SOSIOLOGI IX RPP 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : IPS Sosiologi
Kelas/Semester : IX / I ( Satu)
Standar Kompetensi : 3. Memahami perubahan sosial budaya
Indikator : - Siswa menjelaskan Pengertian Globalisasi
- Siswa menjelaskan ciri-ciri globalisasi
- Siswa menjelaskan dampak globalisasi terhadap masyarakat
- Siswa menjelaskanPrilaku masyarakat dalam perubahan sosial
budaya di era global
- Siswa menjelaskan Bagaimana menyikapi global
Alokasi waktu : 5 x 40’
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1. Memahami menjelaskan Pengertian Globalisasi
2. Memahami menjelaskan ciri-ciri globalisasi
3. Memahami menjelaskan dampak globalisasi terhadap masyarakat
4. Memahami menjelaskanPrilaku masyarakat dalam perubahan sosial budaya di era global
5. Memahami menjelaskan Bagaimana menyikapi global
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Globalisasi
2. Ciri-ciri globalisasi
3. Dampak globalisasi terhadap masyarakat
4. Prilaku masyarakat dalam perubahan sosial budaya di era global
5 Bagaimana menyikapi global
C. Metode
Ceramah dengan variasi tanya jawab, analisis, penugasan dan diskusi kelas.
D. Langkah-langkah Pembelajaran
1.Pertemuan I :
No | Kegaiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1 2 3 | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran b. Memotivasi Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. Kegiatan Inti : a. Mengadakan kajian tentang Pengertian Globalisasi b. Membagi siswa dalam kelompok c. Menugaskan siswa melakukan presentasi di kelas. d. Meminta tanggapan kelompok lain. e. Guru menyimpulkan tentang Pengertian Globalisasi Penutup a. Mengadakan post test. b. Guru memberi tugas siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya | 5 menit 30 menit 5 menit | |
2.Pertemuan II :
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1 2 3 | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya. c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai Kegiatan Inti : a. Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan Ciri-ciri globalisasi b. Meminta siswa presentasi di kelas. c. Meminta tanggapan dari kelompok lain. d. Guru menyimpulkan tentang Ciri-ciri globalisasi Penutup a. Mengadakan post test. b. Memberi tugas berupa pengamatan terhadap masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan minggu berikutnya. | 5 menit 30 menit 5 menit | |
3. Pertemuan III :
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1 2 3 | Pendahuluan d. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) e. Memotivasi Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya. f. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai Kegiatan Inti : a. Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan Dampak globalisasi terhadap masyarakat b. Meminta siswa presentasi di kelas. c. Meminta tanggapan dari kelompok lain. d. Guru menyimpulkan tentang Dampak globalisasi terhadap masyarakat Penutup a. Mengadakan post test. b. Memberi tugas berupa pengamatan terhadap masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan minggu berikutnya. | 5 menit 30 menit 5 menit | |
4. Pertemuan IV :
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1 2 3 | Pendahuluan g. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) h. Memotivasi Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya. i. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai Kegiatan Inti : a. Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan Prilaku masyarakat dalam perubahan sosial budaya di era global b. Meminta siswa presentasi di kelas. c. Meminta tanggapan dari kelompok lain. d. Guru menyimpulkan tentang Prilaku masyarakat dalam perubahan sosial budaya di era global Penutup a. Mengadakan post test. b. Memberi tugas berupa pengamatan terhadap masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan minggu berikutnya. | 5 menit 30 menit 5 menit | |
5. Pertemuan V :
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1 2 3 | Pendahuluan j. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) k. Memotivasi Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya. l. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai Kegiatan Inti : a. Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan Bagaimana menyikapi global b. Meminta siswa presentasi di kelas. c. Meminta tanggapan dari kelompok lain. d. Guru menyimpulkan tentang Bagaimana menyikapi global Penutup a. Mengadakan post test. b. Memberi tugas berupa pengamatan terhadap masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan minggu berikutnya. | 5 menit 30 menit 5 menit | |
E. Alat/Sumber Pembelajaran
· Buku teks IPS Sosiologi, untuk SMP dan MTs kelas IX (esis, 2007), hlm 69 – 77.
· Media massa (koran, majalah) dan buku-buku lain yang relevan.
F. Media
1. Papan tulis 3. OHP
2. Transparan 4. Power point
G. Penilaian
1. Test pilihan ganda (hlm. 77)
2. Jawaban singkat (hlm. 78)
3. Rubrik penilaian (hlm. 78)
4. Unjuk kerja (hlm. 79)
5. Portofolio (hlm. 80)
Contoh :
Bagian 1 : Pilihan Ganda
Silanglah salah satu jawaban yang paling benar !
1. Globalisasi berasal dari kata globe yang artinya adalah ….
a. bola dunia c. dunia
b. jagad raya d. Alam semesta
2. Perkenbangan di segala bidang terjadi setelah adanya ....
a. Revolusi Perancis c. Revolusi industri
b. Revolusi hijau d. Revolusi Agraria
3. Dampak globalisasi terhadap perdagangan antarnegara adalah ....
a. pasar terjadi tanpa rintangan btas negara
b. tersebarnya nilai-nilai budaya tertentu ke seluruh dunia
c. manusia menjadi tergantung pada teknologi
d. adanya paham demokrasi yang mulai dipahami orang Indonesia
4. Tokoh yang mengatakan bahwa globalisasi adalah masalah kehidupan modern
yang tidak terhindarkan adalah ....
a. Hannerz c. Giddens
b. Sztompka d. Kennedy dan Cohen
5. Perkembangan internet yang semakin maju merupakan dampak globalisasi di
bidang ....
a. teknologi c. informasi
b. kebudayaan d. transpotasi
Bagian 2 : Jawaban singkat
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat !
1. Gejala gemar berdemo untuk menuntut sesuatu muncul dalam masyarakat kita
karena kita sekarang berada di alam yang demokratis, di mana kita bebas
mengeluarkan pendapat. Hal tersebut merupakan dampak globalisasi di bidang
....
2. Golongan yang menganggap bahwa globalisasi sudah dibesar-besarkan, namun
kita tidak boleh menolak keberadaan konsep ini adalah golongan ....
3. Adanya penemua teknologi dang alat transportasi memudahkan pendistribusian
barang dalam perdagangan. Hal itu disebabkan pada zaman dahulu
perdagangan terhalangi oleh ....
4. Tokoh yang mengatakan bahwa globalisasi berkaitan dengan cara pandang
seseorang memahami dunia, dunia lokal mereka sendiri, dan dunia secara
keseluruhan yang sedang mengalami perubahan adalah ....
5. Konsep yang menjelaskan bahwa globalisasi dimulai dari adanya perdagangan
antarnegeri melalui jalur darat disebut ....
Bagian 3 : Rubrik penilaian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini! Tulislah jawabanmu dalam bentuk karangan dengan memperhatikan hal-hal yang dinilai dalam bentuk rubrik penilaian!
1. Gambarkan situasi/keadaan yang terjadi dalam dunia perdagangan dan
hubungan antarnegara seandainya teknologi tidak pernah ditemukan!
2. setujukah anda dengan kutipan berikut? Berikan alasannya!
”Perkembangan dunia tidak merata, negara-negara industri menduduki posisi
dominan, sedangkan negara dunia ketiga secara ekonomis bergantng padanya”
(Giddens)
Bagian 4 : Unjuk Kerja
Bentuklah sebuah kelompok yang terdiri atas 5 orang! Buatlah sebuah sandiwara
yang berasal dari cerita rakyat di Indonesia. Kemudian padukan dengan
kebudayaan barat, misalnya musik, pakaian serta bahasa yang digunakan! Setelah
itu, perankan sandiwara itu di depan kelas!
Bagian 5 : Portofolio
Buatlah sebuah model pakaian yang sedang tren saat ini dengan menggunakan bahan pakaian tradisional, seperti batik, ulos, dan lain-lain!
………………, Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
No comments:
Post a Comment