Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 May 2011

Sosiologi SMP VIII RPP 5



SOSIOLOGI VIII RPP 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           :
Mata Pelajaran           : IPS Sosiologi
Kelas/Semester          : VII / Satu
Standar Kompetensi  : 2.1. Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial
Indikator                   : - Menjelaskan pengertian status
                                    - Menjelaskan pengertian peran
Alokasi waktu           : 2 x 40’

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
·  Menjelaskan hakikat status dan peran.
·  Mendeskripsikan dan menjelaskan macam-macam status
·  Menunjukkan perangkat status
·  Menunjukkan perangkat peran

B.     Materi Pembelajaran
1.      Pengertian status
2.      Pengertian peran

C.     Metode
Ceramah dengan variasi tanya jawab, analisis, penugasan dan diskusi kelas.

D.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.Pertemuan I :
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1







2










3
Pendahuluan
a.    Apersepsi
     Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran
b.   Memotivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.

Kegiatan Inti :
a.    Mengadakan kajian tentang pengertian Status
b.   Membagi siswa dalam kelompok
c.    Menugaskan siswa melakukan presentasi di kelas.
d.   Meminta tanggapan kelompok lain.
e.    Guru menyimpulkan tentang pengertian Status.


Penutup
a.    Mengadakan post test.
b.   Guru memberi tugas siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya
5 menit






30 menit









5 menit



2.Pertemuan II :
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Keterangan
1








2









3
Pendahuluan
b.   Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
c.    Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya.

Kegiatan Inti :
a.    Mengadakan kajian tentang pengertian Peran
b.   Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tentang macam-macam norma dan sanksinya.
c.    Meminta siswa presentasi di kelas.
d.   Meminta tanggapan dari kelompok lain.
e.    Guru menyimpulkan tentang Peran.

Penutup
a.    Mengadakan post test.
b.   Memberi tugas berupa pengamatan terhadap masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan minggu berikutnya.
5 menit







30 menit








5 menit


E.     Alat/Sumber Pembelajaran
b.Buku teks IPS Sosiologi, untuk SMP dan MTs kelas VII (esis, 2007), hlm 1 -7.
c. Media massa (koran, majalah) dan buku-buku lain yang relevan.

F.     Media
1.      Papan tulis
2.      Transparan
3.      OHP
4.      Power point



G.    Penilaian
a.       Test pilihan ganda
b.       Jawaban singkat
c.       Rubrik penilaian
d.      Unjuk kerja
e.       Produk

Contoh :
1.      Bagian 1 : Pilihan Ganda
Silanglah salah satu jawaban yang paling benar !
1.       Unsur-unsur penting dalam sistem lapisan masyarakat adalah ………………
a. kedudukan dan sosialisasi                    c. kedudukan dan peran
b.peranan dan interaksi                             d. status dan sosialisasi
2.      Di bawah ini yang merupakan contoh Achieved status adalah ………..…….
a. Pangeran Charles                                  c. Raden Ajeng Kartini
b. Sultan Hamengkubuono X                   d. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
3.      Pada waktu bersamaan, Ina harus hadir pada rapat OSIS, padahal saat itu ibunya memintanya untuk menjaga rumah.  Kasus tersebut mencerminkan …………….
a. status conflict                                        c. status set
b. master status                                         d. role set
4.      Adhi menganggap statusnya sebagai ketua OSIS lebih penting daripada sebagai atlet sepak bola. Oleh karena itu, status Adhi sebagai ketua OSIS merupakan …...
a. status conflict                                        c. status set
b. master status                                         d. role set
5.      Harapan-harapan peran yang berbeda dapat membuat orang mengalami kegalauan, stress, dan merasa tidak nyaman.  Situasi seperti ini disebut …………
a. tekanan status                                       c. kekuasaan
b. posisi                                                     d. tekanan peran

2.      Bagian 2 : Jawaban singkat
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat !
1.      Status seseorang sangat memengaruhi aspek …………………….
2.      Status tidak hanya mempunyai peran yang tunggal merupakan pengertian dari …………
3.      Interaksi sosial dilakukan secara terstruktur berdasarkan kesamaan …………….
4.      Selain sebagai Ayah dalam keluarga, pak Adhi juga sebagai pimpinan di tempat ia bekerja.  Hal itu menunjukkan adanya …………………..
5.      Peran yang diharapkan adalah sesuai dengan ………………

3.      Bagian 3 : Rubrik penilaian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini! Tulislah jawabanmu dalam bentuk karangan dengan memperhatikan hal-hal yang dinilai dalam bentuk rubrik penilaian!
1.      Jelaskan apa yang dimaksud perangkat peran! Berikan contohnya!
2.      Tulislah sebuah karangan tentang pengaruh peran dan status terhadap interaksi sosial yang terjadi di masyarakat!

4.      Bagian 4 : Unjuk Kerja
Bacalah sebuah komik yang kalian suka.  Kemudian carilah beberapa status dan peran yang dimiliki tokoh-tokoh yang ada di dalamnya!
Lalu simpulkanlah jawaban kalian dengan menghubungkan teori status dan peran yang telah kalian pelajari.

5.      Bagian 5 : Produk
Buatlah sebuah patung dari bahan tanah liat atau gips yang menggambarkan tentang status seseorang dikaitkan perannya dalam masyarakat! Sebagai contoh : patung seorang polisi, ilmuwan, olahragawan, atau profesi yang lainnya.


                                                                 
                                                                              ………………,      Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP                                                                      Guru Mata Pelajaran


 


No comments: