SOSIOLOGI IX RPP 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : IPS Sosiologi
Kelas/Semester : IX / I ( Satu)
Standar Kompetensi : 3. Memahami perubahan sosial budaya
Indikator : -Menjelaskan sebab-sebab Perubahan Sosial Budaya dari dalam
Masyarakat
-Menjelaskan Sebab-sebab Perubahan Sosial Budaya dari Luar
Masyarakat
-Menguraikan Faktor Pendorong Perubahan Sosial Budaya
-Menjelaskan Faktor penghambat perubahan sosial budaya
Alokasi waktu : 4 x 40’
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1. Memahami sebab-sebab Perubahan Sosial Budaya dari dalam Masyarakat
2. Mendiskripsikan Sebab-sebab Perubahan Sosial Budaya dari Luar Masyarakat
3. Memahami Faktor Pendorong Perubahan Sosial Budaya
4. Memahami Faktor penghambat perubahan sosial budaya
B. Materi Pembelajaran
1. Sebab-sebab Perubahan Sosial Budaya dari dalam Masyarakat
2. Sebab-sebab Perubahan Sosial Budaya dari Luar Masyarakat
3. Faktor Pendorong Perubahan Sosial Budaya
4. Faktorpenghambat perubahan Sosial budaya
C. Metode
Ceramah dengan variasi tanya jawab, analisis, penugasan dan diskusi kelas.
A. Langkah-langkah Pembelajaran
1.Pertemuan I :
No | Kegaiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1 2 3 | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran b. Memotivasi Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. Kegiatan Inti : a. Mengadakan kajian tentang sebab-sebab Perubahan Sosial Budaya dari dalam Masyarakat. b. Membagi siswa dalam kelompok c. Menugaskan siswa melakukan presentasi di kelas. d. Meminta tanggapan kelompok lain. e. Guru menyimpulkan tentang sebab-sebab Perubahan Sosial Budaya dari dalam Masyarakat Penutup a. Mengadakan post test. b. Guru memberi tugas siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya | 5 menit 30 menit 5 menit | |
2.Pertemuan II :
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1 2 3 | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya. c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai Kegiatan Inti : a. Membentuk kelompok. b. Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tentang Sebab-sebab Perubahan Sosial Budaya dari luar Masyarakat. c. Meminta siswa presentasi di kelas. d. Meminta tanggapan dari kelompok lain. e. Guru menyimpulkan tentang Sebab-sebab Perubahan Sosial Budaya dari Luar Masyarakat. Penutup a. Mengadakan post test. b. Memberi tugas berupa pengamatan terhadap masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan minggu berikutnya. | 5 menit 30 menit 5 menit | |
3.Pertemuan III :
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1 2 3 | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya. c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai Kegiatan Inti : a. Membentuk kelompok. b. Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tentang Faktor Pendorong Perubahan Sosial Budaya. c. Meminta siswa presentasi di kelas. d. Meminta tanggapan dari kelompok lain. f. Guru menyimpulkan tentang Faktor Pendorong Perubahan Sosial Budaya Penutup c. Mengadakan post test. d. Memberi tugas berupa pengamatan terhadap masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan minggu berikutnya. | 5 menit 30 menit 5 menit | |
4.Pertemuan IV :
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1 2 3 | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya. c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai Kegiatan Inti : a. Membentuk kelompok. b. Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tentang Faktorpenghambat perubahan Sosial budaya. c. Meminta siswa presentasi di kelas. d. Meminta tanggapan dari kelompok lain. e. Guru menyimpulkan tentang Faktor penghambat perubahan Sosial budaya. Penutup e. Mengadakan post test. b. Memberi tugas berupa pengamatan terhadap masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan minggu berikutnya. | 5 menit 30 menit 5 menit | |
B. Alat/Sumber Pembelajaran
· Buku teks IPS Sosiologi, untuk SMP dan MTs kelas IX (esis, 2007), hlm 23 - 39.
· Media massa (koran, majalah) dan buku-buku lain yang relevan.
C. Media
1. Papan tulis 3. OHP
2. Transparan 4. Power point
D. Penilaian
1. Test pilihan ganda (hlm. 39)
2. Jawaban singkat (hlm. 39)
3. Rubrik penilaian (hlm. 39)
4. Unjuk kerja (hlm. 41)
5. Produk (hlm. 41)
Contoh :
Bagian 1 : Pilihan Ganda
Silanglah salah satu jawaban yang paling benar !
1. Dalam masyarakat pertumbuhan penduduk dapat menyebabakan ….
a. perubahan stuktur c. perubahan sosial
b. perubahan alam d. perubahan budaya
2. Masyarakat di daerah terpencil kurang mengalami perubahan social budaya
dikarenakan ….
a. kurangnya hubungan dngan masyarakat lain
b. kurang sadar dengan adanya perubahan
c. kurang menerima hal-hal yang baru
d. kurang mengerti pentingnya perubahan
3. Hal yang dapat mendorong terjadinya perubahan social budaya antara lain ….
a. kurangnya hubungan dengan masyarakat lain
b. terlambatnya perkembangan ilmu pengetahuan
c. sikap masyarakat yang sangat tradisional
d. system pendidikan yang maju
4. Salah satu sebab perubahan social budaya yang ada dalam masyarakat adalah
….
a. pengaruh kebudayaan lain
b. stratifikasi yang terbuka
c. masyarakat yang heterogen
d. sikap menghargai karya orang lain
5. Ide yang dimiliki bersama oleh warga masyarakat disebut ….
a. ideologi c. tradisi
b. kepercayaan d. kebiasaan
Bagian 2 : Jawaban singkat
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat !
1. Adanya kontak dengan kebudayaan lain disebut proses ….
2. Kelompok masyarakat yang memiliki kesamaan ciri fisik, sosial budaya yang
mendiami wilayah terpencil disebut ….
3. Konflik antara kaum sikh dan muslim di India berakhir dngan berdirinya negara
….
4. sikap menutup diri dari kebudayaan barat disebabkan karena adanya
pengalaman traumatis yaitu ….
5. Kelompok masyarakat yang memiliki kesamaan cirri fisik social budaya yang
mendiami wilayah terpencil disebut ….
Bagian 3 : Rubrik penilaian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini! Tulislah jawabanmu dalam bentuk karangan dengan memperhatikan hal-hal yang dinilai dalam bentuk rubrik penilaian!
1. Stratifikasi yang terbuka memberikan kesempatan pada individu untuk
berkembang atas kemampuan sendiri. Menurut pendapatmu apakah status
sosial seseorang hanya ditentukan dengan kepemilikan harta benda saja?
2. Buatlah sebuah percakapan antara orang tua dengan anaknya mengenai
pentingnya pendidikan agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa
depan!
Bagian 4 : Unjuk Kerja
Catatlah data yang ada di lingkungan RT rumahmu, berapa banyak pendatang
baru setiap bulannya? Dari mana asalnya dan di mana mereka tinggal?
Bagian 5 : Produk
Buatlah karangan mengenai kumpulan kata-kata bijak yang memberikan inspirasi
bahwa manusia harus selalu berusaha untuk memperbaiki hidupnya!
………………, Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
No comments:
Post a Comment