Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 May 2011

Sosiologi SMP IX RPP 4



SOSIOLOGI IX RPP 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           :
Mata Pelajaran           : IPS Sosiologi
Kelas/Semester          : IX / I ( Satu)
Standar Kompetensi  : 3. Memahami perubahan sosial budaya
Indikator                    : -Siswa menjelaskan sikap positif menghadapi pengaruh
                                         Kebudayan sosial dan  kebudayaan           
                                       -Siswa  menjelaskan  sikap negatif menghadapi pengaruh kebudayaan
                                         sosial dan  kebudayaan.
                                       - siswa  menjelaskan  pengertian sikap kritis
Alokasi waktu           :  3 x 40’

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
      1. memahami sikap positif menghadapi pengaruh kebudayaan sosial dan kebudayaan.
      2. memahami sikap negatif menghadapi pengaruh kebudayaan sosial dan kebudayaan.
      3. memahami pengertian sikap kritis.

B. Materi Pembelajaran
      1. sikap positif menghadapi pengaruh kebudayaan sosial dan kebudayaan.
      2. sikap negatif menghadapi pengaruh kebudayaan sosial dan kebudayaan.
      3. pengertian sikap kritis.

C.  Metode
Ceramah dengan variasi tanya jawab, analisis, penugasan dan diskusi kelas.

D.  Langkah-langkah Pembelajaran
1.Pertemuan I :
No
Kegaiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1






2









3
Pendahuluan
a.    Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran
b.   Memotivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
Kegiatan Inti :
a. Mengadakan kajian tentang sikap positif
    menghadapi pengaruh kebudayaan sosial dan  
    kebudayaan.
b. Membagi siswa dalam kelompok
c. Menugaskan siswa melakukan presentasi di kelas.
d. Meminta tanggapan kelompok lain.
e. Guru menyimpulkan tentang sikap positif
    menghadapi pengaruh kebudayaan sosial dan 
    kebudayaan.
Penutup
a.    Mengadakan post test.
b.   Guru memberi tugas siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya
5
menit





30
menit








5 menit




2.Pertemuan II :
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1












2








3
Pendahuluan
a.    Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)

b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya.

c.    Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai

Kegiatan Inti :
a. Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan
    tentang sikap negatif menghadapi pengaruh
    kebudayaan sosial dan kebudayaan
b. Meminta siswa presentasi di kelas.
c. Meminta tanggapan dari kelompok lain.
d. Guru menyimpulkan tentang sikap negatif
    menghadapi pengaruh kebudayaan sosial dan  
    kebudayaan
Penutup
a. Mengadakan post test.
b. Memberi tugas berupa pengamatan terhadap
    masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan 
    minggu berikutnya.
5 menit











30 menit







5 menit


3. Pertemuan III :
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1












2







   3
Pendahuluan
d.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)

e.    Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya.

f.    Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai

Kegiatan Inti :
a. Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan
    pengertian sikap kritis.
b. Meminta siswa presentasi di kelas.
c. Meminta tanggapan dari kelompok lain.
d. Guru menyimpulkan tentang pengertian sikap kritis.

Penutup
a. Mengadakan post test.
b. Memberi tugas berupa pengamatan terhadap
    masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan 
    minggu berikutnya.
5 menit











30 menit






5 menit


E.   Alat/Sumber Pembelajaran
·   Buku teks IPS Sosiologi, untuk SMP dan MTs kelas IX (esis, 2007), hlm 57 – 66.
·   Media massa (koran, majalah) dan buku-buku lain yang relevan.

F.   Media
1.      Papan tulis                      3. OHP
2.      Transparan                      4. Power point

G.  Penilaian
1.      Test pilihan ganda (hlm. 66)
2.      Jawaban singkat (hlm. 66)
3.      Rubrik penilaian (hlm. 66)
4.      Unjuk kerja (hlm. 65)
5.      Portofolio (hlm. 68)
Contoh :
       Bagian 1 : Pilihan Ganda
Silanglah salah satu jawaban yang paling benar !
1.  Sikap tanggap terhadap sesuatu yang akan terjadi disebut juga ....
     a. apatis                                                       c. pesimis
                 b. protektif                                                 d. antisipatif

      2.  Faktor penting efektifnya pengaruh perubahan social budaya dalam hidup
           manusia adalah ….
           a. lingkungan alam yang menunjang          c. Kesiapn mencari kebenaran
           b. kesiapan manusia menerima perubahan d. Kecocokan fisiologis         
      3.  Perubahan yang diterima atau tidak oleh masyarakat tergantung pada proses
            ....
            a. komunikasi                                            c. seleksi
            b. interaksi                                                 d. fiksasi
      4.  Sikap orang tua yang melarang anak perempuannya untuk mendapatkan
           pendidikan merupakan salah satu contoh sikap ....
           a. tertutup                                                  c. antisipatif
           b. acuh tak acuh                                         d. terbuka       

      5.  salah satu ciri orang yang bersikap kritis adalah ....
           a. selalu menurut                                        c. tidak percaya begitu saja
           b. mudah ditebak                                       d. percaya pada setiap orang
      Bagian 2 : Jawaban singkat
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat !
1. Posisi wanita dan laki-laki sekarang dianggap sejajar. Hali ini menunjukkan
    adanya kesetaraan ....
2. Proses seleksi menjadi landasan untuk menerima/menolak ....
3. Pendapat atau tanggapan yang muncul dari orang yang kritis disebut ....
4. Seseorang yang bersikap kritis menyadari manfaat perubahan berdasarkan ....
5. Salah satu contoh sikap kritis adalah memberikan opini/kritik terhadap
    pemerintah yang dilakukan dengan cara ....
      Bagian 3 : Rubrik penilaian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini! Tulislah jawabanmu dalam bentuk karangan dengan memperhatikan hal-hal yang dinilai dalam bentuk rubrik penilaian!
1. Buatlah sebuah karangan yang menjelaskan bahwa tidak selamanya mengikuti
    perubahan yang berasal dari luar akan selalu memberikan pengaruh positif pada
    masyarakat!
2. Seandainya kamu adalah seorang guru, saran apa yang akan kamu berikan
    kepada anak didikmu untuk tetap mencintai budayanya sendiri?

       Bagian 4 : Unjuk Kerja
             Wawancarailah seorang guru di sekolahmu mengenai pentingnya sikap
             antisipatif dan selektif terhadap perubahan, khususnya pada remaja!
      Bagian 5 : Portofolio
       Buatlah sebuah laporan penelitian yang kamu lakukan dengan melakukan
       pengamatan di sekitarmu. Hal apakah yang sekarang sedang menjadi tren di
       kalangan remaja? Dari mana hal tersebut berasal, dan apa dampak yang
       ditimbulkannya?
                                                                                          ………………,      Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP                                                                      Guru Mata Pelajaran



 

No comments: