Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 May 2011

Sosiologi SMP IX RPP 2



SOSIOLOGI IX RPP 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           :
Mata Pelajaran           : IPS Sosiologi
Kelas/Semester          : IX / I ( Satu)
Standar Kompetensi  : 3. Memahami perubahan sosial budaya
Indikator                    : -Menjelaskan   sebab-sebab  Perubahan Sosial Budaya dari dalam
                                         Masyarakat
                                        -Menjelaskan Sebab-sebab Perubahan Sosial Budaya dari Luar
                                          Masyarakat
                                        -Menguraikan Faktor Pendorong Perubahan Sosial Budaya
                                        -Menjelaskan Faktor penghambat  perubahan  sosial   budaya
Alokasi waktu           :  4 x 40’

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
      1. Memahami sebab-sebab  Perubahan Sosial Budaya dari dalam  Masyarakat
      2. Mendiskripsikan Sebab-sebab Perubahan  Sosial Budaya dari Luar Masyarakat
      3. Memahami Faktor Pendorong Perubahan Sosial Budaya
      4. Memahami Faktor penghambat perubahan  sosial budaya                          

B. Materi Pembelajaran
      1. Sebab-sebab Perubahan  Sosial Budaya dari dalam Masyarakat
      2. Sebab-sebab Perubahan  Sosial Budaya dari Luar Masyarakat
      3. Faktor  Pendorong Perubahan Sosial Budaya
      4. Faktorpenghambat perubahan  Sosial budaya                          

C.  Metode
Ceramah dengan variasi tanya jawab, analisis, penugasan dan diskusi kelas.

A.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.Pertemuan I :
No
Kegaiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1







2







3
Pendahuluan
a.    Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran

b.   Memotivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
Kegiatan Inti :
a. Mengadakan kajian tentang sebab-sebab  Perubahan 
    Sosial Budaya dari dalam  Masyarakat.
b. Membagi siswa dalam kelompok
c. Menugaskan siswa melakukan presentasi di kelas.
d. Meminta tanggapan kelompok lain.
e. Guru menyimpulkan tentang sebab-sebab  Perubahan
    Sosial Budaya dari dalam  Masyarakat
Penutup
a. Mengadakan post test.
b. Guru memberi tugas siswa (secara berkelompok)
    untuk mempersiapkan materi selanjutnya
5
menit






30
menit





5 menit





2.Pertemuan II :
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1










2








3
Pendahuluan
a.    Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya.
c.    Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai

Kegiatan Inti :
a. Membentuk kelompok.
b. Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan
    tentang Sebab-sebab Perubahan  Sosial Budaya dari
    luar Masyarakat.
c. Meminta siswa presentasi di kelas.
d. Meminta tanggapan dari kelompok lain.
e. Guru menyimpulkan tentang Sebab-sebab Perubahan 
    Sosial Budaya dari Luar Masyarakat.
Penutup
a.    Mengadakan post test.
b.   Memberi tugas berupa pengamatan terhadap masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan minggu berikutnya.
5 menit









30 menit







5 menit



3.Pertemuan III :
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1










2







3
Pendahuluan
a.    Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya.
c.    Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai

Kegiatan Inti :
a. Membentuk kelompok.
b. Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan
    tentang Faktor Pendorong Perubahan Sosial Budaya.
c. Meminta siswa presentasi di kelas.
d. Meminta tanggapan dari kelompok lain.
f. Guru menyimpulkan tentang Faktor Pendorong
    Perubahan Sosial Budaya
Penutup
c.    Mengadakan post test.
d.   Memberi tugas berupa pengamatan terhadap masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan minggu berikutnya.
5 menit









30 menit





5 menit


4.Pertemuan IV :
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1










2








3
Pendahuluan
a.    Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya.
c.    Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai

Kegiatan Inti :
a. Membentuk kelompok.
b. Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan
    tentang Faktorpenghambat perubahan  Sosial budaya.                   
c. Meminta siswa presentasi di kelas.
d. Meminta tanggapan dari kelompok lain.
e. Guru menyimpulkan tentang Faktor penghambat 
    perubahan  Sosial budaya.                          

Penutup
e. Mengadakan post test.
b. Memberi tugas berupa pengamatan terhadap
    masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan
    minggu berikutnya.
5 menit









30 menit







5 menit


B.    Alat/Sumber Pembelajaran
·   Buku teks IPS Sosiologi, untuk SMP dan MTs kelas IX (esis, 2007), hlm 23 - 39.
·   Media massa (koran, majalah) dan buku-buku lain yang relevan.

C.    Media
1.      Papan tulis                      3. OHP
2.      Transparan                      4. Power point

D.    Penilaian
1.      Test pilihan ganda (hlm. 39)
2.      Jawaban singkat (hlm. 39)
3.      Rubrik penilaian (hlm. 39)
4.      Unjuk kerja (hlm. 41)
5.      Produk (hlm. 41)

Contoh :
       Bagian 1 : Pilihan Ganda
Silanglah salah satu jawaban yang paling benar !
1.  Dalam masyarakat pertumbuhan penduduk dapat menyebabakan ….
     a. perubahan stuktur                                   c. perubahan sosial
                 b. perubahan alam                                      d. perubahan budaya
      2.  Masyarakat di daerah terpencil kurang mengalami perubahan social budaya
           dikarenakan ….
           a. kurangnya hubungan dngan masyarakat lain    
           b. kurang sadar dengan adanya perubahan
           c. kurang menerima hal-hal yang baru
           d. kurang mengerti pentingnya perubahan
      3.  Hal yang dapat mendorong terjadinya perubahan social budaya antara lain ….
           a. kurangnya hubungan dengan masyarakat lain  
          b. terlambatnya perkembangan ilmu pengetahuan
           c. sikap masyarakat yang sangat tradisional
           d. system pendidikan yang maju              
      4.  Salah satu sebab perubahan social budaya yang ada dalam masyarakat adalah
           ….
           a. pengaruh kebudayaan lain                    
           b. stratifikasi yang terbuka
           c. masyarakat yang heterogen
           d. sikap menghargai karya orang lain                   
      5.  Ide yang dimiliki bersama oleh warga masyarakat disebut ….
           a. ideologi                                                  c. tradisi
           b. kepercayaan                                           d. kebiasaan   
      Bagian 2 : Jawaban singkat
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat !
1. Adanya kontak dengan kebudayaan lain disebut proses ….
2. Kelompok masyarakat yang memiliki kesamaan ciri fisik, sosial budaya yang 
    mendiami wilayah terpencil disebut ….
3. Konflik antara kaum sikh dan muslim di India berakhir dngan berdirinya negara
    ….
4. sikap menutup diri dari kebudayaan barat disebabkan karena adanya
    pengalaman traumatis yaitu ….
5. Kelompok masyarakat yang memiliki kesamaan cirri fisik social budaya yang
    mendiami wilayah terpencil disebut ….
      Bagian 3 : Rubrik penilaian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini! Tulislah jawabanmu dalam bentuk karangan dengan memperhatikan hal-hal yang dinilai dalam bentuk rubrik penilaian!
1. Stratifikasi yang terbuka memberikan kesempatan pada individu untuk
    berkembang atas kemampuan sendiri. Menurut pendapatmu apakah status 
    sosial seseorang hanya ditentukan dengan kepemilikan harta benda saja?
2. Buatlah sebuah percakapan antara orang tua dengan anaknya mengenai
    pentingnya pendidikan agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa 
    depan!
       Bagian 4 : Unjuk Kerja
             Catatlah data yang ada di lingkungan RT rumahmu, berapa banyak pendatang
             baru setiap bulannya? Dari mana asalnya dan di mana mereka tinggal?
      Bagian 5 : Produk
       Buatlah karangan mengenai kumpulan kata-kata bijak yang memberikan inspirasi
       bahwa manusia harus selalu berusaha untuk memperbaiki hidupnya!
                                                                 
                                                                                          ………………,      Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP                                                                      Guru Mata Pelajaran




 


No comments: