SILABUS
Sekolah : SMP
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : Sosiologi
Semester : I – II
Standar Kompetensi : 3. Memahami masalah penyimpangan sosial
6. Memahami pranata & penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Waktu | Sumber Pembelajaran | ||
Teknik | Bentuk | Contoh Instrumen | ||||||
3.1Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial ( miras, judi, Narkoba, HIV/AIDS, PSK, dsb). sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga & masyarakat 3.2Mengidentifikasikan berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga & masyarakat. 6.1Mendiskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial 6.2Mendiskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat. 6.3Mendiskripsikan upaya pengendalian penyimpangan sosial. | - Pengertian penyimpangan sosial. - Sebab-sebab penyimpangan sosial. - Macam-macam penyimpangan sosial. - Dampak penyimpangan sosial. - Sikap terhadap pelaku penyimpangan sosial - Upaya mencegah penyimpangan sosial dalam keluarga. - Upaya mencegah penyimpangan sosial di masyarakat. - Proses Asosiatif - Proses Disosiatif - Pengertian pranata sosial. - Proses timbulnya pranata sosial. - Fungsi pranata sosial. - Karakteristik pranata sosial. - Tipe-tipe pranata sosial. - Macam-macam pranata sosial. - Pengertian pengendalian sosial. - Sifat pengendalian sosial. - Cara-cara Pengendalian sosial. | - Menguraikan pengertian penyimpangan sosial dan penyebabnya. - Mampu menjelaskan macam-macam penyimpangan sosial. -Mendiskripsikan dampak penyimpangan sosial. - Mampu berpendapat dalam mananggapi adanya penyimpangan sosial. - Menjelaskan upaya mencegah penyimpangan sosial di keluarga & masyarakat. - Mendeskripsikan sarana-sarana pencegahan penyimpangan sosial. - Menguraikan bentuk-bentuk hubungan sosial. - Mendeskripsikan faktor pendorong terjadinya hubungan sosial. - Menjelaskan dampak-dampak hubungan sosial. - Menjelaskan pengertian pranata sosial. - Menguraikan proses terbentuknya pranata sosial. - Mendiskripsikan fungsi dari pranata sosial. - Mendeskripsikan karakteristik dari pranata sosial. - Mengklasifika sikan tipe-tipe pranata sosial. - Menjelaskan macam-macam pranata sosial. - Menjelaskan bentuk-bentuk keluarga. - Mendiskripsikan fungsi dari pranata sosial. - Mendiskripsikan tentang pengendalian sosial. - Menjelaskan sarana-sarana untuk melakukan pengendalian sosial. - Menjelaskan sifat dari pengendalian sosial. - Mendiskripsikan cara-cara yang digunakan dalam pengendalian sosial. | - Siswa mencari informasi melalui studi pustaka tentang penyimpangan sosial dan latar belakang penyebab timbulnya penyimpangan sosial. - Siswa mengklasifikasikan macam-macam penyimpangan sosial. - Siswa mendiskusikan dampak dari adanya penyimpangan sosial di masyarakat. - Siswa mengemukakan pendapat bagaimana bersikap dalam merespon adanya penyimpangan sosial. - Siswa menggali informasi melalui studi pustaka untuk mencari upaya-upaya mencegah penyimpangan sosial di keluarga & masyarakat. - Siswa menggali informasi melalui studi pustaka untuk mencari sarana-sarana yang dapat digunakan untuk mencegah penyimpangan sosial. - Melalui studi pustaka siswa mencari informasi tentang bentuk-bentuk hubungan sosial. - Melalui studi pustaka siswa mencari informasi tentang faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial. - Siswa mendiskusikan dampak dari adanya hubungan sosial. - Siswa mencari informasi melalui studi pustaka mengenai pranata sosial. - Siswa mencari informasi melalui studi pustaka mengenai bagaimana terbentuknya pranata sosial. - Siswa mencari informasi melalui studi pustaka tentang fungsi pranata sosial. - Siswa menggali informasi tentang karakteristik pranata sosial melalui studi pustaka secara kelompok. - Siswa mencari informasi melalui studi pustaka tentang tipe-tipe pranata sosial. - Siswa mencari informasi melalui studi pustaka tentang macam-macam pranata sosial. - Menjelaskan bentuk-bentuk keluarga, melalui studi pustaka. - Menjelaskan fungsi dari pranata keluarga melalui studi pustaka. - Siswa mencari informasi melalui studi pustaka tentang pengertian pengendalian sosial. - Siswa mencari informasi melalui studi pustaka tentang cara-cara untuk melakukan pengendalian sosial. - Melalui diskusi kelompok siswa mengklasifikasikan sifat-sifat dari pengendalian sosial. - Siswa melalui diskusi kelompok mencari cara-cara pengendalian sosial. | Tes tertulis - Penugasan. - Penugasan. Kuesioner Tes tertulis Penugasan Tes tertulis Penugasan Penugasan Kuisioner Tes tertulis Penugasan Kelompok Kelompok Penugasan individu Tes tertulis Penugasan Tugas kelompok Tugas individu | Pilihan ganda Isian singkat Tugas Individu Tugas kelompok Skala sikap Pilihan ganda Isian singkat Tugas individu Tugas kelompok Skala Sikap Pilihan ganda Isian singkat Karya tulis ( Narasi ) Unjuk kerja Produk (Tugas rumah) Skala sikap Pilihan ganda Isian singkat Hasil diskusi Hasil pengamatan Portofolio Pilihan ganda Isian singkat Karya tulis Hasil laporan diskusi Pilihan ganda Isian singkat. Laporan kelompok Hasil laporan individu | - Nicolaus Copernicus berpendapat bahwa bumi itu bulat. Pandangan itu dianggap menyimpang pada zamanya, karena mereka berpandangan bahwa bumi itu datar. Namun sekarang banyak orang yang mengikuti pandangan Copornicus karena secara ilmiah telah terbukti bahwa bumi itu bulat. Hal ini mnenunjukkan bahwa anggapan suatu perbuatan menyimpang tergantung pada : a. Waktu b. Tempat c. Situasi d. Status. - Sanksi yang akan diterima oleh pelaku kejahatan berupa ……… - Berikan pendapatmu mengenaikutipan berikut : “ penyimpangan sosial merupakan perilaku yang oleh sejumlah besar orang dianggap sebagai hal yang tercela dan diluar batas toleransi “ ( James W. Van Der Zanden ). - Buatlah penelitian tentang efektivitas sanksi/hukuman disekolahanmu. Apakah menimbulkan efek jera bagi si pelanggar. - Beri tanda cek ( ü ) pada kolom sikap yang berdasarkan pernyataan yang tersedia, berikan pula alasanmu memilih sikap demikian. - Penyimpangan sosial terjadi akibat …… a. tidak dilaksanakannya norma sosial. b. tidak adanya peraturan. c. pelanggaran hukum tertulis. d. Tidak ada pengawasan kepolisisan - Pelaku penyimpangan sosial akan dikenakan ……. - Berikan gambaran pada yang akan terjadi jika pengawasan dari orang tua terhadap anak tidak ada. - Wawancarailah beberapa temanmu dan 2 orang guru sekolah mengenai penyimpangan sosial di sekolah dan upaya apa untuk mencegahnnya. Berikan tanda cek ( ü ) pada kolom sikap berdasarkan pernyataan yang tersedia, berikan pula alasanmu memilih sikap demikian. - Pendidikan budi pekerti bukan tugas yang harus dijalankan orang tua, melainkan guru. - Bentuk nyata dari hubungan sosial yang terjadi dimasyarakat adalah …… a. Individu b. Interaksi c. Sosial d. Asosiatif - Masyarakat merupakan kelompok manusia yang selalu mengalami …….. - Buatlah sebuah karya tulis tentang faktor-faktor penyebab pertikaian antar etnis di Indonesia. - Carilah berita di media cetak ( tabloid, majalah, Koran ) tentang konflik antaretnis. Buat klipingnya dan beri komentarmu atas peristiwa itu. - Buatlah asesories atau cindera mata dari bahan yang sederhana, tulisan kata-kata atau slogan yang menandakan cinta akan perdamaian. - Beri tanda cek ( ü ) pada kolom sikap berdasarkan pernyataan yang tersedia. Berikan dasar memilih sikap tersebut. Individu yang melakukan hubungan sosial akan lebih cepat mengalami perubahan. - Salah satu pranata sosial yang memiliki lanbel atau identitas khas berupa simbol logo atau bendera lambang partai adalah ….. a. Pranata pendidikan b. Pranata ekonomi c. Pranata agama d. Pranata politik - Unsanctioned Institution merupakan tipe pranata sosial berdasarkan ……. - Lakukan pengamatan disekolahan, catatlah pranata apa yang paling benyak terdapat di sekolahmu. - Buatlah karangan sebanyak 3 halaman mengenai peranan pranata agama dalam kehidupan bermasyarakat. - Fungsi keluarga sebagai pembentuk kepribadian anak termasuk kedalam fungsi ………… a. Proteksi b. Afeksi c. Sosialisasi d. Ekonomi - Unsur-unsur pranata keluarga berupa maskawin, upacara, dan busana pengantin disebut ……. - Buatlah sebuah karangan tentang fungsi afeksi dari keluarga. - Diskusikan dengan kelompokmu tentang tujuan negara dalam kehidupan bermasyarakat. - Alat pengendalian sosial dijalan adalah ……… a. Polisi cepek b. Polisi c. Polisi tidur d. Pengamen - Sesuatu yang mengatur kehidupan bersama disebut …… - Buatlah narasi tentang peran polisi yang mengatur jalan agar tidak terjadi kekacauan. - Saat kamu melanggar peraturan sekolah, apa yang akan kamu lakukan? Menerima hukuman atau membujuk guru agar tidak dihukum. | 9 X 40’ 8 X 40’ 4 X 40’ 6 X 40’ 4 X 40’ | - Buku Sosiologi untuk SMP dan MTS. Kelas VIII ( Esis ) - Gambar, artikel di media massa, cetak dan elektronik. - Kamus sosiologi. - Tata tertib sekolah. - Buku Sosiologi untuk SMP dan MTS. Kelas VIII ( Esis ) - Gambar, artikel di media masa, cetak dan elektronik. - Kamus sosiologi. - Tata tertib sekolah. - Buku Sosiologi untuk SMP dan MTS. Kelas VIII ( Esis ) - Gambar, artikel di media masa, cetak dan elektronik. - Kamus sosiologi. - Tata tertib sekolah. |
No comments:
Post a Comment