SOSIOLOGI IX RPP 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah
Mata Pelajaran : IPS Sosiologi
Kelas/Semester : IX / I ( Satu)
Standar Kompetensi : 3. Memahami perubahan sosial budaya
Indikator : -Mendefinisikan pengertian perubahan kebudayaan
-Menjelaskan perubahan sosial
-Menjelaskan perubahan sosial budaya
-Menjelaskan perubahan sosial budaya di dalam masyarakat
Alokasi waktu : 3 x 40’
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1. Memahami pengertian perubahan kebudayaan
2. Mendeskripsikan perubahan sosial
3. Memahami perubahan sosial budaya
4. Memahami perubahan sosial budaya di dalam masyarakat
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian perubahan kebudayaan
2. Perubahan sosial
3. Perubahan sosial budaya
4. Perubahan sosial budaya di dalam masyarakat
C. Metode
Ceramah dengan variasi tanya jawab, analisis, penugasan dan diskusi kelas.
D. Langkah-langkah Pembelajaran
1.Pertemuan I :
No | Kegaiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1 2 3 | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran b. Memotivasi Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. Kegiatan Inti : a. Mengadakan kajian perubahan kebudayaan dan sosial. b. Membagi siswa dalam kelompok c. Menugaskan siswa melakukan presentasi di kelas. d. Meminta tanggapan kelompok lain. e. Guru menyimpulkan perubahan kebudayaan dan sosial Penutup a. Mengadakan post test. b. Guru memberi tugas siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya | 5 menit 30 menit 5 menit | |
2.Pertemuan II :
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1 2 3 | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya. c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai Kegiatan Inti : a. Membentuk kelompok. b. Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tentang perubahan sosial budaya. c. Meminta siswa presentasi di kelas. d. Meminta tanggapan dari kelompok lain. e. Guru menyimpulkan tentang Perubahan sosial budaya. Penutup a. Mengadakan post test. b. Memberi tugas berupa pengamatan terhadap masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan minggu berikutnya. | 5 menit 30 menit 5 menit | |
3.Pertemuan III :
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1 2 3 | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya. c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai Kegiatan Inti : a. Membentuk kelompok. b. Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tentang Sebab-sebab Perubahan Sosial Budaya di dalam Masyarakat . c. Meminta siswa presentasi di kelas. d. Meminta tanggapan dari kelompok lain. e. Guru menyimpulkan tentang Perubahan sosial budaya di dalam masyarakat Penutup a. Mengadakan post test. b. Memberi tugas berupa pengamatan terhadap masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan minggu berikutnya. | 5 menit 30 menit 5 menit | |
E. Alat/Sumber Pembelajaran
· Buku teks IPS Sosiologi, untuk SMP dan MTs kelas IX (esis, 2007), hlm 1 – 19.
· Media massa (koran, majalah) dan buku-buku lain yang relevan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Transparan
3. OHP
4. Power point
C. Penilaian
1. Test pilihan ganda (hlm. 19)
2. Jawaban singkat (hlm. 19)
3. Rubrik penilaian (hlm. 20)
4. Unjuk kerja (hlm. 21)
5. Produk (hlm. 21)
Contoh :
Bagian 1 : Pilihan Ganda
Silanglah salah satu jawaban yang paling benar !
1. Perubahan sosial adalah segala perubahan pada lembaga-lembaga
Kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi system sosialnya, di dalamnya termasuk nilai, sikap dan pola prilaku diantara kelompok dalam masyarakat. Definisi ini dikemukakan oleh ….
a. Selo Soemardjan c. Herbert Spencer
b. Mac Iver d. Kingsley Davis
2. Semua aktivitas manusia yang berkaitan dengan religi berdasarkan pada
getaran jiwa disebut ….
a. emosi keagamaan c. kepercayaan kepada Tuhan
b. keyakinan keagamaan d. system religi
3. Tempat yang sering dianggap sebagai tempat kelahiran pengetahuan barat
adalah ….
a. Mesir c. Yunani
b. Mesopotamia d. Romawi
4. Celana panjang dahulu digunakan oleh anak laki-laki saja, sekarang anak
perempuan yang menggunakan celana panjang dianggap sebagai suatu hal
yang biasa. Ini menunjukkan adanya perubahan ….
a. lapisan sosial c. sosial budaya
b. lembaga sosial d. kelompok sosial
5. Perubahan yang terjadi pada model pakaian dan perubahan gaya arsitektur
merupakan perubahan ….
a. tidak direncanakan c. datang dari luar
b. tidak dikehendaki d. perubahan besar
Bagian 2 : Jawaban singkat
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat !
1. Sistem pelapisan sosial pada masyarakat Hindu di India disebut ….
2. Pada revolusi sosial pertama, tidak semua orang memproduksi makanan, pembagian kerjapun muncul. Hal ini mendorong munculnya ….
3. Tokoh yang mengemukakan teori mengenai paguyuban dan petembayan adalah ….
4. Pergeseran sikap dan entalitas dari masyarakat pertanian menjadi industri disebut ….
5. Pada masyarakat industri, terdapat kelompok-kelomok yang dipersatukan oleh ….
Bagian 3 : Rubrik penilaian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini! Tulislah jawabanmu dalam bentuk karangan dengan memperhatikan hal-hal yang dinilai dalam bentuk rubrik penilaian!
1. Terangkan mengenai konsep gemeinschaft dan gesselschaft!
2. Tuliskan sebuah karangan mengenai contoh perubahab social yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari kalian!
Bagian 4 : Unjuk Kerja
Wawancarailah orang tua kalian masing-masing. Apa yang berubah dari
kehidupan yang mereka alami dahulu dengan yang sekarang!
Bagian 5 : Produk
Buatlah sebuah percobaan dalam membuat makanan yang merupakan perpaduan
antara budaya yang berasal dari luar dan Indonesia! Kemudian biarkan teman-
temanmu mencoba dan memberikan komentar!
………………, Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
No comments:
Post a Comment