SOSIOLOGI IX RPP 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : IPS Sosiologi
Kelas/Semester : IX / I ( Satu)
Standar Kompetensi : 3. Memahami perubahan sosial budaya
Indikator : - Siswa menguraikan Prilaku Positif.
- Siswa menguraikan Prilaku Negatif
Alokasi waktu : 2 x 40’
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1. Memahami Prilaku Positif
2. Mendiskripsikan Prilaku Negatif
B. Materi Pembelajaran
1. Prilaku Positif
2. Prilaku Negatif
C. Metode
Ceramah dengan variasi tanya jawab, analisis, penugasan dan diskusi kelas.
D. Langkah-langkah Pembelajaran
1.Pertemuan I :
No | Kegaiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1 2 3 | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran b. Memotivasi Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. Kegiatan Inti : a. Mengadakan kajian tentang Prilaku Positif b. Membagi siswa dalam kelompok c. Menugaskan siswa melakukan presentasi di kelas. d. Meminta tanggapan kelompok lain. e. Guru menyimpulkan tentang Prilaku Positif Penutup a. Mengadakan post test. b. Guru memberi tugas siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya | 5 menit 30 menit 5 menit | |
2.Pertemuan II :
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1 2 3 | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya. c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai Kegiatan Inti : a. Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tentang Prilaku Negatif. b. Meminta siswa presentasi di kelas. c. Meminta tanggapan dari kelompok lain. d. Guru menyimpulkan tentang Prilaku Negatif. Penutup a. Mengadakan post test. b. Memberi tugas berupa pengamatan terhadap masyarakat di sekitar siswa untuk dipresentasikan minggu berikutnya. | 5 menit 30 menit 5 menit | |
E. Alat/Sumber Pembelajaran
· Buku teks IPS Sosiologi, untuk SMP dan MTs kelas IX (esis, 2007), hlm 43 – 54.
· Media massa (koran, majalah) dan buku-buku lain yang relevan.
F. Media
1. Papan tulis 3. OHP
2. Transparan 4. Power point
G. Penilaian
1. Test pilihan ganda (hlm. 54)
2. Jawaban singkat (hlm. 54)
3. Rubrik penilaian (hlm. 54)
4. Unjuk kerja (hlm. 55)
5. Portofolio (hlm. 56)
Contoh :
Bagian 1 : Pilihan Ganda
Silanglah salah satu jawaban yang paling benar !
1. Modernitas cenderung diidentikan dengan ….
a. kebudayaan asli c. kebudayaan barat
b. kebudayaan timur d. kebudayaan tradisional
2. Proses sosial yang memperkenalkan kebiasaan dan praktik peradaban barat
disebut ....
a. mordenisasi c. Konsumerisme
b. westernisasi d. inovasi
3. Negara yang tergolong negara-negara dunia ketiga adalah ....
a. negara-negara maju c. Negra-negara berkembang
b. negara-negara terbelakang d. Negara-negara adikuasa
4. Dani mempelajari cara menggunakan telepon genggam seri terbaru. Perbuatan
Dani termasuk ....
a. konsumerisme c. Penyalahgunan teknologi
b. perilaku kebarat-baratan d. Terbuka pada inovasi
5. Tokoh yang mengemukakan teori mengenai ciri manusia modern adalah ....
a. Emile Durkheim c. Moris Ginsberg
b. Alex Inkeles d. David Wechsler
Bagian 2 : Jawaban singkat
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat !
1. Konsep modernitas identik dengan kebudayaan yang berasal dari ....
2. Pengaksesanterhadap suatu sistem secara ilegal disebut ....
3. Perkembangan iptek tidak lepas dari perkembangan ….
4. Berpikir secara rasional merupakan salah satu wujud kemampuan ....
5. Adanya perubahan ekonomi memunculkan fenomena ....
Bagian 3 : Rubrik penilaian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini! Tulislah jawabanmu dalam bentuk karangan dengan memperhatikan hal-hal yang dinilai dalam bentuk rubrik penilaian!
1. Terangkan mengapa teknologi bisa dikatakan menguntungkan dan merugikan
masyarakat!
2. Desainlah sebuah penelitian yang membahas mengenai anak-anak remaja yang
banyak nongkrong di mal. Tanyakan pada mereka alasan yang mendasari
tindakan mereka!
Bagian 4 : Unjuk Kerja
Buatlah sebuah kelompok yang terdiri dari 3-4 orang! Kemudian, diskusikan hal
apa saja yang diadopsi oleh generasi muda dari kebudayaan barat!
Bagian 5 : Portofolio
Buatlah sebuah pigura dan hiasannya dengan bahan dasar kertas daur ulang dan
barang bekas!
………………, Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
No comments:
Post a Comment