benar pada teks lisan tentang Rowan Atkinson.
·         Teks naratif tentang petualangan Gurdeep dan teman-temannya naik roller coaster.





  • Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan dan menjawab pertanyaan terkait teks sejarah perkembangan pakaian.
·         Siswa membaca teks rumpang lisan dan tulis tentang media massa dan melengkapi rumpang yang ada dengan jawaban yang telah tersedia. Untuk mengisi rumpang, siswa harus menyimak teks lisan. Selanjutnya, siswa menjodohkan kosakata dengan definsinya.
  • Siswa melengkapi teks rumpang news item dengan melengkapi tabel jawaban yang telah disediakan dan menjawab pertanyaan mengenai Negara-negara asal teks pemberitaan news item.
  • Siswa melengkapi teks rumpang recount tentang keseharian Sharon Jones dengan menyimak teks yang lisan yang dibacakan sembari mengisi rumpang dengan kosakata yang tersedia
·         Siswa melengkapi rumpang dengan kosakata yang tersedia. Pengisian rumpang dilakukan dengan menyimak penjelasan teks lisan

·         Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan dan menjawab pertanyaan terkait teks deskriptif Tourism.
  • Siswa menyimak teks news item lisan tentang Rowan Atkinson untuk mencari kesalahan penulisan pada teks news item tulis.
  • Siswa menyimak teks tentang pengalaman Gurdeep dan teman-temannya naik roler coaster dan menjawab pertanyaan tentang teks tersebut.
  • Mampu menjawab pertanyaan terkait dengan informasi yang terdapat dalam teks
  • Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedian berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan dan mampu menjawab pertanyaan terkait teks
























  • Mampu menjawab pertanyaan terkait dengan informasi yang terdapat dalam teks
  • Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedian berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan dan mampu menjawab pertanyaan terkait teks
Jenis tagihan:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
  • Isian singkat
  • Uraian bebas
  • Identifikasi teks

























Jenis tagihan:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok
  • Ulangan

Bentuk instrumen:
  • Isian singkat
  • Uraian bebas
  • Identifikasi teks


6 x 45 menit

































6 x 45 menit


a.      Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.      Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.       Gambar-gambar yang relevan






















a.      Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.      Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.       Gambar-gambar yang relevan


Standar Kompetensi : Berbicara
  1. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
9.1.Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: memuji, berterimakasih, dan mengucapkan selamat

9.2.Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan malu, menyatakan  rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan
·         Teks percakapan penjual dan pembeli
·         Teks percakapan lisan dan tulis tentang Sari yang berbelanja di Harrods yang berisi ungkapan memuji dan berterimakasih.
-          Thank you.
-          Amazing…
  • Bertanya menggunakan Have you ever?
  • Informasi ungkapan simpati
  • Teks percakapan rumpang mengenai Stefan dan Mita yang berencana berlibur di Bali yang berisi ungkapan tawaran, undangan, dan ajakan.
-          Do you want to come and join us?
-          I’m not sure.
-          Yes, I’m sure.
·         Diskusi pertanyaan tentang media massa
·         Diskusi mengenai pertanyaan news report
·         Cerita pendek
·         Pertanyaan direct speech
·         Informasi mengenai want/desires
·         Informasi mengenai aplogise
·         Melakukan wawancara



  • Siswa membuat dialog berdasarkan naskah percakapan
  • Siswa membaca dan menyimak teks percakapan tentang Sari yang berbelanja di Harrods. Kemudian, bermain peran menggunakan teks tersebut dan menjawab pertanyaan Benar/Salah terkait informasi teks tersebut.
  • Siswa melakukan Tanya jawab menggunakan have you ever?
  • Siswa membuat dialog berdasarkan ungkapan simpati
  • Siswa membaca teks percakapan rumpang mengenai Stefan dan Mita yang berencana berlibur di Bali dan mempraktekkan percakapan tersebut dengan mengganti nama-nama tokohnya dengan nama teman.
  • Siswa berdiskusi menggunakan pertanyaan panduan mengenai media massa
  • Siswa berdiskusi menggunakan pertanyaan panduan mengenai news report yang tersedia
  • Siswa membaca cerita pendek dan membuat dialog berdasarkan ceriat pendek
  • Siswa melakukan Tanya jawab menggunakan pertanyaan yang tersedia. Pertanyaan dijawab dengan diret speech
  • Siswa melakukan Tanya jawab mengenai hal-hal yang ingin dilakukan di masa depan
  • Siswa membuat dialog menggunakan ungkapan apologise
  • Siswa melakukan wawancara dengan pihak terkait tema unit

