20 April 2011

Ekonomi SMP VII RPP 3



EKONOMI VII RPP 3

                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN III

Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Kegiatan Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari
Kelas                  :     VII (tujuh)
Waktu                :     8 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan                                             konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
         B.     Indikator
                  1.      Mendefinisikan pengertian dan macam-macam kegiatan ekonomi
                  2.      Mendefinisikan pengertian konsumsi dan jenis barang-barang yang                                            dikonsumsi siswa
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Sebagai pembuka, guru mengajak siswa untuk menyebutkan                                                                  kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari     
                  2.      Guru menjelaskan materi tentang kegiatan  pokok ekonomi, dan                                                            konsumsi
                  3.      Siswa membaca materi dalam buku
                  4.      Guru meminta siswa untuk menyebutkan kembali kegiatan-kegiatan                                          yang mereka sebutkan pada awal pelajaran yang termasuk dalam                                                        kegiatan pokok ekonomi
                  5.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
                  6.      Guru memberi tes tertulis kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes siswa

II.     Pertemuan ke-2
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan                                             konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
         B.     Indikator
                  1.      Menyusun skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan sebagai siswa
                  2.      Mengidentifikasi aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif
                  3.      Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
        
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang skala prioritas, daftar dan pola                                                            konsumsi, aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif, dan                                         faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi
                  2.      Siswa membaca materi tentang skala prioritas, daftar dan pola                                                   konsumsi, aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif, dan                                         faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi
                  3.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab secara lisan
                  4.      Siswa diberi tugas yang dikerjakan di rumah untuk menyusun daftar                                         konsumsi yang dibutuhkannya sebagai seorang pelajar, dan disusun                                        berdasarkan skala prioritas. Kemudian dari daftar konsumsi itu,                                                                        siswa diminta untuk menganalisa bagaimana perilaku konsumtifnya
         E. Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil kerja siswa

III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan                                             konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
         B.     Indikator
                  1.      Mendefinisikan pengertian produksi dan sumber daya ekonomi
                  2.      Mengklasifikasi macam-macam sumber daya ekonomi
                  3.      Mengidentifikasi etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor                                          produksi
                  4.      Mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat dilakukan guna                                                                      meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan garis besar materi tentang produksi dan sumber                                             daya ekonomi, macam-macam sumber daya ekonomi, etika                                                     ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi, usaha untuk                                       meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi.
                  2.      Siswa dibagi menjadi 8 kelompok diskusi.
                  3.      Kelompok pertama diberi tugas mengkaji pengertian produksi, dan                                            memberi contoh kegiatan produksi
                  4.      Kelompok ke dua diberi tugas mendiskusikan perbedaan suatu                                                  kegiatan yang dapat digolongkan sebagai kegiatan produksi, dengan                                      yang bukan kegiatan produksi, dan memberi contoh.
                  5.      Kelompok ke tiga diberi tugas mendefinisikan sumber daya                                                       ekonomi, kemudian mengklasifikasi macam-macam sumber daya                                            ekonomi.
                  6.      Kelompok ke empat diberi tugas menyebutkan jenis-jenis kegiatan                                            usaha, dan faktor-faktor produksi apa yang diperlukan dalam tiap                                                      jenis usaha tersebut, kemudian memberi contoh.
                  7.      Kelompok ke lima diberi tugas mengidentifikasi etika ekonomi                                                  dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi. Kemudian memberi                                           contoh pemanfaatan faktor-faktor produksi yang sesuai dengan etika                                              ekonomi, maupun yang tidak sesuai dengan etika ekonomi.
                  8.      Kelompok ke enam diberi tugas menganalisa hubungan antara hasil                                                       produksi dengan mutu dan jumlah produksi, kemudian memberi contoh
                  9.      Kelompok ke tujuh diberi tugas mendiskusikan cara-cara apa saja                                              yang dapat dilakukan guna meningkatkan jumlah dan mutu hasil                                                        produksi. Masing-masing cara diberi contoh
                  10.    Kelompok ke delapan diberi tugas mendiskusikan tujuan peningkatan                                       jumlah dan mutu hasil produksi
                  11.    Setelah selesai, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil                                              diskusi di depan kelas   
                  12.    Siswa kelompok lain memberikan tanggapan, dan guru  menambahkan                                      materi yang belum tersentuh oleh siswa
                  13.    Siswa dibantu guru, bersama-sama menyimpulkan materi yang                                                   dipelajari

         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian aktivitas presentasi

Lembar Penilaian Aktivitas Diskusi

No
Nama Siswa
Kegiatan
Penyampaian
Menanggapi Gagasan
Menjawab
Bertanya
Mengkritik
Presentasi
Total





















IV.    Pertemuan ke-4
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan                                             konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
         B.     Indikator
                  1.      Mendefinisikan pengertian dan tujuan distribusi
                  2.      Mengklasifikasi sistem distribusi beserta contohnya (langsung, semi                                          langsung, dan tidak langsung)
                  3.      Melakukan kegiatan yang menggambarkan contoh etika ekonomi                                              dalam kegiatan produksi
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang distribusi
                  2.      Siswa membaca materi tentang distribusi
                  3.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab secara lisan
                  4.      Siswa diminta memberi contoh       
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil kerja siswa

No comments: