EKONOMI IX RPP 2
RENCANA PEMBELAJARAN II
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Perdagangan Internasional
Kelas : IX (sembilan)
Waktu : 8 JP
I. Pertemuan ke-1
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.
B. Indikator
1. Menjelaskan pengertian dan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional.
2. Mengidentifikasi manfaat perdagangan internasional.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dsn MTs Esis kelas IX
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan sambil mendiskusikan materi tentang pengertian dan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional, dan manfaat perdagangan internasional.
2. Siswa membaca buku-buku yang relevan dengan materi.
3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab secara lisan.
4. Setelah tanya jawab selesai, dan siswa sudah mengerti materi pelajarannya, guru menyimpulkan materi tentang pengertian dan faktor- faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional, dan manfaat perdagangan internasional.
5. Siswa diminta mengerjakan soal-soal tes tertulis yang diberikan oleh guru.
E. Penilaian
1. Penilaian terhadap pemahaman materi siswa.
2. Penilaian terhadap partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan.
3. Penilaian terhadap hasil tes.
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.
B. Indikator
1. Mengidentifikasi hambatan perdagangan internasional.
2. Mendeskripsikan pengertian, fungsi, dan jenis-jenis devisa.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Siswa membaca materi pelajaran maupun buku-buku sumber lain yang relevan dengan materi.
2. Guru menjelaskan materi tentang hambatan perdagangan internasional, dan pengertian, fungsi, serta jenis-jenis devisa.
3. Guru dan siswa mendiskusikan materi, sambil melakukan tanya jawab secara lisan.
4. Setelah tanya jawab selesai, dan siswa sudah mengerti materi tentang hambatan perdagangan internasional, dan pengertian, fungsi, serta jenis- jenis devisa, guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan pelajaran tersebut.
5. Siswa diminta mengerjakan soal-soal ulangan harian berupa tes tertulis yang diberikan oleh guru.
E. Penilaian
1. Kemampuan siswa dalam memahami materi
2. Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan secara lisan.
3. Penilaian terhadap hasil ulangan harian siswa.
III. Pertemuan ke-3
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.
B. Indikator
1. Mengidentifikasi sumber-sumber dan tujuan penggunaan devisa..
2. Mengidentifikasi perbedaan ekspor dan impor.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan sambil berdiskusi dengan siswa tentang materi sumber- sumber dan tujuan penggunaan devisa, serta perbedaan ekspor dan impor.
2. Siswa membaca buku materi, maupun buku-buku referensi lain yang relevan dengan materi.
3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi sumber-sumber dan tujuan penggunaan devisa, serta perbedaan ekspor dan impor.
4. Guru menyimpulkan materi.
5. Guru meminta siswa untuk mengerjakan PR yang diberikan oleh guru.
E. Penilaian
1. Kemampuan siswa dalam memahami materi.
2. Penilaian terhadap partisipasi siswa dalam tanya jawab.
3. Penilaian terhadap jawaban siswa dalam menjawab tes secara lisan.
4. Penilaian terhadap hasil PR siswa.
IV. Pertemuan ke-4
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.
B. Indikator
Menjelaskan dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian Indonesia.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas IX
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru memberikan secara garis besar materi tentang dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian Indonesia.
2. Siswa membaca buku materi, maupun buku-buku referensi lain yang relevan dengan materi.
3. Guru dan siswa mendiskusikan materi sambil melakukan tanya jawab tentang dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian Indonesia.
4. Guru menyimpulkan materi.
5. Guru memberikan ulangan harian berupa tes tertulis kepada siswa.
E. Penilaian
1. Kemampuan siswa dalam memahami materi.
2. Penilaian terhadap partisipasi siswa dalam tanya jawab.
3. Penilaian terhadap jawaban siswa dalam menjawab tes secara lisan.
4. Penilaian terhadap hasil ulangan harian siswa.
No comments:
Post a Comment