·         Mampu melakukan membuat dialog berdasarkan naskah
·         Mampu melakukan Tanya jawab dengan teman
·         Mampu membuat dialog menggunakan ungkapan-ungkapan yang diminta
·         Mempu melakukan diskusi dan mengerluarkan pendapat

Jenis tagihan:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
  • Uraian bebas
  • Identifikasi teks














8 x 45 menit























a.      Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.      Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.       Gambar-gambar yang relevan





























Standar Kompetensi : Berbicara
  1. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk  narratif, news item dan desktiptif dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
10.1    Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari










10.2    Mengungkapkan makna dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dalam teks berbentuk: narratif, news item dan desktiptif
·         Teks mengenai tempat wisata
·         Teks item tentang news report
·         Mengisi formulir untuk mengajukan visa
·         Teks report tentang televisi.


















·         Teks news item mengenai peragaan busana di Bali dan pertanyaan panduan mengenai hal ini
·         Teks news item tentang kegiatan pariwisata di Bali pasca tragedi bom Bali.
·         Teks news items tentang headline di surat kabar







  • Siswa berdiskusi mengenai 5 tempat wisata
  • Siswa membaca news report dan mendiskusikannya dengan temannya
·         Siswa mengisi formulir untuk mengajukan visa dan mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan sulit yang terdapat pada formulir tersebut. Kemudian, siswa membuat situasi rekaan tentang wawancara untuk mendapatkan visa.
·         Siswa membaca teks report tentang televise dan mendiskusikan teks tersebut dengan temannya. Kemudian, siswa mendiskusikan alasan suatu tayangan televise disensor.

·         Siswa membaca teks news item mengenai peragaan busana di Bali dan mendiskusikan hal ini dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan  panduan yang disediakan
  • Siswa mendiskusikan teks news item tentang kegiatan pariwisata di Bali pasca tragedi bom Bali.
  • Siswa membaca teks news item tentang headline di surat kabar dan membuat dialog untuk dipraktekkan dengan temannya.
  • Mampu melakukan percakapan / diskusi berdasarkan informasi tertulis yang diberikan.
  • Mampu membuat wawancara rekaan untuk mendapatkan visa



















  • Mampu melakukan percakapan / diskusi berdasarkan informasi tertulis yang diberikan.
  • Melakukan membuat dialog berdasarkan naskah


Jenis tagihan:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
  • Uraian bebas
  • Identifikasi teks
  • Teks dialog















Jenis tagihan:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok
  • Ulangan

Bentuk instrumen:
  • Uraian bebas
  • Identifikasi teks
  • Teks dialog



6  x 45 menit























6  x 45 menit


a.      Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.      Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.       Gambar-gambar yang relevan















a.      Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.      Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.       Gambar-gambar yang relevan


Standar Kompetensi : Membaca
11.               Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk   narrative, spoof  dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
11.1          Merespon makna dalam teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan


















































































































