EKONOMI VIII RPP 3
RENCANA PEMBELAJARAN III
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Pasar
Kelas : VIII (delapan)
Waktu : 6 JP
I. Pertemuan ke-1
A. Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat.
B. Indikator
1. Menjelaskan pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi masyarakat.
2. Mengidentifikasi syarat-syarat terjadinya pasar.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VIII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi masyarakat, serta mengidentfikasi syarat-syarat terjadinya pasar.
3. Siswa membaca materi dalam buku.
4. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi pengertian , fungsi, dan peranan pasar bagi masyarakat, serta mengidentifikasi syarat-syarat terjadinya pasar.
5. Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
6. Guru memberi tes tertulis kepada siswa
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian terhadap hasil tes siswa
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat.
B. Indikator
1. Mengklasifikasi macam-macam pasar beserta contohnya masing-masing.
2. Mengidentifikasi ciri-ciri pasar konkret dan pasar abstrak serta menyebutkan contoh-contohnya.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VIII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§ Lingkungan sekitar siswa.
D. Skenario Pembelajaran
1. Sebagai pembuka, guru mengajak siswa untuk menyebutkan macam-macam pasar di lingkungan sekitar mereka yang mereka diketahui.
2. Siswa membaca materi tentang macam-macam pasar beserta contohnya, ciri-ciri pasar konkret dan pasar abstrak, beserta contohnya.
3. Siswa dan guru melakukan tanya jawab secara lisan.
4. Siswa diminta untuk memberi contoh macam-macam pasar.
5. Siswa diminta mengamati termasuk ke dalam kategori pasar apa pasar yang terdapat di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.
E. Penilaian
1. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
3. Penilaian hasil kerja siswa
III. Pertemuan ke-3
A. Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat.
B. Indikator
Membuat penelitian sederhana tentang pasar.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VIII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§ Lingkungan sekitar siswa.
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru membagi kelas menjadi 8 kelompok yang beranggotakan 5-6 orang .
2. Siswa diminta mengerjakan tugas kelompok yang dikerjakan di rumah, membuat penelitian sederhana tentang pasar.
3. Siswa membaca rincian langkah-langkah penelitian sederhana tentang pasar, dan pembuatan laporan dari buku materi pelajaran Ekonomi Kelas VIII Esis, kemudian diberi kesempatan bertanya, bila ada hal-hal yang belum dimengerti tentang cara kerja tugas yang diberikan.
4. Guru menjelaskan cara membuat penelitian sederhana tentang pasar.
5. Guru memberi tahu batas waktu pengerjaan tugas.
6. Pada waktu yang telah ditentukan, siswa mengumpulkan laporan hasil penelitian.
7. Masing-masing kelompok diminta mempresentasikan laporan penelitian di depan kelas.
8. Siswa kelompok lain memberikan tanggapan, dan guru menambahkan materi yang belum tersentuh oleh siswa.
9. Siswa dibantu guru, bersama-sama menyimpulkan materi yang dipelajari.
E. Penilaian
1. Penilaian terhadap hasil laporan kelompok dan ketepatan pengumpulan laporan.
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi.
3. Penilaian aktivitas presentasi.
Lembar Penilaian Aktivitas Presentasi
No | Nama Siswa | Kegiatan | Penyampaian | Menanggapi Gagasan | Menjawab | Bertanya | Mengkritik | Presentasi | Total |
| | | | | | | | | |
No comments:
Post a Comment