EKONOMI VII RPP 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IV
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Badan Usaha
Kelas : VII (tujuh)
Waktu : 6 JP
I. Pertemuan ke-1
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
B. Indikator
1. Mendefinisikan pengertian perusahaan dan badan usaha
2. Mendeskripsikan macam-macam badan usaha
3. Mengidentifikasi misi/tujuan badan usaha (BUMN, BUMS, Koperasi)
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang perusahaan dan badan usaha
2. Siswa membaca materi tentang perusahaan dan badan usaha
2. Siswa dan guru melakukan tanya jawab
3. Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
4. Siswa diminta menyebutkan macam-macam badan usaha, masing- masing diberi contoh
5. Guru memberi tes tertulis kepada siswa
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil tes siswa
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
B. Indikator
1. Mengidentifikasi beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam berbisnis
2. Mengidentifikasi badan usaha yang dikelola secara profesional dan manusiawi
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi faktor-faktor ekonomi dan non ekonomi yang memengaruhi kegiatan bisnis
2. Siswa membaca materi dari buku materi
2. Siswa dan guru melakukan tanya jawab
3. Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
4. Guru memberi tes tertulis kepada siswa
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil tes siswa
III. Pertemuan ke-3
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
B. Indikator
Mendeskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi.
2. Siswa membaca materi pelajaran dari buku materi.
3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab.
4. Siswa diminta memberi contoh peranan pemerintah sebagai regulator, dan sebagai fasilitator bagi badan usaha.
5. Guru memberikan tugas individu yang dikerjakan di rumah.
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil tugas siswa
No comments:
Post a Comment