11.2          Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk   naratif, deskriptif, dan news item.
·           Teks rumpang tentang sejarah perkembangan pakaian, pertanyaan mengenai teks, latihan kosakata dan referen pada teks.
·           Email deskripsi mengenai Harrods yang dikirim Sari pada teman-temannya
·           Teks percakapan penjual dan pembeli
·           Peta letak barang-barang di Harrods.
·           Teks tentang objek-objek wisata di dunia.
·           Kartu pos mengenai cerita teman yang berlibur.
·           Pengumuman mengenai keberangkatan pesawat di Bandar udara
·           Membaca formulir pengajuan visa dan pertanyaan mengenai hal ini
·           Teks report mengenai televise dan latihan kosakata.
·            Teks percakapan rumpang reporter dan pemelajar
·           Teks mengenai autocue dan latihan kalimat berterima/tidak berterima
·           Teks rumpang recount mengenai Sharon Jones.
·           Teks rumpang percakapan Sharon dan Putri.
·           Teks mengenai polusi, pertanyaan terkait teks, dan latihan kosakata.
·           Teks rumpang mengenai polusi udara, pertanyaan terkai  teks kosakata dan referen
·           Wacana singkat mengenai gas rumah kaca dan pertanyaan teks  
·           Teks mengenai pemanasan global dan pertanyaan referen
·           Tabel mengenai polite conversation
·           Latihan kalimat berterima/tidak berterima
·           Pemelajaran mengenai:
-       Present perfect tense
-       Present perfect continuous tense
·           Pemelajaran mengenai:
-       Offer/request
-       Sympathy
-       Relative/time clauses
-       Direct/reported speech
-       Congratulate/praise
-       Wants/desires
-       apologize
-       latihan soal
-       membuat dialog menggunakan ungkapan







































































































·           Teks news item tentang bom bali dan pertanyaan terkait teks
·           Teks deskriptif mengenai orang-orang yang berjemur dan pertanyaan terkait teks
·           Teks news item dari dua Koran berbeda.
·           Teks news item rumpang mengenai siaran televisi, pertanyaan Benar/Salah, latihan kosakata
·           Teks naratif mengenai pengalaman Gurdeep dan teman-temannya naik roller coaster dan pertanyaan terkait teks

  • Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan dan menjawab pertanyaan terkait teks sejarah perkembangan pakaian. Kemudian, siswa menjodohkan kosakata dengan definsinya, dan berlatih kata-kata referen yang terdapat dalam teks.
  • Siswa membaca email yang ditulis Sari dan mengidentifikasi penggunaan adjektiva, adverbial untuk mendeskripsikan Harrods.
  • Siswa mengidentifikasi tempat terjadinya percakapan singkat antara penjual dan pembli dan menjawb pertanyaan tentang percakapan tersebut.
  • Siswa mencermati peta Harrods, menjawab pertanyaan mengenai peta tersebut, dan mengerjakan latihan rute bersama teman.
  • Siswa membaca pengumuman keberangkatan pesawat dan mengidentifikasi jenis bahasa yang digunakan (Inggris formal).
  • Siswa membaca formulir pengajuan visa dan menjodohkan kosakata yang terdapat dalam teks dengan definisnya. Kemudian, siswa menjodohkan jenis pertanyaan pada formulir visa dengan pertanyaan WH question. 
  • Siswa membaca teks mengenai televise dan menjodohkan kosakata mengenai teks ini dengan definisnya.
  • Siswa membaca teks rumpang percakapan antara reporter dan pemelajar dan melengkapinya dengan kosakata yang tersedia.
  • Siswa membaca mengenai autocue dan mengerjakan latihan mengenai kalimat yang berterima dan tidak berterima.
  •  Siswa membaca teks rumpang recount mengenai Sharon Jones dan menjawab pertanyaan tentang teks tersebut. Kemudian siswa mengecek jadwal Sharon.
  • Siswa membaca teks rumpang percakapan Sharon dan Putri dan membandingkan system kala yang digunakan.
  • Siswa membaca teks mengenai polusi, menjawab pertanyaan terkait teks tersebut, menjodohkan kosakata dengan definisinya.
  • Siswa membaca teks rumpang mengenai polusi udara, melengkapi rumpang dengan kosakata yang tersedia, menjawab pertanyaan mengenai teks tersebut, menjodohkan kosakata dengan definsinya, mencari referensi penggunaan “their, these, this, they, it, dan which”.
  • Siswa membaca wacana singkat mengenai gas rumah kaca dan menjawab pertanyaan mengenai teks tersebut.
  • Siswa membaca teks mengenai pemanasan global, menjawab pertanyaan terkait teks ini, dan mencari referensi “which, they, it, this”’.
  • Siswa mencocokkan pertanyaan dan respon untuk membuat polite conversation
  • Siswa mengerjakan latihan kalimat berterima/tidak berterima
  • Siswa membaca penejelasan mengenai present perfect tense dan present continuous tense. Kemudian, siswa mengerjakan latihan penggunaan kedua kala tersebut pada teks rumpang dan menulis wacana yang menggunakan kedua kala tersebut. 
  • Siswa membaca penjelasan mengenai offer/request dan membuat dialog menggunakan ungakapan tersebut.
  • Siswa membaca penjelasan mengenai ungkapan sympathy dan membuat dialog yang menggunakan ungkapan sympathy.
  •  Siswa membaca penejelasan mengenai relative clauses dan time clauses. Kemudian, siswa menulis sebuah artikel dan mengerjakan latihan yang menggunakan kedua klausa tersebut.
  • Siswa membaca penejelasan mengenai direct/reported speech dan mengerjakan latihan penggunaan reported speech. Selanjutnya, siswa menulis pengalaman Putri dalam bentuk reported speech.
  • Siswa membaca penejelasan mengenai congratulate dan praise.
  • Siswa membaca penejelasan mengenai wants/desires dan mengerjakan latihan penggunaannya.
  • Siswa membaca penejelasan mengenai ungkapan apologize dan membuat dialog yang menggunakan ungkapan ini.


  • Siswa membaca teks news item mengenai tragedi bom Bali dan menjawab pertanyaan mengenai teks tersebut.
  • Siswa membaca teks deskriptif mengenai orang-orang yang berjemur dan menjawab pertanyaan mengenai teks ini.
·           Siswa membaca dan membandingkan gaya penulisan news item yang berasal dari dua Koran berbeda. Kemudian, menjawab pertanyaan mengenai hal ini.
  • Siswa membaca teks rumpang news item mengenai siaran televise, dan melengkapi rumpang dengan kosakata yang tersedia. Kemudian, siswa menjawab pertanyaan Benar/Salah mengenai teks ini dan menjodohkan kosakata dengan definsinya.
  • Siswa membaca teks naratif mengenai pengalaman Gurdeep dan teman-temannya naik roller coaster dan menjawab pertanyaan mengenai teks tersebut.

·         Mampu menjawab pertanyaan terkait teks.
·         Mampu mengisi rumpang.
·         Mampu mencocokkan kosakata dengan definisinya.
·         Mampu membuat referen penggunaan “this, that, it, they, which”.
·          Mampu mengidentifikasi adverbial, adjektiva, dan verba bentuk lampau.
·         Mampu mengidentifikasi ragam bahasa berterima dan tidak.
·         Mampu membaca peta
·         Siswa mampu mengidentifikasi kalimat berterima/tidak berterima
·         Mampu membuat pertanyaan dan jawaban positif/negative dari system kala yang dipelajari.




















































































































































·         Mampu menjawab pertanyaan terkait teks.
·         Mampu mengisi rumpang.
·         Mampu mencocokkan kosakata dengan definisinya.
·         Mampu membandingkan ragam bahasa tulis dari dua Koran berbeda
·         Mempu mencari definisi kosakata














Jenis tagihan:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
  • Uraian bebas
  • Teks percakapan menggunakan ungkapan tertentu
  • Artikel menggunakan kala tertentu
  • Pilihan ganda
  • Jawaban singkat

































































































































































Jenis tagihan:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok
  • Ulangan

Bentuk instrumen:
  • Uraian bebas
  • Teks percakapan menggunakan ungkapan tertentu
  • Artikel menggunakan kala tertentu
  • Pilihan ganda
  • Jawaban singkat

8x 45 menit















































































































































































6x 45 menit



























a.      Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.      Teks pendek
c.       Poster, banner, pamphlet
d.      Gambar-gambar yang relevan
e.      Internet, media cetak




































































































































































a.      relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.      Teks pendek
c.       Poster, banner, pamphlet
d.      Gambar-gambar yang relevan
e.      Internet, media cetak



Standar Kompetensi : Menulis
  1. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk naratif, deskriptif, dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
     12.1 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  (misalnya iklan, undangan, pengumuman, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.






























12. 2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dalam teks berbentuk:  naratif, deskriptif, dan news item.
  • Gambar-gambar pakaian
  • Teks percakapan penjual dan pembeli di toko baju.
  • Surat untuk editor
  • Surat lamaran pekerjaan
  • Teks  tentang berjemur matahari
  • Informasi present perfect dan present perfect tense
  • Hal-hal yang harus dilakukan sebelum bepergian
  • Teks mengenai perbincangan Putri dan Sharon mengenai sekolah gratis
  • Informasi mengenai direct/reported speech




































  • Informasi mengenai struktur teks dan struktur bahasa teks deskriptif dan gambar-gambar objek wisata dunia
  • Informasi mengenai struktur teks dan struktur bahasa teks news item.
  • Informasi mengenai stuktur teks dan struktur bahasa teks naratif
·         Siswa menuliskan nama-nama pakaian yang ada digambar dan yang dikenakan oleh orang-orang pada gambar.
·         Siswa membuat akhir percakapan antara penjual dan pembeli di toko baju.
·         Siswa menulis surat untuk editor sesuai dengan format yang disarankan
·         Siswa mengerjakan teks rumpang surat lamaran pekerjaan dan melengkapi rumpangnya dengan kosakata yang tersedia. Selanjutnya, siswa membuat surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan lowongan pekerjaan.
·         Siswa membaca teks mengenai berjemur matahari dan membuat poster bertema how to keep yourself safe in the sun.
·         Siswa diajarkan tentang present perfect tense dan present perfect continuous dan menulis tentang keluarga menggunakan present perfect tense dan present perfect continuous  
·         Siswa mengisi tabel hal-hal yang harus dilakukan sebelum bepergian
·         Siswa membaca teks mengenai perbincangan Putri dan Sharon mengenai sekolah gratis dan menuliskan hasil diskusinya.
·         Siswa diminta mengubah teks upacara dari direct speech menjadi reported speech


·         Siswa membaaca informasi mengenai stuktur teks dan struktur bahasa teks deskriptif dan menulis kartu pos yang mendeskripsikan keindahan objek-objek wisata pada gambar
·         Siswa membaca penjelasan mengenai Informasi mengenai struktur teks dan struktur bahasa teks news item dan menulis teks news item sesuai struktur yang dipelajari.
·         Siswa menulis teks naratif tentang perjalanan liburan yang pernah dialami berdasarkan struktur teks naratif yang telah dipelajari.
·         Mampu menuliskan nama-nama pakaian
·         Mampu membuat poster how to keep yourself safe in the sun
·         Mampu menulis surat pada editor
·         Mampu menulis surat lamaran pekerjaan
·         Mampu menulis deskripsi menggunakan tenses yang diminta
·         Mampu mengisi tabel tentang hal-hal yang harus dilakukan









































·         Mampu menulis surat dalam bentuk kartu pos yang mendeskripsikan keindahan objek-obejk wisata
·         Mampu membuat teks news item
·         Mampu membuat teks
Naratif


Jenis tagihan:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok


Bentuk instrumen:
  • Teks naratif
  • Teks deskriptif
  • Teks news item
  • Uraian bebas
  • Pilihan ganda
  • Jawaban singkat











































Jenis tagihan:
  • Tugas individu
  • Tugas kelompok
  • Ulangan

Bentuk instrumen:
  • Teks naratif
  • Teks deskriptif
  • Teks news item
  • Uraian bebas
  • Pilihan ganda
  • Jawaban singkat











6 X 45 menit






















































6 X 45 menit

a.    Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.    Gambar-gambar / foto, poster, banner, pamphlet yang relevan
c.    Internet, media cetak









































a.   Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XI, Esis 2008
b.    Gambar-gambar / foto, poster, banner, pamphlet yang relevan
c.    Internet, media cetak







Mengetahui:
Kepala ....................................................                                                                                                                            Guru Mata Pelajaran,





NIP                                                                                                                                                                                         NIP

No comments: