15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP32



BAHASA INGGRIS X RPP32
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 32


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna esai dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dalam bahasa tulis
Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, deskriptif, dan news item
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menulis kartu pos mengenai tempat-tempat wisata
Mampu menulis wacana mengenai keluarga menggunakan present perfect dan present perfect continuous
Mampu menulis instruksi hal-hal harus dikerjakan sebelum bepergian
Mampu membuat poster “how to keep yourself in the sun”
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Gambar tempat wisata
Informasi mengenai penggunaan present perfect dan present perfect continuous
Tabel hal-hal yang harus dilakukan sebelum bepergian
Teks mengenai berjemur di pantai

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang pengalaman berlibur
 INTI
Siswa diberikan gambar tempat wisata dan diminta menulis kartu pos dari tempat wisata
Siswa diajari tentang present perfect dan present perfect tense dan menulis tentang keluarga menggunakan present perfect dan present perfect tense
Siswa diminta mengisi hal-hal yang harus dilakukan sebelum bepergian

PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa membuat poster “how to keep yourself in the sun”



METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





 √
Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 8, 14, 17-21
 √
Material: VCD, kaset, poster

 √
Media cetak dan elektronik

 √
Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
 √
Presentasi


Diskusi kelompok

 √
Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
 √
Tes Tertulis
 √
Observasi Kinerja / Demonstrasi
 √
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
menulis kartu pos mengenai tempat-tempat wisata
membuat poster “How to keep yourself safe in the sun
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar     : Menyatakan makna teks fungsional pendek (undangan, iklan, pengumuman) dalam bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
menulis kartu pos mengenai tempat-tempat wisata
Penulisan sempurna
Kesalahan kecil pada struktur dan ejaan
Penulisan tidak sesuai struktur dan ejaan salah
8-10
6-7

4-5
membuat poster “How to keep yourself safe in the sun
Ide dan ejaan sempurna
Ide baik, kesalahan kecil pada struktur dan ejaan
Ide tidak sesuai, struktur dan ejaan salah
8-10
6-7

4-5


Mengetahui,                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: