20 April 2011

Ekonomi SMP VII RPP 4



EKONOMI VII RPP 4

                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IV

Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Badan Usaha
Kelas                  :     VII (tujuh)
Waktu                :     6 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat                                 berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
         B.     Indikator
                  1.      Mendefinisikan pengertian perusahaan dan badan usaha
                  2.      Mendeskripsikan macam-macam badan usaha
                  3.      Mengidentifikasi misi/tujuan badan usaha (BUMN, BUMS,                                                       Koperasi)
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang perusahaan dan badan usaha
                  2.      Siswa membaca materi tentang perusahaan dan badan usaha
                  2.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab
                  3.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
                  4.      Siswa diminta menyebutkan macam-macam badan usaha, masing-                                             masing diberi contoh 
                  5.      Guru memberi tes tertulis kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes siswa

II.     Pertemuan ke-2
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai                                                tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan                                         pelaku ekonomi
         B.     Indikator
                  1.      Mengidentifikasi beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan                                              dalam berbisnis 
                  2.      Mengidentifikasi badan usaha yang dikelola secara profesional dan                                           manusiawi
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku  Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi faktor-faktor ekonomi dan non ekonomi                                             yang memengaruhi kegiatan bisnis
                  2.      Siswa membaca materi dari buku materi
                  2.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab
                  3.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
                  4.      Guru memberi tes tertulis kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes siswa

III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai                                                tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan                                         pelaku ekonomi
         B.     Indikator
                  Mendeskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur                                            kegiatan ekonomi   
            C. Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang peranan pemerintah sebagai                                                    pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi.
                  2.      Siswa membaca materi pelajaran dari buku materi.
                  3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab.
                  4.      Siswa diminta memberi contoh peranan pemerintah sebagai                                                        regulator, dan sebagai fasilitator bagi badan usaha.
                  5.      Guru memberikan tugas individu yang dikerjakan di rumah.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tugas siswa

No comments: