EKONOMI VII RPP 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN III
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Kegiatan Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari
Kelas : VII (tujuh)
Waktu : 8 JP
I. Pertemuan ke-1
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
B. Indikator
1. Mendefinisikan pengertian dan macam-macam kegiatan ekonomi
2. Mendefinisikan pengertian konsumsi dan jenis barang-barang yang dikonsumsi siswa
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Sebagai pembuka, guru mengajak siswa untuk menyebutkan kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari
2. Guru menjelaskan materi tentang kegiatan pokok ekonomi, dan konsumsi
3. Siswa membaca materi dalam buku
4. Guru meminta siswa untuk menyebutkan kembali kegiatan-kegiatan yang mereka sebutkan pada awal pelajaran yang termasuk dalam kegiatan pokok ekonomi
5. Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
6. Guru memberi tes tertulis kepada siswa
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil tes siswa
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
B. Indikator
1. Menyusun skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan sebagai siswa
2. Mengidentifikasi aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif
3. Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang skala prioritas, daftar dan pola konsumsi, aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif, dan faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi
2. Siswa membaca materi tentang skala prioritas, daftar dan pola konsumsi, aspek-aspek positif dan negatif perilaku konsumtif, dan faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi
3. Siswa dan guru melakukan tanya jawab secara lisan
4. Siswa diberi tugas yang dikerjakan di rumah untuk menyusun daftar konsumsi yang dibutuhkannya sebagai seorang pelajar, dan disusun berdasarkan skala prioritas. Kemudian dari daftar konsumsi itu, siswa diminta untuk menganalisa bagaimana perilaku konsumtifnya
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian hasil kerja siswa
III. Pertemuan ke-3
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
B. Indikator
1. Mendefinisikan pengertian produksi dan sumber daya ekonomi
2. Mengklasifikasi macam-macam sumber daya ekonomi
3. Mengidentifikasi etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi
4. Mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat dilakukan guna meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan garis besar materi tentang produksi dan sumber daya ekonomi, macam-macam sumber daya ekonomi, etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi, usaha untuk meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi.
2. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok diskusi.
3. Kelompok pertama diberi tugas mengkaji pengertian produksi, dan memberi contoh kegiatan produksi
4. Kelompok ke dua diberi tugas mendiskusikan perbedaan suatu kegiatan yang dapat digolongkan sebagai kegiatan produksi, dengan yang bukan kegiatan produksi, dan memberi contoh.
5. Kelompok ke tiga diberi tugas mendefinisikan sumber daya ekonomi, kemudian mengklasifikasi macam-macam sumber daya ekonomi.
6. Kelompok ke empat diberi tugas menyebutkan jenis-jenis kegiatan usaha, dan faktor-faktor produksi apa yang diperlukan dalam tiap jenis usaha tersebut, kemudian memberi contoh.
7. Kelompok ke lima diberi tugas mengidentifikasi etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi. Kemudian memberi contoh pemanfaatan faktor-faktor produksi yang sesuai dengan etika ekonomi, maupun yang tidak sesuai dengan etika ekonomi.
8. Kelompok ke enam diberi tugas menganalisa hubungan antara hasil produksi dengan mutu dan jumlah produksi, kemudian memberi contoh
9. Kelompok ke tujuh diberi tugas mendiskusikan cara-cara apa saja yang dapat dilakukan guna meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi. Masing-masing cara diberi contoh
10. Kelompok ke delapan diberi tugas mendiskusikan tujuan peningkatan jumlah dan mutu hasil produksi
11. Setelah selesai, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
12. Siswa kelompok lain memberikan tanggapan, dan guru menambahkan materi yang belum tersentuh oleh siswa
13. Siswa dibantu guru, bersama-sama menyimpulkan materi yang dipelajari
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian aktivitas presentasi
Lembar Penilaian Aktivitas Diskusi
No | Nama Siswa | Kegiatan | Penyampaian | Menanggapi Gagasan | Menjawab | Bertanya | Mengkritik | Presentasi | Total |
| | | | | | | | | |
IV. Pertemuan ke-4
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
B. Indikator
1. Mendefinisikan pengertian dan tujuan distribusi
2. Mengklasifikasi sistem distribusi beserta contohnya (langsung, semi langsung, dan tidak langsung)
3. Melakukan kegiatan yang menggambarkan contoh etika ekonomi dalam kegiatan produksi
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang distribusi
2. Siswa membaca materi tentang distribusi
3. Siswa dan guru melakukan tanya jawab secara lisan
4. Siswa diminta memberi contoh
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian hasil kerja siswa
No comments:
Post a Comment