Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 May 2011

Sosiologi SMP VIII RPP 3



SOSIOLOGI VIII RPP 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           :
Mata Pelajaran           : IPS Sosiologi
Kelas/Semester          : VII / Satu
Standar Kompetensi  : 2.1. Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial
Indikator                   : - Menjelaskan pengertian sosialisasi
                                    - Menguraikan agen sosialisasi
                                    - Menguraikan sosialisasi dan pembentukan kepribadian
Alokasi waktu           : 5 x 40’

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
·  Menjelaskan proses sosialisasi
·  Menjelaskan pentingnya proses sosialisasi
·  Mendiskripsikan dan menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi sosialisasi
·  Mengidentifikasi agen sosialiasi

B.     Materi Pembelajaran
1.Pengertian sosialisasi
2.Agen sosialisasi
3.Sosialisasi dan pembentukan kepribadian

C.     Metode
Ceramah dengan variasi tanya jawab, analisis, penugasan dan diskusi kelas.

D.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.Pertemuan I :
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1







2









3
Pendahuluan
a.    Apersepsi
     Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran
b.   Memotivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.

Kegiatan Inti :
a.    Mengadakan kajian tentang proses sosialisasi
b.   Membagi siswa dalam kelompok
c.    Menugaskan siswa melakukan presentasi di kelas.
d.   Meminta tanggapan kelompok lain.
e.    Guru menyimpulkan tentang interaksi sebagai proses sosialisasi.

Penutup
a.    Mengadakan post test.
b.   Guru memberi tugas siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya
5 menit






30 menit








5 menit




2.Pertemuan II :
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1








2









3
Pendahuluan
a.    Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya.

Kegiatan Inti :
a.    Membentuk kelompok.
b.   Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tentang macam-macam norma dan sanksinya.
c.    Meminta siswa presentasi di kelas.
d.   Meminta tanggapan dari kelompok lain.
e.    Guru menyimpulkan tentang pentingnya sosialisasi.

Penutup
a.    Mengadakan post test.
b.   Memberi tugas berupa pengamatan terhadap masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan minggu berikutnya.
5 menit







30 menit








5 menit


3.Pertemuan III :
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1








2









3
Pendahuluan
a.    Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya.

Kegiatan Inti :
a.    Mengadakan kegiatan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi.
b.   Membagi siswa dalam kelompok
c.    Menugaskan siswa melakukan presentasi di kelas.
d.   Meminta tanggapan kelompok lain.
e.    Guru menyimpulkan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi

Penutup
a.    Mengadakan post test.
b.   Memberi tugas berupa pengamatan terhadap masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan minggu berikutnya.
5 menit







30 menit








5 menit




4.Pertemuan IV :
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1








2









3
Pendahuluan
a.    Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya.

Kegiatan Inti :
a.    Mengadakan kegiatan tentang agen sosialisasi.
b.   Membagi siswa dalam kelompok
c.    Menugaskan siswa melakukan presentasi di kelas.
d.   Meminta tanggapan kelompok lain.
e.    Guru menyimpulkan tentang agen sosialisasi

Penutup
a.    Mengadakan post test.
b.   Memberi tugas berupa pengamatan terhadap masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan minggu berikutnya.
5 menit







30 menit








5 menit


5.Pertemuan V :
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1








2









3
Pendahuluan
a.    Apersepsi
    Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.   Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya.

Kegiatan Inti :
a.    Mengadakan kegiatan tentang manfaat sosialisasi.
b.   Membagi siswa dalam kelompok
c.    Menugaskan siswa melakukan presentasi di kelas.
d.   Meminta tanggapan kelompok lain.
e.    Guru menyimpulkan tentang manfaat sosialisasi

Penutup
a.    Mengadakan post test.
b.   Memberi tugas berupa pengamatan terhadap masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan minggu berikutnya.
5 menit







30 menit








5 menit



E.     Alat/Sumber Pembelajaran
·   Buku teks IPS Sosiologi, untuk SMP dan MTs kelas VII (esis, 2007), hlm 1 -7.
·   Media massa (koran, majalah) dan buku-buku lain yang relevan.

F.      Media
1.      Papan tulis
2.      Transparan
3.      OHP
4.      Power point

G.    Penilaian
1.      Test pilihan ganda
2.      Jawaban singkat
3.      Rubrik penilaian
4.      Unjuk kerja
5.      Produk
Contoh :
1.      Bagian 1 : Pilihan Ganda
Silanglah salah satu jawaban yang paling benar !
1.     Agen sosialisasi yang pertama dan utama adalah ………………….
a. keluarga                                                c. bidan bersalin
b. teman                                                    d. agama
2.     Seorang anak yang sedang bermain dengan teman-temannya digolongkan sebagai proses sosialisasi ……………
a. primer                                                     c. tersier
b. sekunder                                                d. kuarter
3.     Di sekolah murid diajarkan untuk menjaga kebersihan di kelasnya.  Proses sosialisasi ini dilakukan oleh ………..
a. guru                                                        c. sekolah
b. keluarga                                                 d. kelompok bermain
4.     Perkembangan kepribadian bergantung pada ……….
a.       sifat dasar dan orang tua
b.       orang tua dan kakak
c.       teman dan sifat dasar
d.      sifat dasar dan sosialisasi
5.     Tayangan Smock Down di televise sempat dilarang karena memberikan dampak buruk bari anak-anak. Pernyataan tersebut menunjukkan keberadaan agen sosialisasi ……………..
a. media massa
b. kekuatan
c. sekolah
d. keluarga

2.      Bagian 2 : Jawaban singkat
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat !
1.       Sekolah, teman sepermainan dan media massa merupakan agen sosialisasi ……….
2.       Ketika seseorang beranjak dewasa dan lebih banyak bermain, agen sosialisasi yang penting dalam menentukan perilakunya adalah …………..
3.       Selain proses sosialisasi, perkembangan kepribadian seseorang ditentukan pula oleh …………..
4.       Seorang anak yang kesehariannya sering berada di jalan untuk mengamen kurang mendapatkan sosialisasi oleh agen sosialisasi ……………
5.       Salah satu agen sosialisasi yang bertujuan menghasilkan pribadi cerdas dan utuh sebagai warga Negara yang baik dan bertanggung jawab adalah ……………….




3.      Bagian 3 : Rubrik penilaian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini! Tulislah jawabanmu dalam bentuk karangan dengan memperhatikan hal-hal yang dinilai dalam bentuk rubrik penilaian!
1.      Jika anda harus memilih, agen sosialisasi teman sepermainan atau media massa yang menurut anda mempengaruhi kepribadian anda?
2.      Buatlah suatu rancangan penelitian untuk melihat pengaruh proses sosialisasi di sekolah dengan kepribadian siswa!

4.      Bagian 4 : Unjuk Kerja
Wawancarailah seorang guru dan seorang siswa SMP kelas VII yang ada di sekolahmu! Tanyakanlah mengenai proses sosialisasi yang ada dalam kelompok sepermainan, seperti cara berpakaian dan kekompakan.  Kemudian tulislah dalam sebuah laporan!

5.      Bagian 5 : Produk
Bentuklah sebuah kelompok yang terdiri dari 4 – 5 orang! Buatlah sebuah jaket degan gambar harimau yang ditempelkan di bagian depan jaket! Kemudian tulis laporan tentang produkmu itu!


                                                                 
                                                                              ………………,      Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP                                                                      Guru Mata Pelajaran


 


No comments: