Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

20 April 2011

Ekonomi SMP VIII RPP 3



EKONOMI VIII RPP 3

RENCANA PEMBELAJARAN III

Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Pasar
Kelas                  :     VIII (delapan)
Waktu                :     6 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat.
         B.     Indikator
                  1.      Menjelaskan pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi masyarakat.
                  2.      Mengidentifikasi syarat-syarat terjadinya pasar.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi tentang pengertian, fungsi, dan peranan pasar                                        bagi masyarakat, serta mengidentfikasi syarat-syarat terjadinya pasar.
                  3.      Siswa membaca materi dalam buku.
                  4.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi pengertian , fungsi,                                  dan peranan pasar bagi masyarakat, serta mengidentifikasi syarat-syarat                                                 terjadinya pasar.
                  5.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
                  6.      Guru memberi tes tertulis kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian terhadap hasil tes siswa

II.     Pertemuan ke-2
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat.
         B.     Indikator
                  1.      Mengklasifikasi macam-macam pasar beserta contohnya masing-masing.
                  2.      Mengidentifikasi ciri-ciri pasar konkret dan pasar abstrak serta                                                   menyebutkan contoh-contohnya.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§    Lingkungan sekitar siswa.
        
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Sebagai pembuka, guru mengajak siswa untuk menyebutkan                                                                  macam-macam pasar di lingkungan sekitar mereka yang mereka diketahui.
                  2.      Siswa membaca materi tentang macam-macam pasar beserta contohnya,                                       ciri-ciri pasar konkret dan pasar abstrak, beserta contohnya.
                  3.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab secara lisan.
                  4.      Siswa diminta untuk memberi contoh macam-macam pasar.
                  5.      Siswa diminta mengamati termasuk ke dalam kategori pasar apa                                                pasar yang terdapat di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.
         E. Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil kerja siswa

III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat.
         B.     Indikator
                  Membuat penelitian sederhana tentang pasar.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§    Lingkungan sekitar siswa.
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru membagi kelas menjadi 8 kelompok yang beranggotakan 5-6 orang .
                  2.      Siswa diminta mengerjakan tugas kelompok yang dikerjakan di rumah,                                     membuat penelitian sederhana tentang pasar.
                  3.      Siswa membaca rincian langkah-langkah penelitian sederhana tentang                                       pasar, dan pembuatan laporan dari buku materi pelajaran Ekonomi Kelas                                VIII Esis, kemudian diberi kesempatan bertanya, bila ada hal-hal yang                                                 belum dimengerti tentang cara kerja tugas yang diberikan.
                  4.      Guru menjelaskan cara membuat penelitian sederhana tentang pasar.
                  5.      Guru memberi tahu batas waktu pengerjaan tugas.
                  6.      Pada waktu yang telah ditentukan, siswa mengumpulkan laporan hasil                                      penelitian.
                  7.      Masing-masing kelompok diminta mempresentasikan laporan penelitian di                                depan kelas.
                  8.      Siswa kelompok lain memberikan tanggapan, dan guru  menambahkan                                      materi yang belum tersentuh oleh siswa.
                  9.      Siswa dibantu guru, bersama-sama menyimpulkan materi yang                                                   dipelajari.
         E.      Penilaian
                  1.      Penilaian terhadap hasil laporan kelompok dan ketepatan pengumpulan                                     laporan.
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi.
                  3.      Penilaian aktivitas presentasi.





Lembar Penilaian Aktivitas Presentasi

No
Nama Siswa
Kegiatan
Penyampaian
Menanggapi Gagasan
Menjawab
Bertanya
Mengkritik
Presentasi
Total




















No comments: