Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 May 2011

Sosiologi SMP VIII RPP 1



SOSIOLOGI VIII RPP 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : IPS Sosiologi.
Kelas / Semester          : VIII / 1.
                        Alokasi waktu             : 9 X 40’


Standar Kompetensi : 3. Memahami Masalah Penyimpangan Sosial.
Indikator         :
- Menguraikan pengertian penyimpangan sosial dan  penyebabnya.
- Mendeskripsikan dampak penyimpangan sosial.
- Menjelaskan macam-macam penyimpangan sosial.
- Menguraikan bagaimana menanggapi adanya penyimpangan sosial.

  1. Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses pembelajaran siswa diharuskan dapat :
-    Menguraikan pengertian penyimpangan sosial.
-    Menjelaskan sebab-sebab timbulnya penyimpangan sosial.
-    Menyebutkan macam-macam penyimpangan sosial.
-    Mendeskripsikan dampak penyimpangan sosial.
-    Berpendapat bagaimana menanggapi adanya penyimpangan sosial.

  1. Materi Pembelajaran :
1.      Pengertian penyimpangan sosial.
2.      Sebab-sebab terjadinya penyimpangan sosial.
3.      Macam-macam penyimpangan sosial.
4.      Dampak penyimpangan sosial.
5.      Sikap terhadap pelaku penyimpangan sosial.

  1. Metode : Ceramah bervariasi, Tanya jawab-diskusi dan Penugasan.
     
  1. Langkah-langkah Pembelajaran.
Pertemuan 1.
            1 Pendahuluan
               a. Apersepsi.
                  - mempersispkan kelas dalam pembelajaran
               b. Memotivasi
                  - Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
                  - Menjajaki kesiapan belajar siswa dengan memberikan pernyataan tentang materi yang akan dibahas.
            2. Kegiatan inti.
               a. Mengadakan kajian tentang penyimpangan sosial.
            b. Melaluai sudi pustaka siswa mempresentasikan hasil temuannya tentang   pengertian penyimpangan sosial.
            c. Meminta tanggapan siswa lain.
            d. Guru menyimpulkan tentang penyimpangan sosial.
         3. Penutup.
            a. mengadakan post test
            b. guru memberikan tugas untuk mempersiapkan materi selanjutnya.

Pertemuan 2
1.Pendahuluan.
a.       Apersepsi.
Mempersiapkan siswa dalam pembelajaran ( absensi, memberi pertanyaan materi sebelumnya. )
b.      Memotivasi.
Guru menyampaikan manfaat dari pokok bahasan yang dipelajari.
2.Kegiatan Inti.
a.       Membentuk kelompok.
b.      Memberikan tugas untuk mengkaji penyebab timbulnya penyimpangan sosial melalui studi pustaka.
c.       Tiap kelompok mempresentasikan hasil kajiannya.
d.      Meminta kelompok lain untuk menanggapi.
e.       Guru memberikan kesimpulan.
3.Penutup.
a.       Mengadakan post test.
b.      Memberikan tugas untuk menjawab soal-soal latihan dibuku.

Pertemuan 3 - 4
1.Pendahuluan.
a.  Apersepsi.
   - Mempersiapkan siswa untuk belajar.
b. Memotivasi.
   - Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan paertanyaan dari materi pertemuan sebelumnya
2.Kegiatan inti.
   a. Menyuruh siswa untuk berkumpul dengan kelompoknya.
   b. Memberikan tugas untuk mencari macam-macam penyimpangan sosial berdasarka sifat dan pelakunya dengan disertai contoh.
   c. Guru memantau pelaksanaan tugas.
3.Penutup.
   Guru memberikan penegasan pada pertemuan berikutnya. Siswa kembali kekelompoknya masing-masing dan tugas harus selesai.

Pertemuan 5 s/d 7
1.Pendahuluan.
   a. Apersepsi.
   - Mempersiapkan siswa untuk belajar.
   - Memberikan arahan bagaimana tiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
   b. Memotivasi.
   - Guru menginformasikan hal-hal yang dinilai dalam presentasi dan tanggapan kelompok lain atas presentasi yang ada.
2.Kegiatan inti.
   a. Menyuruh tiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
   b. Kelompok lain menanggapi presentasi yang disajikan.
   c. Guru sebagai moderator dan melakukan penilaian.
3.Penutup.
   Guru menyimpulkan pokok bahasan dari materi yang didiskusikan.

Pertemuan 8
1.Pendahuluan.
a. Apersepsi.
   - Mengkondisikan siswa untuk belajar.
b. Motivasi.
   - Guru menjelaskan pentingya materi yang akan dibahas.
2.Kegiatan Inti.
   Guru memberi tugas untuk menemukan dampak dari penyimpangan sosial baik bagi pelaku dan masyarakat pada umumnya melalui studi pustaka.
3.Penutup.
   Guru memberikan pertanyaan lisan dan menyimpulkan pokok bahasan yang disajikan.

Pertemuan 9
1.Pendahuluan
   a. Apersepsi.
      - Guru mengkondisikan untuk belajar.
   b. Motivasi.
      - Guru memberikan arahan bagaimana menanggapi adanya penyimpangan sosial.
2.Kegiatan Inti.
   a. Guru memberikan contoh kasus penyimpangan sosial.
   b. Menyuruh siswa menanggapi kasus tersebut dan alasan atas tanggapan yang diberikan.
   c. Siswa lain boleh menaggapi atas pernyataan yang diutarakan.
3. Penutup.
   Guru menyimpulkan materi yang disajikan.

  1. Sumber Pembelajaran.
1. Buku sosiologi SMP kelas VIII ESIS
2. Media cetak Koran, tabloid, majalah.
3. Tata tertib sekolah.

  1. Media.
1.Papan tulis
2.Lembar soal
3.OHP
4.CD Pembelajaran.

  1. Penilaian.
1.Penilaian Proses.
2.Penilaian Hasil, halaman 10 – 14.


Format Penilaian Diskusi Kelompok.

No
Nama
Aspek Penilaian
Total Nilai
Presentasi
A
B
C
D
E










Keterangan :
A.    Sikap.
B.     Keaktifan.
C.     Wawasan.
D.    Kemampuan mengemukakan pendapat.
E.     Kerjasama.
*    Nilai maksimal 20.



Lembar Observasi Diskusi Kelompok.

No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor / Jumlah
1
2
3
4
5
6










               Keterangan :
1.      Kemampuan menyampaikan pendapat.
2.      Kemampuan memberikan argumentasi.
3.      Kemampuan memberikan kritik.
4.      Kemampuan mengajukan pertanyaan.
5.      Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
6.      Kelancaran berbicara.

               Penskoran :                                                               Jumlah Skor
                  Tidak Baik                        Skor : 1.                                   6    11 Kurang
                  Kurang Baik          Skor : 2.                                   12 – 17 Cukup
                  Cukup Baik           Skor : 3.                                   18 – 23 Baik
                  Baik                       Skor : 4.                                   24 – 30 Sangat Baik.
                  Sangat Baik           Skor : 5.                                  
Format Penilaian Proses Diskusi.

No
Nama Siswa
Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
A
B
C
D
E









               Keterangan :
A.    Aktivitas dalam kelompok.
B.     Tanggung jawab individu.
C.     Pemikiran.
D.    Keberanian berpendapat.
E.     Keberanian tampil.
*    Rentang Skor 1 – 3.
*    Jumlah Skor : 3 – 5     Kurang
                             6 – 8     Cukup
                             9 – 11   Baik
                             12 – 15 Sangat Baik.


                                         



Mengetahui                                                     Jakarta, ………….





               Kepala Sekolah SMP ……..                                    Guru Mata Pelajaran


No comments: