20 April 2011

Ekonomi SMP VIII RPP 1



EKONOMI VIII RPP 1

RENCANA PEMBELAJARAN I

Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Kebutuhan dan Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi
Kelas                  :     VIII (delapan)
Waktu                :     6 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dan kebutuhan      manusia yang tidak terbatas.
         B.     Indikator
                  1.      Mendeskripsikan arti kelangkaan dan faktor-faktor penyebab terjadinya                                                kelangkaan.
                  2.      Mengidentifikasi usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkaan.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§    Media massa
         D.     Skenario Pembelajaran
                    1.        Sebagai pembuka guru menjelaskan materi kelangkaan dan faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan.
                    2.        Siswa membaca materi tentang kelangkaan dan faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan.
                    3.        Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang arti kelangkaan dan faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan.
                    4.        Guru membagi siswa ke dalam 8 kelompok diskusi.
                    5.        Masing-masing kelompok diminta untuk mengamati informasi mengenai kasus kelangkaan dari media massa, kemudian mendiskusikan cara mengatasi masalah kelangkaan tersebut.
                    6.        Masing-masing kelompok membuat laporan hasil diskusi dan dipresentasikan di depan kelas.
                    7.        Kelompok lain memberikan tanggapan, baik kritikan, maupun saran.  
                    8.        Guru memberikan komentar, meluruskan atau menambahkan hal-hal yang penting.
                    9.        Guru dan siswa secara bersama-sama menyimpulkan materi.
         E.      Penilaian
                       
No
Kriteria
Skor
Catatan
1.







2.


3.
Kognitif (pengetahuan)
-          Kemampuan siswa dalam mengamati informasi mengenai kasus kelangkaan dari media massa.
-          Hasil laporan pengamatan siswa.
-          Kemampuan siswa dalam memberikan solusi untuk mengatasi masalah kelangkaan.
Afektif (sikap)
-          Sikap siswa saat presentasi.
-          Keaktifan siswa saat berdiskusi.
Psikomotorik (keterampilan)
-          Mengukur kemahiran siswa dalam menyusun laporan.
-          Mengukur kemahiran siswa dalam melakukan observasi dan diskusi.



                  Keterangan:
                              Untuk setiap kriteria, diberi skor dengan skala 1 – 5, dimana 5 adalah                           skor tertinggi dan 1 adalah skor terendah.
                              1 = rendah
                              2 = cukup
                              3 = rata-rata
                              4 = di atas rata-rata
                              5 = istimewa
                                   
II.     Pertemuan ke-2
A.          Kompetensi Dasar
         Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dan kebutuhan      manusia yang tidak terbatas.
B.           Indikator
                           1.      Mengidentifikasi arti dan jenis kebutuhan.
                           2.      Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab beranekaragamnya kebutuhan                                                           manusia.
C.           Media dan Sumber
§         Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§    Lingkungan siswa
D.          Skenario Pembelajaran
                  1.        Guru menjelaskan materi tentang arti dan jenis kebutuhan, serta faktor-                                   faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam.
                  2.        Siswa membaca buku referensi tentang arti dan jenis kebutuhan, serta                                      faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam.
                  3.        Guru dan siswa berdiskusi sambil melakukan tanya jawab di kelas                                           tentang materi.
                  4.        Siswa diminta untuk menjelaskan arti dari kebutuhan, dan menyebutkan                                 jenis-jenis kebutuhan, memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari, serta                              mengidentifikasi faktor-faktor penyebab beranekaragamnya kebutuhan                                               manusia.
                  5.        Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi arti dan jenis                                           kebutuhan, serta faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka                                                ragam.
E.           Penilaian
a.             Kemampuan siswa dalam memahami materi.
b.            Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan.


 III.   Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dan kebutuhan      manusia yang tidak terbatas.
         B.     Indikator
                  1.      Menjelaskan pengertian skala prioritas dan menyusun skala prioritas                                 kebutuhan pada umumnya.
                  2.      Mengidentifikasi arti dan macam-macam alat pemenuhan kebutuhan.
C.           Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi SMP dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
§    Lingkungan sekitar siswa
         D.     Skenario Pembelajaran
1.      Guru menjelaskan materi tentang pengertian skala prioritas, menyusun skala prioritas, arti dan macam-macam alat pemenuhan kebutuhan,.
2.      Siswa membaca buku referensi tentang pengertian skala prioritas, menyusun skala prioritas, arti dan macam-macam alat pemenuhan kebutuhan.
3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang pengertian skala prioritas, menyusun skala prioritas, arti dan macam-macam alat penenuhan kebutuhan.
4.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila      terdapat materi yang belum jelas.
5.      Guru memberikan pertanyaan secara tertulis kepada siswa
6.      Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan, kemudian setelah  selesai mengumpulkan kepada guru
         E.      Penilaian
                  1.      Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan secara tertulis
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi

No comments: