EKONOMI VIII RPP 1
RENCANA PEMBELAJARAN I
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Kebutuhan dan Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi
Kelas : VIII (delapan)
Waktu : 6 JP
I. Pertemuan ke-1
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
B. Indikator
1. Mendeskripsikan arti kelangkaan dan faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan.
2. Mengidentifikasi usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VIII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§ Media massa
D. Skenario Pembelajaran
1. Sebagai pembuka guru menjelaskan materi kelangkaan dan faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan.
2. Siswa membaca materi tentang kelangkaan dan faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan.
3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang arti kelangkaan dan faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan.
4. Guru membagi siswa ke dalam 8 kelompok diskusi.
5. Masing-masing kelompok diminta untuk mengamati informasi mengenai kasus kelangkaan dari media massa, kemudian mendiskusikan cara mengatasi masalah kelangkaan tersebut.
6. Masing-masing kelompok membuat laporan hasil diskusi dan dipresentasikan di depan kelas.
7. Kelompok lain memberikan tanggapan, baik kritikan, maupun saran.
8. Guru memberikan komentar, meluruskan atau menambahkan hal-hal yang penting.
9. Guru dan siswa secara bersama-sama menyimpulkan materi.
E. Penilaian
No | Kriteria | Skor | Catatan |
1. 2. 3. | Kognitif (pengetahuan) - Kemampuan siswa dalam mengamati informasi mengenai kasus kelangkaan dari media massa. - Hasil laporan pengamatan siswa. - Kemampuan siswa dalam memberikan solusi untuk mengatasi masalah kelangkaan. Afektif (sikap) - Sikap siswa saat presentasi. - Keaktifan siswa saat berdiskusi. Psikomotorik (keterampilan) - Mengukur kemahiran siswa dalam menyusun laporan. - Mengukur kemahiran siswa dalam melakukan observasi dan diskusi. | | |
Keterangan:
Untuk setiap kriteria, diberi skor dengan skala 1 – 5, dimana 5 adalah skor tertinggi dan 1 adalah skor terendah.
1 = rendah
2 = cukup
3 = rata-rata
4 = di atas rata-rata
5 = istimewa
II. Pertemuan ke-2
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
B. Indikator
1. Mengidentifikasi arti dan jenis kebutuhan.
2. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab beranekaragamnya kebutuhan manusia.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VIII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§ Lingkungan siswa
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang arti dan jenis kebutuhan, serta faktor- faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam.
2. Siswa membaca buku referensi tentang arti dan jenis kebutuhan, serta faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam.
3. Guru dan siswa berdiskusi sambil melakukan tanya jawab di kelas tentang materi.
4. Siswa diminta untuk menjelaskan arti dari kebutuhan, dan menyebutkan jenis-jenis kebutuhan, memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari, serta mengidentifikasi faktor-faktor penyebab beranekaragamnya kebutuhan manusia.
5. Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi arti dan jenis kebutuhan, serta faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam.
E. Penilaian
a. Kemampuan siswa dalam memahami materi.
b. Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan.
III. Pertemuan ke-3
A. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
B. Indikator
1. Menjelaskan pengertian skala prioritas dan menyusun skala prioritas kebutuhan pada umumnya.
2. Mengidentifikasi arti dan macam-macam alat pemenuhan kebutuhan.
C. Media dan Sumber
§ Guru PS Ekonomi
§ Alat tulis lengkap
§ Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VIII
§ Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§ Lingkungan sekitar siswa
D. Skenario Pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi tentang pengertian skala prioritas, menyusun skala prioritas, arti dan macam-macam alat pemenuhan kebutuhan,.
2. Siswa membaca buku referensi tentang pengertian skala prioritas, menyusun skala prioritas, arti dan macam-macam alat pemenuhan kebutuhan.
3. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang pengertian skala prioritas, menyusun skala prioritas, arti dan macam-macam alat penenuhan kebutuhan.
4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila terdapat materi yang belum jelas.
5. Guru memberikan pertanyaan secara tertulis kepada siswa
6. Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan, kemudian setelah selesai mengumpulkan kepada guru
E. Penilaian
1. Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan secara tertulis
2. Kemampuan siswa dalam memahami materi
No comments:
Post a Comment